Catatan Dua Hari: Pasar Bebas

” Cech, saya nanti main ke rumah ya ? Ga kemana-mana khan ? “

” Ok, ditunggu, jam berapa mau ke rumah Pak Ci? Kebetulan sekalian cek listrik di rumah karena naik turun pas malam tahun baru orang-orang sekampung pakai listrik besar-besaran. “

” Jam 09.00 pagi saya sudah sampai di rumah ”

Beberapa jam kemudian.

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam, masuk Pak Ci ”

” Lagi ngapain Cech ”

” Biasa utak atik komputer, bangun tidur langsung buka komputer internetan dech ”

” Mana yang rusak Cech ? ”

” Periksa aja kabel-kabelnya takut konsleting ”

” Sudah normal Cech ga ada apa-apa kok ”

” Terima kasih, diminum tuh kopinya sekalian rokok Dji Sam Soe-nya sudah dibelikan ”

” Terima kasih, ga jalan Cech ? ”

” Nanti abis Jum’atan mau ke Depok sekalian aja bareng ama saya. Diantar sampai ke rumah ”

” Ok tapi mandi dulu Cech ”

” hehehehehe ”

Beberapa jam kemudian,

” Ane langsung jalan ke Depok ya Pak Ci ”

” Ga mampir dulu ? ”

” Ga ahh sudah ditunggu. Terima kasih Pak Ci, Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam ”

Sampai Depok,

” Sudah sampai mana Cech (komunikasi via HP ”

” Sekarang lagi di Perum Dua, Chusnul ada disitu ”

” Nich barusan sampai, cepetan ke sini ”

” Ok langsung meluncur ”

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam, bawa apaan tuh Cech ”

” Bawa makanan kecil ama gorengan, trus ini minuman Mizone kesukaan kalian. Tadi cari Coca Cola/Fanta/Sprite habis kayaknya diborong buat Malam Tahun Baru ”

” Ngerepotin aja, tuh Chusnul juga bawa gorengan ”

” Cech, bisnis gimana ? ”

” Lagi lesu nah maka itu saya ke sini sekalian cari informasi siapa tahu kalian punya bisnis yang bagus “

” Iya nich, 2009 memang tahun yang berat buat bisnis. Saya setahun ini hanya cukup buat makan ama keperluan yang lain dan kagak bisa nabung. Sudah isteri sekarang lagi hamil 7 bulan. Apa ada ide tentang bisnis yang bagus “

” Ada sich, saya dengar kalian kebingungan mau bisnis khan kalian punya banyak duit. Bagus tuh buat modal usaha. “

” Usahanya apaan Cech ”

” Nich saya kasih tahu (sambil bisik-bisik biar kompasianers tidak dengar/baca hehehe) ”

” Tapi khan mulai 1 Januari ini mulai berlaku Free Trade Agreement Asean China. Barang-barang Cina seperti mainan, pakaian, makanan dan produk-produk pertanian makin membanjiri Indonesia “

” Saya barusan beli mainan kereta api-kereta apian di Pasar Gembrong Prumpung. Harganya murah sekali dan itu sudah termasuk biaya masuk lho. Di Giant harganya Rp 275 ribu, di Gembrong hanya Rp. 95 ribu. Jauh amat khan ? “

” Iya nich, makin berat aja. Makin banyak aja industri mainan, makanan dan terutama pakaian yang tutup alias gulung tikar karena ga mampu menyaingi produk Cina yang serba murah. Yang kasihan lagi UMKM-nya. Pemerintah harus benar-benar serius kerjanya dan didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia pada tahun 2010 ini “

” Apakah ide Cech bisa dilaksanakan ? ”

” Harus optimis dong dan kita cari hal yang spesifik dan kreatif dimana Cina ga mempunyainya. Yaaa seperti yang saya bilang tadi “

” Kalau barang Cina masuk, perlu ga ya fatwa MUI ”

” Maksudnya ???? ”

” Itu lho Git, maksudnya Chusnul adalah harus ada fatwa yang menyatakan wajib hukumnya menggunakan produk-produk nasional dan haram hukumnya memakai produk impor “

” Apa bisa Cech? ”

” Ya bisa lah terutama kalau pemerintah kita ga bisa berbuat apa-apa. Ya nekatlah , contohnya Obama menunda pasar bebas dengan negara-negara Amerika Utara dan Amerika Selatan karena dianggap pengusaha dalam negerinya belum siap “

” Apakah Indonesia mau melakukan itu Cech ? ”

” Harusnya bisa demi kepentingan nasional, ya ditundalah sampai mampu. Itupun harus demi kepentingan bangsa dan negara dengan segala cara pokoknya “

” Cari makan dulu yuk. Obrolan disambung nanti ”

Di warung makan,

” Pesan apa Cech ”

” Ikut aja tapi ayam goreng ama tempe bolehlah ”

” Ama tahu ya. Minumnya ? ”

” Es teh manis 3 gelas ”

” Tambah lalapan ya ? ”

” Terserahlah ”

” Terus gimana rencana kedepannya Cech ”

” Nanti saya buatkan oret-oretannya ga perlu proposal lengkaplah sekalian mau lihat perkembangan setelah pasar bebas dan masuknya barang-barang Cina “

” Ga ke Jombang Git? Khan kamu dekat dengan keluarga Gus Dur ”

” Ga Cech, kemarin abis pulang dari Yogya pas di jalan ditelpon sudah dibawa ke Jombang. Mungkin nati pas acara tahlilan di Ciganjur aja “

” Cech, saya sempat kaget begitu dengar Gus Dur meninggal dunia ”

” Saya juga kaget Nul, tapi ya memang takdir dari Allah harus begitu. Sebagai manusia harus menerimanya. Yang penting kita mendoakan supaya Almarhum oleh Allah SWT diterima segala amal ibadahnya “

” Benar Cech, Gus Dur memang manusia luar biasa ”

” Luar biasa atau biasa di luar…..maksudnya biasa diluar kelaziman orang awam hahahahaha Sungguh kehilangan yang besar buat bangsa ini. Tetapi ada juga yang kontra ama Almarhum. Namanya demokrasi katanya sich “

” Nambah nasinya Cech ”

” Boleh, memang lapar banget hari ini dari pagi belum ketemu nasi hehehe ”

” Bu, pesan 1 lagi nasinya. lauknya nambah ga ? ”

” Ga usah ”

” Berapa bu semuanya ”

” Rp 76 ribu semuanya ”

” Pak kembaliannya ? ”

” Sudahlah ambil buat tip ”

” Terima Kasih ”

Tanpa terasa jam sudah menunjukkan pukul 19.00.

” Waduh Git, saya harus pulang ke rumah. Ada teman yang mau datang ke rumah malam ini ”

” Saya ikut juga balik Cech ”

” Kok ikut-ikutan sich Nul. Biasanya nginap hehehe ”

” Sama ama Cech ada janjian ama keponakan di Pondok Labu ”

” Okelah kalau begitu (Warteg Band) ”

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikum salam ”

Sudah di rumah dan jam menunjukkan pukul 21.30

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam ”

” Lagi ngapain Cech ? ”

” Masuk mauk silakan duduk hehehehe ini lagi nonton film di TV. Tunggu sebentar ya pakai baju dulu “

” Saya dengar tadi pergi ke Depok ”

” Iya Jon, kamu ama Udin dari mana ? ”

” Saya jemput Udin di Kemayoran terus langsung kemari dech ”

” Ohhhh gitu ”

” Ketemu teman di Depok Cech ? ”

” Iya,sudah lama ga ketemu sekalian ngibrol ngalor ngidul hehehe ”

” Cech ? ”

” Apaan Din ? ”

” Kemarin saya dengar dari Jon ke Ujung Kulon ”

” Iya tepatnya ke Sanghyang Sirah ”

” Pasti seru dech jalan-jalannya. Kapan pulang dari sana ”

” Berangkat Jumat malam pulang selasa pagi ”

” Lama amat cech….. ”

” Sebetulnya sich ga bakalan lama kalau ga ada apa-apanya ya tahu sendirilah Jon ”

” Jalan kaki apa pakai kapal laut ”

” Kapal laut, pokoknya seru ceritanya dan panjang mungkin bisa sampai besok ceritanya hehehehe “

” Ada foto-fotonya Cech ? ”

” Ada sebentar ya saya ambil ”

” Wah seru dan pantesan aja lama wong medannya berat sekali ”

” Ya begitulah. Ehhh omong-omong bagaimana bisnis konveksinya Din ? ”

” Nah itulah saya mau konsultasi. Sudah sebulan sampai sekarang saya ga ada kerjaan. Bos-bos yang biasanya kasih makloen pekerjaan buat ekspor mereka malah ga ada orderan. bebar Cech sudah sebulan ini. Dengar-dengar sich gara-gara pasar bebas ya kayak gitulah Cech. Barang-barang Cina sudah masuk sekitar 3 bulan yang lalu. Padahal saya dengar per tanggal 1 Januari sudah dibuka keran kita untuk produk-produk Cina tanpa ada pajak masuk lagi. “

” Ohhh gitu ya, terus kalian cari makannya ? ”

” Kalau masalah makan mah gampang cuma ke depannya bagi kita yang UKM makin berat dan kalah bersaing. Coba Cech bayangin masak baju muslim di kita dihargai sekitar 250-300 ribu. Mereka bisa dijual dibawah 100 ribu. Gimana mau menang dan laku “

” Wah wah wah kok ceritanya sama sich ama teman di depok tadi siang ”

” Bukan sama lagi cech, pengusaha terutama pakaian atau konveksi resah dan was was tentang masa depannya. Semuanya menunggu dan harus siap dari segala kemungkinan yang terburuk. Bukan kami aja yang begini Cech tapi hampir merata “

” Berat juga ya tapi tetap optimis lah walaupun saya juga ga tahu bagaimana solusinya sampai saat ini. Semuanya Allah sudah atur rejeki kita masing-masing “

” Benar juga ya. Omong-omong kalender tahun 2010 Galeuh Pakuakn Pajajaran masih ada Cech ”

” Masih sich, emang kenapa Jon ”

” Saya mau beli mungkin sekalian bantu pasarkan. Ambil 30 lembar dulu Cech ”

” OK dech ”

” Masih banyak khan Cech ? ”

” Masih banyak dan ada sisa sekitar 150 lembar lagi. ”

” Kalau begitu saya telpon Juadi supaya habisin sisanya dech ”

” Terima kasih kalau begitu ”

” Kalau bisa besok ke tempatnya Juadi Cech. Siapa tahu dia au jalan dan jualan di Senen khan sekalian dijualin “

” Iya ya, besok saya ke rumahnya Juadi, Din ”

” Cech omong-omong sudah jam 00.00, kita mau balik dulu ”

” Oke lah kalau begitu (Warteg Band) ”

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumusalam ”

Pagi jam 10.00

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam, ehhhh Bang cech ”

” Gimana kabarnya Jud ? ”

” baik, kemarin Udin ke sini trus katanya mau ke tempatnya Bang cech ”

” Iya benar Jud, tadi malam ke rumah ama Jon dan Udin pesan ke saya supaya mampir ke tempatnya Juadi. Saya datang pagi ini takut Juadi pergi “

” Ga Bang, saya di rumah aja. Masalah kalender ya Bang ”

” Ya Jud, tapi saya ga bawa mungkin nanti malam saya antar kemari. Kebetulan ama keponakan mau ke Carefour mau beli diaper buat ibu yang stroke. ya sekalian aja mampir hehehe”

” Okelah saya tunggu nanti malam, hari mendung lho sebentar lagi mau hujan ”

” Ya udah saya jalan lagi ya Jud, nanti malam saya kemari lagi. assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam ”

Jam menunjukkan pukul 21.30

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam ”

” Ini Jud kalender saya bawa 1 paket isinya 30 lembar. Maaf nich kena hujan tapi ga basah sich karena sudah dibungkus plastik “

” Oh ya Bang saya terima ya. Duduk dulu Bang. Mau minum apa ”

” Cofeemix aja Jud ”

” Ini dari mana Bang ”

” Dari rumah langsung kemari ”

” Ohhhh gitu, sebentar ya Bang saya telpon Udin ama Jon supaya datang kemari sekalian ngobrol-ngbrol disini. ”

” Oke dech ”

” Pesan apa lagi Bang. Makanan ? ”

” Aqua aja Jud. Ini juga barusan makan roti di warung hehehe ”

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumusalam, darimana Din ”

” Tadi pas Juadi sms aya lagi di Jiung cari CD lagu jaman dulu. Panbers Cech hehehehe ama pongdut pop dangdut hahahaha “

” Pantesan aja cepat banget baru sms sudah sampai disini ”

” Jon juga barusan saya sms supaya datang kemari, mungkin baru agak malaman kemarinya karena dia harus umpet-umpetan ama anaknya. Kalau ga gitu nangis tuh anak karena ga diajak bapaknya hehehehe “

” Ohhh gitu ”

” Mau pesan apa Mas Udin ”

” Aqua dingin aja Jud ”

” Seharian di rumah aja Din ”

” Iya Cech, tapi beneran lho cech. Tadi teman-teman pada datang ke rumah pada minta kerjaan. Rupanya sudah sebulan ini mereka juga ga ada kerjaan untuk menjahit. Padahala hanya untuk ongkos jahit doang. Tetap aja pada lesu. “

” Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam, tumben cepat Jon sampai kemari ”

” Hehehehe saya umpet-umpetan ama anak ”

” Benar khan Cech kata saya ”

” Benar juga Din ”

” Eh Dinm saya ada kerjaan buat pakaian Satpam ga banyak sich hanya 120 stel buat kantor. Saya disuruh bos cari harga ama yang bisa ngerjain, Bisa ga kamu ngerjakan Din “

” Bisa aja tapi pakai bahan apa? Trus PDH atau PDL ? ”

” PDH ama PDL Din ”

” Kain yang dipakai ? ”

” Nah itu saya mau minta contoh-contoh bahan kain yang dipakai ”

” Itu mah gampang Jon, Senin malam ya Jon ke sini lagi ”

” Alhamdulillah ada kerjaan lagi Din ”

” Ya benar Cech tapi ini hanya untuk makan doang dan insidentil ga terus menerus tapi saya syukuri lah. Tanya tuh Jon, saya sampai ga bisa bayar kontrakan dan udah gitu teman-teman yang katanya senasib dan sepenanggungan pada ngabur satu per satu waktu saya ngomong lagi susah dan perlua uang buat bayar kontrakan “

” Nah itulah Din, kita khan dapat membedakan mana teman sekedar teman ama teman yang sudah seperti saudara alias sahabat sejati. “

” Benar sich Cech. untung aja ada Jon yang bantu pinjamin uang buat kontrakan. Tapi benar Cech tahun 2009 benar-benar tahun yang berat banget. Saya kuatir banget dengan tahun 2010 malah nasibnya tidak lebih baik dari tahun 2009. Jangan-jangan makah lebih parah dan kerusuhan lagi “

” Hahahahaha udin udin, sampai begitu amat berpikirnya. Semuanya tergantung kepada diri dan toleran ama teman-teman pasti yang namanya kesulitan pasti ada jalan keluarnya “

” Sebetulnya saya ga benci-benci amat ama teman-teman yang ninggalin saya. Tapi ada hikmah yang saya dapat yaitu kalau kita nolong orang terutama yang dekat dengan kita maka harus ikhlas dan jangan dingat-ingat. Disitulah keadilan Allah malah bukan orang yang dekat dengan kita yang bantu malah orang yang baru kenal malah yang nolong kita. Dan disitulah nilai keikhlasan kita diuji Cech “

” Hebat kamu Din ”

” Khan yang ngajarin Cech. Ingat ga waktu Cech ngomong masalah Rahman Rahim ”

” Yang mana Din ”

” Itu lho Cech waktu saya dibohongi teman pas dia ngambil motor pakai nama saya sehingga waktu teman tersebut ga bayar ke leasing selama 3 bulan trus ngabur maka sya yang dikejar-kejar leasing. Alhamdulillah sich selesai masalahnya. Ingat ga Cech…. Pura-pura lupa ya Cech “

” Benar lupa tapi sekarang baru ingat hehehehehe. Ya gitulah memang kuncinya Rahman Rahim dan ada satu contoh yang bagus maaf ya jamaah gereja yang mengikuti ajaran Nabi Isa AS atau Yesus Kristus dengan ajarah nashrahnya (kasih) dimana jemaahnya kompak dan saling bantu ketika ada yang kesusahan. Ya walaupun bisa dianggap kasuistik sich tapi ada hal yang positif bisa diambil. Jangan pas jamah di mesjid kompak tapi pas urusan perut atau ekonomi saling sikut-sikutan. Dan kalau ada yang lebih kaya dicurigai, emangnya si kaya tersebut pakai pesugihan mana ya ? Hebat juga ya dukunnya ? Bukan melihat dan belajar bagaimana proses atau usaha dia sehingga bisa berhasil “

” Nah khan ingat juga hehehehe ”

” Iya Jon, berteman sich ama siapa saja boleh dan selama orang itu sehati dan seiman (dalam arti mempunyai keyakinan adanya Tuhan) maka itulah yang dinamakan saudara. Tapi lebih baik lagi kalau kita sama-sama muslim bersatu dan rukun (guyub) seperti layaknya kata rukun pada rukun Iman dan Islam. Bukan hanya rukun dalam ibadah ritualnya tapi ibadah sosialnya juga harus rukun. Tidak ada lagi pertentangan antara Muhammadiyah, NU, Persis, atau yang lainnya. “

” Apalagi kalau kita bicara yang lebih luas ya Cech yaitu Indonesia. ”

” Nah itu lagi, selama ini kita kurang bisa akur dan hanya memikirkan diri sendiri terutama para elite dan pemimpin kekuasaan. Yang penting saya/keluarga/kelompoknya bahagia dan hidup bermewahan. Masa bodo dengan nasib rakyat di bawah. Jadi besok kalau pemerintahkita tidak bisa mencari terobosan tentang pasar bebas maka bisa mengakibatkan banyaknya pengangguran, kurangnya serapan tenaga kerja, dan korupsi masih berlanjut malah makin meraja lela maka jangan kaget tahun 1998 kembali terulang. “

” Ngeri amat ya Cech ”

” Ngeri ya ngeri, omong-omong sudah jam berapa ? ”

” Jam 00.10 Cech ”

” Wah sudah malam sekali, saya pulang dulu ya . Jud, Din, Jon Assalamualaikum ”

” Wa alaikumussalam ”

Diunduh Dari Google
Ilustrasi - qbheadlines.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s