Apakah Kita Masih Butuh Tidur ?

Sleepy (diunduh dari Google)

Seberapa besar kita membutuhkan tidur masih merupakan misteri, dan tampaknya kita menjadi semakin sulit tidur seiring dengan bertambahnya umur. Banyak penelitian yang didanai oleh industri farmasi menyatakan bahwa kita semua kurang tidur dan mempertaruhkan kesehatan karena kurangnya memejamkan mata.

Sebelumnya penelitian baru di Inggris menegaskan indikasi bahwa orang tua membutuhkan lebih sedikit tidur. Ini juga menunjukkan bahwa variasi dalam kebutuhan waktu tidur adalah normal dan sehat selama tidak tidur secara berlebihan sepanjang harinya.

” Tampaknya penuaan yang sehat terkait dengan penurunan durasi tidur dan sangat diperlukan untuk mempertahankan kewaspadaan siang hari,” demikian pernyataan para ilmuwan.

Namun para peneliti memperingatkan bahwa banyak orang di dalam masyarakat modern menderita kurang tidur. Hal itu dapat mengakibatkan banyak orang yang mengalami kecelakaan kerja. Yang tertinggi resikonya adalah jatuh dan kematian pada orang tua.

Suatu hari sebuah studi dilakukan dengan melibatkan 110 orang dewasa sehat yang tidak memiliki gangguan tidur dan tidak mengeluh kekurangan tidur. Mereka diuji coba melalui berbagai putaran waktu tidur dan bangun di bawah kondisi yang berbeda-beda serta diuji rasa kantuknya selama periode bangun.

Pada malam pertama di tempat tidur selama 8 jam, dihasilkan waktu tidur rata-rata berdasarkan kelompok umur:

Umur 20-30: 433,5 menit (7.23 jam)
Umur 40-55: 409,9 menit (6,83 jam)
Umur 66-83: 390,4 menit (6,51 jam)

Para peneliti tidak menghiraukan kondisi tidur di laboratorium yang jauh berbeda dengan kondisi tidur di kehidupan nyata. Dikatakan masih dianggap normal. Tapi para peneliti lebih tertarik melihat perbandingan antara kelompok-kelompok umur. Kelompok tertua tertidur sekitar 20 menit lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok umur di tengah. Kelompok umur di tengah tertidur sekitar 23 menit lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok yang termuda. Jumlah waktu yang dihabiskan untuk tidur, diukur sebagai ” slow-wave sleep ” Kelompok umur tertua menjadi kelompok umur yang paling sedikit waktu tidurnya

Selanjutnya kantuk di siang hari diukur dengan meminta subjek untuk tidur siang. Lamanya waktu tidur siang dihitung secara keseluruhan, kata pemimpin studi Derk-Jan Dijk, Profesor Ilmu Tidur dan Fisiologi Universitas Surrey di Inggris (Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tidur siang baik untuk Anda.)

“Tetapi kita harus berhati-hati; terlambat tidur siang setiap hari dapat membuat waktu bangun Anda menjadi lebih sedikit tetapi juga mengganggu kelanjutan waktu tidur malam Anda berikutnya ,” ujar Dijk kepada LiveScience.

Ketika para peserta diminta untuk berbaring di tempat tidur dan mencoba untuk tidur siang, maka diperoleh lama waktu untuk tidur ( berdasarkan kelompok umur)

Umur 20-30: 8,7 menit
Umur 40-55: 11,7 menit
Umur 66-83: 14,2 menit

Namun para peneliti memberitahukan di Jurnal Sleep dalam edisi 1 Februari bahwa jika Anda mengantuk di siang hari, maka mungkin Anda membutuhkan lebih banyak tidur.

“Temuan kami menegaskan kembali teori bahwa itu tidak normal bagi orang tua mengantuk pada siang hari,” kata Dijk. “Apakah anda masih muda atau tua, jika anda mengantuk di siang hari berarti Anda tidak cukup tidur atau mungkin Anda menderita gangguan tidur.”

Para ilmuwan mengakui bahwa peran tidur tidak begitu mudah dipahami dengan baik dan tidak mengetahui juga seberapa banyak kebutuhan tidur setiap orang. Sebuah penelitian tahun lalu menunjukkan bahwa beberapa orang secara genetik diprogram untuk kebutuhan kurang tidur.

Tahun 2008 dalam Jurnal Current Biology melaporkan sebuah penelitian yang dibantu juga oleh Dijk dimana peserta tinggal di tempat tidur selama 16 jam dalam kegelapan setiap hari selama beberapa hari dengan tujuan untuk melihat berapa lama mereka tertidur. Orang-orang muda tidur rata-rata selama 9 jam, sedangkan orang-orang tua tidur sampai 7,5 jam.

Jika Anda merasa mengantuk kronis pada siang hari maka Dijk menyarankan Anda untuk meminta nasehat dokter. Namun, jika Anda merasa baik-baik saja dengan waktu tidur sebanyak 6-7 jam berarti kondisi Anda OK.

Jika Anda berpikir bahwa Anda baik-baik saja dan tanpa disadari menemukan diri Anda tertidur selama pertemuan atau terkantu-kantuk saat menonton TV maka mungkin ini menjadi masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s