British Airways Akan Membuat Bahan Bakar Dari Sampah Makanan

British Airways (telegraph.co.uk)

British Airways (BA) telah mengumumkan rencananya untuk mendirikan pabrik biomassa di Inggris yang akan menggunakan biomassa termasuk sampah makanan untuk akhirnya menghasilkan juta ton bahan bakar jet hijau setahun.

British Airways mengatakan fasilitas pengolahan akan mengubah hingga 500.000 ton limbah biomassa per tahun menjadi 16 juta galon bahan bakar karbon rendah untuk digunakan dalam armadanya. Namun bahan bakar tersebut akan diproduksi mulai tahun 2014. Itupun membutuhkan beberapa tahun untuk mencapai kapasitas penuh.

Pabrik akan dibangun oleh perusahaan AS, Solena Group di London (lokasinya belum dapat dikonfirmasi). BA mengatakan telah menandatangani letter of intent untuk membeli semua bahan bakar yang diproduksi.

“BBM baru akan berasal dari limbah biomassa dan diproduksi di negara yang mempunyai fasilitas yang dapat mengkonversi berbagai bahan limbah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menjadi bahan bakar pesawat”, ujar seorang juru bicara British Airways kepada FoodProductionDaily.com.

Tetapi perusahaan telah dikonfirmasi bahwa bahan bakar hijau yang diproduksi di suatu tempat itu belum diberi persetujuan oleh otoritas Inggris. Namun pejabat Amerika telah memberikan lampu hijau untuk yang 50 persen campuran biofuel. BA mengatakan persetujuan itu hanya diperlukan dari salah satu campuran dan yakin kalau izin untuk campuran 100 persen limbah akan diberikan di masa yang akan datang.

Maskapai mengatakan kemungkinan limbah makanan akan menjadi salah satu komponen penting dari biomassa. Pilihan pada sumber bahan baku mentah masih dieksplorasi walaupun juru bicara perusahaan mengatakan peran otoritas lokal dan pabrik makanan dapat dipertimbangkan jika jumlah limbahnya memadai.

co2cycle (jgi.doe.gov)

Karbon Netral

Pembangunan pabrik ini akan dimulai pada akhir 2011 dan selesai dua tahun kemudian. BA mengatakan pabrik tersebut tidak akan segera berjalan pada kapasitas penuh dan tidak ada target waktu untuk menghasilkan bahan bakar hingga 16 juta galon per tahun.

Bionaphtha digunakan sebagai komponen campuran bensin dan juga sebagai bahan baku bagi industri petrokimia. Prosesnya menerapkan daur ulang rumah kaca yang dapat menghasilkan cadangan gas hingga 95 persen bila dibandingkan dengan bahan bakar dari fosil (kerosene jet).

Besarnya volume bahan bakar yang dihasilkan lebih dari dua kali jumlah yang dibutuhkan untuk membuat karbon netral di seluruh penerbangan BA dari London City Airport. Pengurangan emisi karbon akan setara dengan pengurangan 48.000 mobil dari jalan raya per tahun. Skema ini juga menghasilkan listrik 20 Mega Watt per tahun sehingga dapat membuka 1.200 lapangan pekerjaan.

Dr Robert Do, CEO Solena Group mengatakan: “Proyek The Solena-British Airways BioJetFuel secara efisien akan merubah biomassa menjadi bahan bakar terbaharukan yang bersih, listrik dan karbon netral. Pabrik pengolahan ini akan menjadi contoh fasilitas manufaktur bahan bakar yang terbaharukan dan berbeda dengan insinerator standar yang merubah sampah menjadi fasilitas energi . Ini tidak akan menghasilkan emisi polusi apapun atau produk yang tidak diinginkan. “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s