Tomat Kumato : Tomat Matang Atau Tomat Busuk ?

Chris Veillon dari Mastronardi Produce sedang menunjukkan Kumato yang telah matang (Foto oleh Sharon Hill / Canwest News Service)

Jika Anda melihat tomat berwarna coklat di supermarket maka jangan buru-buru memanggil bagian QC. Coklat adalah warna baru yang penuh sensasi bagi para penikmat tomat. Mereka menyebutnya Tomat Kumato (tomat berwarna cokelat).

“Tidak semua tomat harus merah,” ujar Chris Veillon, Manajer Pemasaran Mastronardi Produce di Kingsville, Ontario, Kanada. Mastronardi Produce adalah yang pertama memasarkan kumato bermerek dagang di Amerika Utara. Kumato (jangan dibaca Ku-mate-o!) telah tumbuh di Eropa selama bertahun-tahun.

Veillon mengatakan beberapa orang bertanya kepadanya apakah tomat itu masak atau busuk ? “Ya itu benar-benar tomat dengan warna coklat kehijauan.” jawab Veillon

Warna tomat menjadi panduan bagi konsumen untuk mengetahui tingkat kematangan yaitu warna cokelat kehijauan menunjukkan Kumato sudah matang dan berasa ringan. Sedangkan warna coklat kemerahan menunjukkan Kumato telah mencapai pucak kematangan dan berasa manis. Jadi semakin matang Kumato maka warna Kumato semakin berwarna coklat. Kumato mempunyai rasa lebih manis dibandingkan jenis tomat lain dan memiliki kulit yang lebih tebal.

Veillon mengatakan Wakil Presiden Eksekutif Mastronardi Produce, Paulus Kumato suka sekali makan Tomat Kumato dengan sedikit garam laut.

Sejak musim semi Mastronardi Produce telah menjual tomat kumato dengan merek “Sunset” . Tomat berwarna cokelat tersebut sangat baru di sini dan beberapa manajer toko kelontong belum pernah mendengar kabar dari Mastronadi Produce.

Tomat Kumato dijual oleh Perusahaan Loblaw Ltd yang memiliki Toko Makanan “Ontario dan Quebec Great”

Pada akhir bulan Juni tahun lalu Kumato mulai diperkenalkan lewat selebaran di Loblaws, Fortinos, Zehrs and Loblaws Quebec Kanada dan dipertunjukkan ke khalayak umum serta pemberian sampel kepada 100 toko.

Veillon mengatakan orang-orang yang telah mendengar tentang Tomat Kumato lewat online banyak yang bertanya dimanakah mereka bisa mendapatkan tomat kumato tersebut

” Sepuluh tahun yang lalu tomat adalah sebuah tomat tapi sekarang tomat dikenal dengan nama dagangnya dan memiliki rasa yang unik. Benih Kumato diberi nama merek dagang “Syngenta” dan tidak berubah secara genetik ” ujar Veillon

Pemilik Mastronardi Produce dikenal dengan penemu jenis-jenis tomat varietas khusus. Contohnya adalah Tomat Campari yang sempat ditampilkan dalan serial TV “Sopranos” dan Tomat Anggur Splendido yang mempunyai rasa manis campuran tomat dan anggur.

“Kami telah menguji lebih dari 100 varietas yang berbeda setiap tahun untuk mencari variasi gourmet berikutnya ” kata Veillon.

Kumato Tomato (wikimedia.org)

Belahan Tomat Kumato (Wikimedia.org)

Sumber bacaan : National Post, Canada

2 thoughts on “Tomat Kumato : Tomat Matang Atau Tomat Busuk ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s