Jaipongan: Sundanese Traditional Dance

Jaipongan (wikipedia)

Orang menyebutnya tari jaipongan. Bagaimana sejarahnya tarian jaipongan, dapat dilihat di WIKIPEDIA. Dalam tulisan ini, saya hanya ingin menceritakan kekaguman saya terhadap tari jaipongan ini. Kebetulan sekali dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H, Padepokan Galeuh Pakuan Pajajaran menggelar banyak acara dan salah satunya adalah pertunjukkan tari jaipongan.

Tidak sedikit orang menganggap negatif tarian ini karena dianggap sebagai ajang perselingkuhan terselebung antara penonton dan penarinya. Tapi itu saya anggap sah-sah saja tergantung bagaimana kita melihat dan menilainya.

Tari Jaipongan selalu identik dengan tarian tradisional masyarakat Sunda. Sebetulnya tarian ini menunjukkan simbol kerakyatan yang bebas merdeka dan bentuk kegembiraan masyarakat yang dituangkan lewat tarian. Terlihat sekali dari hentakan alat-alat musik tradisional yang memberikan dampak rancak dan keinginan hati untuk turut bergerak mengikuti suara musik tradisional tersebut.

Gerakan tarian Jaipongan ini sangat dinamis dan membutuhkan stamina yang cukup. Saya kagum sekali ketika kedua penari jaipongan tersebut menari dengan gerakan yang indah dan gemulai. Dan lebih kagum lagi ketika mengetahui kalau mereka berstatus mahasiswi, yaitu mahasisiwi Unpad dan STSI Bandung. Kedua mahasiswi tersebut merupakan contoh yang baik kalau masih ada generasi muda yang mau turut mendalami dunia tarian tradisional dan memperlihatkan kepada bangsa ini kalau tarian tradisional tidak kalah dengan tarian-tarian yang datang dari dunia barat.

Saya sempat berangan-angan seandainya saja umat Islam di seluruh Indonesia merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan memperkenalkan dan melestarikan kembali budaya lokal maka betapa indahnya bumi Indonesia ini. Budaya yang beragam yang terikat menjadi satu dalam tuntunan Nabi Muhammad SAW. Itulah yang membuat saya sedih karena gara-gara fanatisme berlebihan maka budaya asal yang menjadi identitas dirinya sering dilupakan, dicampakkan bahkan dianggap sirik. Padahal budaya itu lahir dari cipta, rasa dan karsa manusia yang sebetulnya berasal dari hati nurani atau batin yang suci yang berarti berasal dari Allah SWT juga.

Berikut ini saya akan memperlihatkan video pribadi tentang tari jaipongan yang saya rekam lewat kamera digital biasa pada saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1431 H sehingga mohon maklum kalau hasilnya kurang bagus. Inilah yang bisa saya sampaikan sebagai wujud kebanggaan saya sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW yang juga orang Indonesia.


Sumber video cechgentong

7 thoughts on “Jaipongan: Sundanese Traditional Dance

  1. ..gareulis pisan.sareng tariana sae pisan.di tingali disagalarupina,teu ngisinkeun,teu kawon kutarian tarian anu sanes na,malihan sareng siganamah salah sahiji tarian anu pangsaena sajajar,sareng tarian tarian anu aya di alam dunia ieu,sareng alunan musik na sareng tembang sinden na,raraosan mah abdi pribadi ngaraos bingah sareng bangga kuayana tarian jaipongan ieu,nuhun kang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s