7 Jenis Barang di Rumah Yang Berasal dari Minyak Bumi

Minyak bumi tidak hanya menyediakan bahan bakar untuk mobil bensin dan pesawat jet saja. Produk-produk sampingan minyak bumi banyak yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di seluruh dunia. Miliaran pon plastik polietilen dimanfaatkan menjadi kantong plastik, makanan kontainer, hula hup, dan produk konsumen lainnya. Tetapi ada beberapa barang yang merupakan produk turunan dari minyak bumi yang ditemukan di sekitar rumah dan mungkin akan mengejutkan Anda

Lipstik

Credit: Valentina Jori. (tijmen)

Manusia telah menerapkan kosmetik alami pada bibir mereka, mata dan wajah selama berabad-abad tetapi sekarang ini sebagian besar lipstik dan eye liner memperoleh tampilan yang menarik karena menggunakan produk minyak bumi atau produk sampingan seperti crylates, belangkin colorant, dan propylene glycol. Yang sedikit mengejutkan adalah banyak wanita telah beralih ke produk minyak bumi yang dikenal dengan nama Vaseline (petroleum jelly) sebagai eyeliner remover sederhana atau dasar untuk lipstik.

Panel Surya

Credit: Department of Energy/National Renewable Energy Laboratory

Panel surya dapat membantu pemilik rumah dan industri dengan memanfaatkan energi terbaharukan yang berasal dari kekuatan cahaya matahari. Tetapi sebagian besar panel surya masih mengandalkan panel berbasis petroleum resin dan komponen plastik dalam sel fotovoltaik. Saat ini banyak perusahaan telah mulai menggunakan bioresin dan bioplastics dalam pembuatan komponennya untuk menggantikan minyak bumi

Pakaian tahan kusut

Credit: Dreamstime

Kapas sudah lama dimanfaatkan oleh kita untuk memproduksi kain. Tapi kandungan poliester pada celana, kemeja dan lainnya telah memberikan manfaat anti kerut, keawetan dan mengangkat noda dari bahu pakaian. Beberapa produk sampingan minyak bumi diciptakan untuk membentuk material sintetik pakaian yang dapat membantu jutaan orang. Tetapi itu tidak semuanya buruk, karena daur ulang polyester dapat menghasilkan serat poliester berkualitas tinggi

Gum

Credit: Dreamstime


Banyak orang menikmati gigitan tekstur permen karet dan mengunyahnya dalam waktu lama. Semua ini berkat minyak bumi yang diturunkan dari polimer. Karet basa dapat terdiri dari lateks alami dan produk-produk minyak bumi seperti polietilen dan parafin lilin, yang merupakan produk non-biodegradable. Tapi permen karet pertama kali mengandalkan lateks alam yang dikenal sebagai chikle.

Krayon

Credit: Stock Xchange

Minyak bumi telah banyak membantu kenangan masa kecil kita pada saat menggambar di dalam kelas atau rumah. Masing-masing krayon dalam sebuah kotak krayon anak terdiri dari parafin lilin (lilin padat yang terbuat dari minyak bumi). Parafin juga dipakai untuk membuat lilin dan memberikan efek mengkilat pada sebuah apel atau kilauan cokelat.

Aspirin

Credit: Steve Knight (stevekrh19)

Aspirin telah membuktikan sebagai salah satu obat yang paling aman dan sangat diandalkan dalam dunia farmasi selama puluhan tahun. Orang menelan miliaran tablet per tahun untuk sakit kepala, demam dan sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung atau stroke. Asam asetyl salisilat dalam aspirin berasal dari zat kimia salisin pada kulit pohon willow. Namun sebagian besar produsen aspirin menggunakan zat benzena, suatu hidrokarbon yang biasanya berasal dari produk minyak bumi.

Pantyhose

Credit: Dreamstime

Sebut mereka dengan celana ketat, kaus kaki ketat, atau apa pun yang serba ketat. Jutaan wanita modern telah memakai stoking nilon untuk kenyamanan dan mode. Sama seperti wanita jaman dulu, stoking nilon sudah sangat populer selama Perang Dunia kedua. Nilon mewakili termoplastik yang diturunkan dari minyak bumi yang diciptakan pada tahun 1935 oleh Wallace Carothers, seorang ahli kimia yang bekerja di perusahaan DuPont. Hari ini, nilon membantu dalam pembuatan produk scrubber untuk parasut.

Sumber bacaan Livescience

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s