Kebiasaan Lama

Dengan badan kurang sehat, beberapa hari ini saya didatangi oleh teman-teman korban PHK. Mereka meminta saya untuk mencarikan usaha yang cocok buat mereka. Saya mengatakan kepada mereka untuk membuka usaha bersama dalam bidang makanan. Modalnya diperoleh dari sebagian kecil pesangon mereka karena modal untuk bisnis ini tidak terlalu besar.

Mungkin kalau teman-teman korban PHK tidak meminta untuk mencarikan peluang usaha yang cocok untuk mereka, saya tidak akan pernah menyentuh lagi hal-hal yang berkaitan dengan bumbu-bumbu makanan (seasoning) dan kembali terjun untuk turut mendemokan cara pemakaian bumbu untuk beberapa jenis makanan yang berbasis umbi-umbian.

Kentang Beku Yang Dibeli di Super Market (dok.pribadi)
Singkong (dok.pribadi)

Sebetulnya saya agak malas untuk melakukan eksperimen produk yang akan dipasarkan karena saya sudah terangkan kalau singkong cocoknya pakai bumbu tabur ini, kentang pakai bumbu itu dan lain-lain tetapi mereka bilang kurang enak dan hasilnya kurang bagus. Mau tidak mau dech saya turun tangan juga dan kembali meramu bumbu-bumbu yang pas dan enak untuk campuran jenis umbi-umbian. Untung saja bahan-bahan campuran untuk membuat bumbu masih ada dan disimpan rapi di rumah walaupun ada juga yang saya minta lewat teman yang mempunyai pabrik bumbu untuk mengirimkan bahan-bahan tertentu yang cocok untuk bumbu rasa sapi panggang misalnya.

Bumbu Rasa Gurih Original (dok.pribadi)

Bumbu Rasa Jagung Bakar (dok.pribadi)
Keripik Singkong Tanpa Bumbu (dok.pribadi)
Keripik Singkong Rasa Gurih (dok.pribadi)
Stick Singkong Rasa Jagung Bakar (dok.pribadi)
Stick Kentang Rasa Jagung Bakar (dok.pribadi)

Kebiasaan lama yang sering otak-atik ramuan akhirnya timbul lagi, ya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi teman-teman yang mulai merintis usaha baru.

Industri Rumah Tangga Keripik Singkong (dok.pribadi)

Tinggalkan Balasan

