Kereta Api Parahyangan Dalam Kenangan

Tanggal 27 April 2010 nanti PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara resmi akan menghentikan operasional kereta api Parahyangan rute Jakarta-Bandung pp. Alasannya adalah penurunan minat masyarakat untuk menggunakan  kereta api rute ini.

Setelah membaca beberapa tulisan/artikel yang memberitakan tentang penutupan operasional kereta api rute ini diantaranya Selamat Tinggal KA Parahyangan dan Satu Lagi Layanan KA Harus Mati maka saya berusaha mengingat-ingat kembali kenangan selama saya menggunakan kereta api Parahyangan. Sudah 39 tahun kereta api Parahyangan melayani masyarakat yang secara mobile (bahasa Indonesianya apa ya) pulang pergi melakukan perjalanan Jakarta-Bandung. Tetapi sejak adanya jalan  tol Cipularang maka terjadi pergeseran dalam menggunakan moda transportasi. Masyarakat lebih memanfaatkan kendaraan pribadi atau umum untuk perjalanan Jakarta-Bandung lewat jalan tol tersebut. Alasannya adalah lebih cepat daripada menggunakan kereta api.

Memang harus diakui kecepatan dan ketepatan waktu lebih menguntungkan untuk melakukan perjalanan lewat jalan tol Cipularang. Walaupun demikian saya masih tetap memanfaatkan kereta api Parahyangan apabila saya ingin pergi ke Bandung. Selain murah, ada kenikmatan tersendiri dalam menggunakan kereta api Parahyangan diantaranya saya bisa menikmati pemandangan selama perjalanan (bisa foto pemandangan), berkenalan dengan banyak orang, lebih santai, dan lebih mudah bertemu dengan seseorang apabila saya ingin janjian (karena janjiannya di stasiun Bandung yang berada di pusat kota).

Terus terang beberapa bulan ini saya selalu menggunakan kereta api Parahyangan rute Jakarta-Bandung pp. Ya… kalau ketinggalan waktu maka saya menggunakan kereta eksekutif Argo Gede yang tarifnya lebih mahal. Tetap saja kereta api Parahyangan lebih memberikan suatu yang berbeda dibandingkan menggunakan Argo Gede (lebih merakyat, mungkin karena tarifnya murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat umum). Terima kasih saya ucapkan atas semua pelayananmu.

KA Parahyangan ( http://www.semboyan35.com )

Parahyanganku oh Parahyanganku

39 tahun kau telah melayani kami

Perjalananmu hanya sampai disini

Sebentar lagi kau hanya tinggal kenangan

Mudah-mudahan ku masih sempat merasakan pelayananmu

Ku takkan melupakanmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s