Derawan Nan Eksotik

Kepulauan Derawan (id.wikipedia.org)

Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai beribu-ribu pulau. Ini berarti begitu banyak potensi yang dimiliki negeri ini. Salah satunya adalah kekayaan alam dan ini bisa dijadikan potensi dalam bidang pariwisata. Kepulauan Derawan adalah salah satu contoh objek wisata yang bisa diunggulkan dari sekian banyaknya kepulauan di Indonesia

Kepulauan Derawan termasuk dalam wilayah Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur. Kepulauan ini terdiri atas 31 pulau dan memiliki 3 wilayah kecamatan yaitu Pulau Derawan, Maratua dan Biduk-biduk.

Terumbu karang di Pulau Derawan memiliki tutupan rata-rata karang karang keras 17,41% dan tutupan karang hidup 27,78%. Dengan jumlah spesies 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.

Di Kepulauan Derawan terdapat 872 spesies ikan, 507 spesies terumbu karang dan hewan invertebrata termasuk beberapa spesies yang dilindungi seperti ketam kelapa (Birgus latro), paus, lumba-lumba (Delphinus), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Erethmochelys fimbriata), dan dugong (Dugong dugon).

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Kepulauan Derawan dapat melihat disini. Berikut ini adalah slide show yang berisi foto-foto tentang Kepulauan Derawan dengan hewan khasnya yaitu Penyu hijau.

NB: Semua foto yang ada di slide show adalah koleksi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s