Sejarah Penunjuk Waktu

Di dalam kitab suci Al Quran Surat Al Ashr (QS 103), Allah SWT berfirman ” Demi masa. Sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka yang selalu beramal saleh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. “ Firman Allah SWT tersebut menyatakan bahwa manusia harus memperhatikan waktu dalam hidupnya dengan seefektif dan seefisien mungkin agar hidupnya di dunia tidak sia-sia. Dalam pepatah Inggris dikatakan “Time is Money” (waktu adalah uang).

Jadi sesungguhnya tidak salah kalau kita selalu menghargai waktu. Kalau bicara jam maka jam adalah salah satu alat ukur waktu. Tetapi tahukah anda bagaimana sejarah jam bisa menjadi alat ukur sebelum kita mengenal jenis jam yang ada sekarang mulai dari analog sampai digital. Sepele tapi sangat penting perannya.

Jam atau clock dalam bahasa Inggris (awalnya disebut bell) ternyata diambil dari bahasa latin sekitar 700 tahun yang lalu yaitu “clocca”

Berikut adalah sejarah perjalanan jam sampai sekarang :

1. Jam Matahari (Sundial Clock), dari namanya ketahuan bahwa patokan penentuan waktunya dilihat dari lintasan matahari yang ada di langit. Jenis jam ini dikenal sekitar 5500 tahun yang lalu dan kurang akurat untuk menentukan waktu.

Sundial (www.arcytech.org)

2. Jam Air (Water Clock), ditemukan oleh bangsa Mesir sekitar 3400 tahun yang lalu dan dikenal dengan nama clepsydra (dibaca KLEP-suh-druh). Jenis jam ini juga dikenal oleh bangsa Yunani.

clepsydra (www.arcytech.org)

3. Jam Pendulum (Pendulum Clock). Sebelum ditemukan, Peter Henlein dari Jerman menemukan spring-powered clock pada tahun 1510 tapi tidak akurat. Kemudian Jost Burgi pada tahun 1577 menciptakan jam dengan tambahan penunjuk menit tetapi masih saja ada kekurangannya. Baru pada tahun 1656 oleh Christian Huygens dikembangkan dan disempurnakan penunjuk menit yang lebih baik yang disebut dengan jam pendulum.

Pendulum (www.arcytech.org)

4.Quartz Crystal Clocks, jenis jam yang penggerak jarum jamnya telah memakai energi listrik lewat batere dan ditemukan pada tahun 1920. Jam inilah yang sekarang dipakai oleh umat manusia di dunia.

Quartz Crystal Clocks (www.unspecial.org)

 

2 thoughts on “Sejarah Penunjuk Waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s