Nasi Terakhir

Nasi Terakhir (dok.pribadi)

Kelihatannya sepele tapi kita sering mengabaikannya bahkan melirikpun tidak. Apabila disuruh memilih sepiring nasi baru masak dengan sisa nasi hasil masak sebelumnya maka kebanyakan orang akan memilih nasi yang baru masak. Alasannya sebagian besar seragam yaitu menambah selera makan. Saya maklumi dengan pilihan tersebut. Tetapi pernahkah kita membayangkan betapa mubazirnya hidup kita bila menyia-nyiakan sisa nasi hasil masak sebelumnya dan parahnya nasi tersebut dibuang ke tempat sampah. Walaupun ada juga yang dikeringkan dan digoreng kembali menjadi panganan lainnya.

Hal ini sering saya melihatnya hampir di setiap rumah tangga termasuk di keluarga saya sendiri. Setiap melihat nasi terakhir maka pikiran saya selalu teringat dengan kerja keras para petani yang telah bersusah payah menanam padi dengan penghasilan yang serba pas-pasan tapi kita yang tinggal di kota besar bisa menikmati hasilnya. Sungguh menyedihkan apabila ini terjadi hampir setiap hari. Berapa banyak nasi terakhir yang terbuang percuma. Sementara masih ada saudara-saudara kita yang kesulitan untuk dapat menikmati nasi. Bahkan ada yang mengumpulkan nasi-nasi di tempat sampah yang sering disebut nasi aking.

Maka itu sudah saatnya kita mulai memikirkan dan berusaha untuk mengatur porsi makan kita dan keluarga agar tidak ada lagi nasi sisa yang terbuang percuma. Coba bayangkan berapa besar energi yang terbuang percuma dari proses pemasakan nasi bila kita tidak memanfaatkannya secara efisien.

Jadi sudah saatnya kita sekeluarga mulai mengatur pola makan yang baik agar tidak ada lagi nasi yang terbuang percuma dan dianggap sebagai pemborosan energi. Satu hal adalah manfaatkan nasi yang tersisa sebelum membuat nasi yang baru. Mentang-mentang ketemu yang baru maka melupakan yang lama.

2 thoughts on “Nasi Terakhir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s