Mortar Dari Ketan: Rahasia Kekuatan Bangunan Kuno Di Cina

Mortar Utama (www.indahjayabangunan.com)

Pada jaman modern ini, para ahli bangunan sudah banyak menggunakan mortar utama sebagai bahan bangunan. Pertanyaannya adalah apakah mortar utama itu ? Mortar Utama adalah mortar (adukan semen atau campuran semen, pasir dan air) siap pakai berkualitas tinggi yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan bangunan, tidak perlu ditambah pasir lagi cukup dicampur air saja.

Baru-baru ini American Chemical Society mempublikasikan sebuah penelitian yang mengungkapkan rahasia kekuatan bangunan kuno di Cina. Ketan sebagai bahan pokok pangan di beberapa negara di Asia ternyata digunakan di Cina sekitar 1.500 tahun yang lalu sebagai bahan mortar super-kuat.

Mortar berbentuk pasta yang digunakan untuk mengikat dan mengisi kesenjangan antara batu bata, batu blok dan bahan bangunan lainnya tetap merupakan bahan terbaik yang tersedia untuk memulihkan bangunan kuno. Ahli bangunan menggunakan bahan tersebut untuk membangun struktur-struktur penting seperti kuburan, pagoda dan tembok kota. Beberapa bangunan tersebut masih tetap ada sampai saat ini.

Nasi Ketan (Credit: iStock)
Tembok Bangunan Kuno di Cina (Credit: iStock)

Peneliti Bingjian Zhang, seorang profesor di Departemen Kimia Universitas Zhejiang di Cina mengatakan campuran super-kuat dibuat dengan menggabungkan sup ketan dengan bahan mortir standar yang disebut kapur mati atau batu gamping yang telah dipanaskan sampai suhu tinggi dan dicampur dengan air.

Berdasarkan analisa studi, mortar kuno ini merupakan campuran bahan komposit organik dan anorganik khusus. Komponen anorganiknya adalah kalsium karbonat. Sedangkan komponen organik nya adalah amilopektin (sejenis polisakarida atau karbohidrat kompleks) yang berasal dari ketan sup ditambahkan ke adukan semen.

Untuk menentukan apakah ketan dapat membantu memperbaiki bangunan maka Zhang dan koleganya mempersiapkan mortar kapur yang disusun dengan berbagai jumlah ketan. Kemudian kinerja mortar campuran tersebut dibandingkan dengan mortar kapur tradisional.

Hasil pengujian dari mortar campuran menunjukkan bahwa mortar dengan ketan yang lengket memiliki sifat fisik lebih stabil, kekuatan mekanik yang lebih besar, dan lebih kompatibel sehingga sangat cocok untuk menjadi pasangan bata kuno dan dapat dipakai untuk melakukan restorasi bangunan kuno.

Bahkan mortar campuran ketan tersebut bekerja efisien sebagai agen ikatan sehingga beberapa struktur yang dibangun cukup kuat untuk menahan guncangan dari efek buldoser modern dan gempa bumi kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s