Masyarakat Amerika Serikat Mengkonsumsi Natrium Secara Berlebihan

Natrium (www.zephyrus.co.uk)

US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merilis sebuah laporan penelitian tentang besaran konsumsi natrium masyarakat Amerika Serikat pada tahun 2005-2006. Dikatakan 9 dari 10 orang dewasa di Amerika Serikat mengkonsumsi terlalu banyak natrium dalam makanan mereka. Banyaknya natrium dalam makanan tersebut kebanyakan berasal dari biji-bijian olahan seperti pizza dan kue, dan daging, termasuk daging unggas.

Orang Amerika mengkonsumsi rata-rata 3.466 miligram (mg) natrium per hari, lebih dari dua kali batas yang disarankan saat ini(kurang dari 2.300 mg sodium per hari). Biji-bijian memberikan kontribusi sebesar 36,9 persen dari total, diikuti oleh piring berisi daging, unggas, dan ikan sebesar 27,9 persen. Kedua jenis makanan tersebut memberikan kontribusi hampir dua-pertiga dari asupan natrium setiap hari. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat memberikan efek negatif, bagi kesehatan terutama peningkatan rata-rata tingkat tekanan darah. Para peneliti memperkirakan 77 persen dari natrium makanan berasal dari makanan olahan dan restoran. Misalnya roti dan kue walaupun tanpa rasa asin sekalipun.

Menurut Janelle Peralez Gunn, Analis Kesehatan Masyarakat CDC Divisi Pencegahan Penyakit Jantung dan Stroke yang juga penulis laporan penelitian tersebut bahwa memang tidak mudah untuk membatasi konsumsi natrium bagi sebagian besar masyarakat Amerika Serikat sesuai dengan batas yang direkomendasikan. Untuk itu perlu adanya kerjasama antara ahli kesehatan masyarakat, produsen makanan, pengecer dan penyedia layanan kesehatan untuk mengambil tindakan segera dalam rangka mendukung upaya masyarakat untuk mengurangi konsumsi natrium mereka.


Satu dari tiga orang dewasa Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi. Diperkirakan 90 persen orang dewasa Amerika Serikat akan mengalami tekanan darah tinggi dalam hidupnya.
Tekanan darah merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke terutama bagi orang dewasa di Amerika Serikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s