Jalan-Jalan Ke Pusat Mobil Kemayoran

Sering kali saya mendapatkan peringatan dari beberapa teman untuk tidak memperbaiki mobilnya di Pasar Mobil Kemayoran. Memang selain menjual mobil-mobil bekas, Pasar Mobil Kemayoran juga terdapat bengkel mobil, suku cadang, aksesoris dan lain-lain yang berhubungan dengan kendaraan roda empat tersebut. Hampir setiap hari lokasi tersebut ramai dikunjungi orang. Mungkin dianggap tempatnya yang strategis, komplit suku cadangannya mulai dari yang asli sampai yang palsu, banyak pilihan bengkel terutama mobil merek-merek tertentu yang belum tentu di luaran ditemui. Peta lokasinya bisa dilihat disini.

Pernah satu kali saya dan almarhum bapak  mengalami kejadian yang tidak mengenakan saat ingin memperbaiki bearing roda yang mulai haus dan harus diganti. Tetapi kami berdua dikerjai oleh oknum bengkel mobil. Bukan hanya bearing roda saja yang diganti tetapi dibongkar semua yang berhubungan dengan roda sehingga kami harus membayar lebih besar. Seperti kampas rem yang masih bagus dipaksa ganti tanpa persetujuan kami dan masih banyak lagi.

Suatu hari ada seorang teman yang ingin memperbaiki bodi mobilnya karena tabrakan dengan sepeda motor di daerah Pangandaran. Terlihat bodi dekat kap mesin mobilnya penyok dan tampaknya benturan yang terjadi keras sekali. Karena selain penyok, spion kiri mobilnya juga hancur. Untuk mengganti spion mobilnya, trman harus mengganti 2 buah kaca spionnya bila membelinya di bengkel resmi. Maklumlah mobil buatan eropa. Harga suku cadangannya mahal sekali. 1 buah kaca spion mobil eropa bisa untuk membeli sepasang mobil buatan Jepang bahkan ada kelebihannya.

Kemudian teman mengajak saya untuk memperbaiki mobilnya di Pasar Mobil Kemayoran. Saya sempat mengingatkan untuk tidak memperbaikinya di sana karena saya pernah mengalami hal yang kurang mengenakan. Tetapi teman tetap memaksa saya untuk memperbaiki mobilnya di sana. Dengan berat hati saya menuruti permintaan teman dan berharap kejadian yang dulu tidak saya alami lagi.

Sesampainya di Pasar Mobil Kemayoran, tiba-tiba kami sudah didarangi oleh beberapa orang yang kelihatannya calo di lokasi tersebut sambil menawarkan dengan sedikit memaksa. Tetapi saya tetap tidak memperdulikan tawaran mereka. Saya dan teman memarkir mobil persis di depan bengkel khusus mobil buatan Jerman. Teman dan saya berusaha bertanya kepada pemilik bengkel. Oleh pemiliki bengkel direkomendasikan kepada kenalannya yang memang ahli untuk memperbaiki bodi mobilnya yang bengkok. Tetapi setelah melalui tawar menawar harga, teman membatalkannya karena harga reparasinya terlalu mahal. Sementara itu sudah ada beberapa orang yang memperhatikan kami dengan mata calang.

Baru saja saya dan teman akan meninggalkan bengkel tersebut dan bermaksud untuk pulang tiba-tiba dari belakang saya terdengar orang yang memangil saya. Langsung saja saya berpaling ternyata seorang pria berumur sekitar 30 tahunan. Betapa terkejutnya saat melihatnya. Ternyata Kang Andri, anak buah Uyut saya yang sering menghadiri acara kliwonan di padepokan Galeuh Pakuan Pajajaran Sumedang.

” Sampurasun “

” Rampes “

” Ada apa Cech. Kok main kesini “

” Ini… saya sedang menemani teman yang ingin memperbaiki mobilnya yang penyok akibat tabrakan. Tapi kelihatannya teman kurang cocok dengan ongkos yang ditawarkan “

” Ohhhh gitu. Ya sudah Cech. mari ikut saya sekalian tahu tempat saya “

” Lho, memangnya kamu kerja disini “

” Sudah ikut saja. Nanti Cech tahu sendiri “

Kemudian kami bertiga dengan mobil teman menuju tempat kerja Andri dimana lokasinya tidak jauh dari mobil diparkir. Sebuah tempat sederhana dan menyempil tapi kanan kirinya tempat usaha Andri hampir kebanyakan bengkel mobil kecil. Tetapi masing-masing memiliki kekhususan dalam penanganan dalam memperbaiki mobil. Ada yang khusus knalpot, kabel-kabel listrik mobil, mesin dan tune up, ban, ketok magic, ban dan lain-lain.

” Nah ini tempat usahaku, Cech. Maaf ya kalau kurang berkenan hehehe apalagi kalau hujan maka air hujan akan tempias membasahi tempat ini “

” Ahh tidak apa-apa, Dri “

” Mau minum apa Cech “

” Apa saja lah, tapi kopi kelihatannya oke nih “

” Tunggu sebentar ya Cech. Sekalian temannya disuruh duduk Cech “

Gedung di sekitar Pasar Mobil Kemayoran (doc.cech)

Beberapa menit kemudian Andri datang bersama 3 orang temannya. Andei memperkenalkan ketiga temannya tersebut. Ternyata mereka mempunyai keahlian memperbaiki bodi mobil. Setelah melihat bodi mobil teman yang rusak kemudian teman melakukan tawar menawar. Teman sempat kaget setelah mengetahui ongkos perbaikan tersebut. Ternyata jauh lebih murah dibandingkan dengan penawaran di bengkel mobil yang pertama.  Akhirnya teman menyetujui agar mobilnya segera diperbaiki.

Suasana di sekitar bengkel (doc.cech)
doc.cech
Bodi mobil yang sedang diperbaiki (doc.cech)

Andri menjelaskan kepada saya kalau di lokasi tersebut harus pintar-pintar menawar dan teliti. Kalau punya teman malah lebih baik lagi karena tidak akan dikerjai oleh calo-calo di lokasi tersebut. Rupanya Andri dan teman-temannya mempunyai komunitas tersendiri di lokasi tersebut. Masing-masing sudah diatur dengan baik dan disesuaikan dengan keahlian. Perlu diketahui Andri mempunyai keahlian khusus mesin dan tune up maka saat ada ada pelanggan yang ingin memperbaiki ban (spooring & balancing). Andri tinggal membawanya ke bengkel temannya yang mempunyai keahlian khusus ban. Setiap anggota sangat mematuhi aturan main yang dibuat.

Salah seorang teman Andri yang mempunyai keahlian khusus knalpot (doc.cech)
Bengkel khusus knalpot (doc.cech)
Seorang pengangguran yang dipekerjakan untuk bantu-bantu (doc.cech)

Beberapa orang sempat saya wawancarai ternyata ada juga orang yang tadinya menganggur diajak bekerja walau pekerjaannya hanya sekedar mengamplas bodi. Dari pada menganggur lebih baik kerja dan bisa membantu keluarga di rumah. Itulah prinsip hidup di komunitas tersebut.

Tanpa terasa 3 jam berlalu bodi mobil telah diperbaiki dan tampilannya sudah kembali seperti semula. Tinggal melakukan pengecatan dan pekerjaan pengecatan bisa dilakukan apabila dempul bodinya telah kering sekali. Setelah menunggu 40 menit, bodi mobil yang diperbaiki dilakukan pengecatan.  Kalau dihitung-hitung dari pengerjaan awal sampai finishing maka dibutuhkan waktu sekitar 5-6 jam. Perlu diketahui juga selama waktu itu Andri tidak menemani kami terus karena diapun mendapatkan orderan mesin dari temannya dari komunitas di lokasi tersebut.

Cuaca cerah dengan terik matahari menyengat yang membantu proses pengeringan cat (doc.cech)
Finishing (doc.cech)
Finishing (doc.cech)

Akhirnya kami berdua pamit diri  kepada Andri dan teman-temannya dengan sebuah pesan dari mereka ” Pak kalau kurang puas balik saja kemari. Gratis hehehe “.  Mereka adalah saudara-saudaraku.

2 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Pusat Mobil Kemayoran

    1. saya ga tau nomor teleponnya tapi yang saya ingat andri ada di dalam khusus tempat ketok magic, cat duco mas las mobil. coba aja ke sana apakah andri masih ada di sana. terima kasih

Tinggalkan Balasan

