Banyak Teman = Panjang Umur

Latihan fisik dan berhenti merokok dianggap langkah penting untuk kehidupan yang  sehat  tapi sebuah studi baru menunjukkan cara lain yang berpotensi untuk memperpanjang jangka hidup yaitu  mempunyai banyak teman.

fsthevanie.wordpress.com/2009/11/14/585/

Jurnal PLoS Medicine edisi bulan Juli 2010 merilis sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan hubungan sosial yang kuat dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk bertahan hidup selama periode waktu tertentu sekitar 50 persen. Itu setara dengan berhenti merokok dan hampir dua kali lebih bermanfaat  dibandingkan  aktivitas fisik dalam hal penurunan peluang Anda untuk mati lebih awal.

Hasil studi menggarisbawahi betapa pentingnya persahabatan bagi  kesehatan kita. Peneliti studi Julianne Holt-Lunstad, seorang psikolog di Universitas Brigham Young di Utah  mengatakan temuan ini sangat meyakinkan bahwa hubungan sosial mempunyai peranan penting dalam hal mengurangi resiko kematian.

Para peneliti memeriksa 148 penelitian yang menyelidiki hubungan antara hubungan-hubungan sosial dan mortalitas. Studi melibatkan lebih dari 308.000 total peserta, dan peserta yang dipantau  selama 7,5 tahun.

Penelitian hubungan sosial ini diukur dalam beberapa cara. Beberapa hanya melihat ukuran jaringan sosial seseorang atau apakah mereka menikah atau hidup sendiri. Selain itu  dinilai persepsi masyarakat tentang hubungan mereka, seperti apakah mereka merasa atau tidak  bahwa  orang lain yang berada di jaringan sosial  berguna untuk mereka. Orang lain masih  melihat bagaimana orang terintegrasi dalam jaringan sosial atau komunitas.

Secara keseluruhan, skor yang tinggi  dalam pengukuran tersebut menunjukkan hubungan sosial yang kuat berkaitan  dengan meningkatnya peluang bertahan hidup. Hasil diselenggarakan tanpa melihat usia,  jenis kelamin,  status kesehatan dan penyebab kematian.

Hubungan sosial dapat mempengaruhi kesehatan  dalam berbagai cara. Misalnya kita menemukan masalah yang berpotensi menimbulkan stres dalam hidup, jika kita mengetahui  adanya orang yang bisa diandalkan  maka masalah segera dapat diatasi sebelum terjadinya stres.

Persahabatan juga dapat mendorong perilaku sehat (dan tidak sehat) yang memiliki dampak langsung terhadap kesejahteraan. Sebagai contoh teman-teman  bisa mendorong kita untuk makan yang sehat, olahraga, tidur yang cukup dan rajin mengunjungi dokter untuk memeriksa kesehatan

Kaitannya dengan perspektif kesehatan masyarakat,  profesional perawatan kesehatan dapat mempertimbangkan untuk memberikan rekomendasi atau promosi hubungan sosial yang lebih baik kepada masyarakat. Rumah sakit dan staf klinik juga dapat melibatkan pasien mereka dalam jaringan sosial selama proses pemulihan

Protected by Copyscape Originality Check

2 thoughts on “Banyak Teman = Panjang Umur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s