Seks Dan Pertumbuhan Otak

http://www.loni.ucla.edu

Jurnal online  PLoS ONE edisi 14 Juli 2010 merilis sebuah temuan dari para ilmuwan Princeton University yang menyatakan bahwa ternyata seks bisa membantu pertumbuhan otak. Penelitian ini diuji cobakan kepada tikus.

Temuan masa lalu telah menunjukkan bahwa stres bisa menahan pertumbuhan sel otak pada orang dewasa. Peneliti mempelajari efek seks pada tikus untuk melihat apakah seks bisa  menyenangkan meskipun mengalami stres dimana bisa memiliki efek balik.

Para ilmuwan bertindak sebagai mak comblang dengan memberikan akses tikus jantan dewasa untuk menemui tikus betina  seksual reseptif baik sekali sehari atau  dua minggu sekali selama dua minggu. Mereka juga mengukur kadar hormon stres yang dikenal sebagai glukokortikoid, yang dicurigai  oleh para peneliti memiliki dampak merugikan di belakang hari sehingga  otak menyimpannya sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan.

Bila dibandingkan dengan pejantan tulen, kedua kelompok tikus aktif seksual telah mengalami proliferasi sel (peningkatan jumlah neuron) dalam hippocampus, bagian dari otak yang terkait dengan memori dimana sel sangat sensitif terhadap pengalaman yang tidak menyenangkan. Tikus-tikus yang lebih aktif melakukan  seks, ternyata memiliki pertumbuhan sel-sel otak dewasa dan peningkatan jumlah koneksi antara sel-sel otak.

Namun tikus jantan yang hanya melihat tikus betina sekali dalam dua minggu memiliki kadar hormon stres.  Sedangkan tikus jantan yang memiliki akses rutin tidak menunjukkan peningkatan hormon stres.  Temuan ini menunjukkan bahwa hormon stres dapat merusak otak. Efek ini bisa diatasi jika dipicu oleh pengalaman mereka yang sangat menyenangkan.

Protected by Copyscape Website Copyright Protection

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s