Kemampuan Jus Cranberry Melawan Bakteri E. Coli

Cranberry (www.juicesquad.com/youth-juice-blog/)

Siapa saja yang mengalami infeksi saluran kemih mungkin telah mendengar tentang  rumah obat  jaman dulu  menyarankan untuk meneguk jus cranberry. Pengetahuan tentang cranberry ini sangat berguna melawan bakteri yang menyebabkan infeksi terutama penggunaan  resep antibiotik  secara   berlebihan melawan kekuatan strain baru  bakteri resisten  untuk   berkembang.

Jurnal Molecular Nutrition & Food Research tanggal 21 Juni 2010 mempublikasikan tentang sekelompok peneliti di Worcester Polytechnic Institute, di Worcester, Massachusetts menyelidiki pertarungan  berskala nano antara jus cranberry dan bakteri penyebab  infeksi.

Bakteri bertanggung jawab atas lebih dari 95 persen infeksi saluran kemih yaitu sebuah strain patogen mirip dengan bakteri E. coli  dan  ditemukan di bagian bawah usus. Strain E. coli bermasalah membawa fimbriae (jangkar bakteri) pada permukaan sel saluran kemih. Kalau bukan karena fimbriae ini, aliran urin akan mencuci bersih bakteri ke luar. Tapi begitu mereka menempel  di dinding saluran kencing maka mereka segera mulai bereproduksi.

Terri Camesano, seorang profesor teknik kimia dan penulis utama studi tersebut mengatakan sel-sel bakteri dapat berlipatganda dalam waktu satu jam. Ini hanya membutuhkan waktu sebentar untuk menyebabkan infeksi.

Karakteristik obat cranberry telah direkam sejak 1620. Setelah studi klinis  pada tahun 1923, para ilmuwan telah berpikir salah  dengan mengatakan asam pada jus cranberry  dapat meningkatkan keasaman urin dan menciptakan suatu lingkungan di mana bakteri tidak dapat bertahan. Tidak sampai tahun 1980-an peneliti menyadari bahwa keasaman cranberry tidak cukup kuat untuk membunuh E. coli.

Hasil studi Camesano menunjukkan bahwa jus cranberry memblokir  fimbriae E. Coli untuk menempel pada sel-sel saluran kemih. Cranberry mengandung banyak zat kimia yang disebut sebuah proantosianidin (PAC). Fungsi PAC sebagai  “perisai” yang memaksa fimbriae untuk menggumpal sehingga mereka tidak dapat melekat  pada permukaan sel di saluran kemih.

http://www.walletpop.com/specials

Untuk menguji kekuatan “perisai” jus cranberry  maka Camesano dan tim penelitinya menggunakan  penyelidikan kecil di sebuah mikroskop berekuatan atom yang memiliki kemampuan untuk merasakan interaksi terkecil antara sel-sel. Mereka mengukur kekuatan ikatan antara bakteri penyebab infeksi saluran kemih dan sel-sel pada koktail jus cranberry berbeda konsentrasi  yang dijual secara komersial.

Pengukuran mikroskop menunjukkan bahwa konsentrasi koktail jus cranberry yang meningkat mengakibatkan gaya memegang satu bakteri ke sel saluran kemih menurun. Para peneliti menyimpulkan koktail jus cranberry lebih  mampu  mengurangi kemampuan  fimbriae E. coli untuk melekat pada permukaan sel saluran kemih.

Tapi jus cranberry PAC tidak dapat benar-benar memaksa E. coli fimbriae untuk menggumpalkan ketika mereka sudah melekat pada sel saluran kencing, Camesano kata.

Terri Camesano, juga menyatakan bahwa tampaknya jus Cranberry  lebih efektif untuk mencegah infeksi bakteri masa depan daripada mengobati yang sudah ada.

Kini tim ini melihat bagaimana  jus cranberry mempengaruhi strain yang resisten terhadap antibiotik infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh E. coli. Ada efek anti-perekat yang sama terjadi dengan bakteri resisten. Bahkan jika resep antibiotik tidak bisa membunuh bakteri maka PAC masih dapat  mencegah fimbriae melekat pada sel saluran kemih.

Jadi bagi orang yang rentan terhadap infeksi saluran kemih sebaiknya menyimpan beberapa koktail  jus cranberry  dalam setiap perjalanannya.

Protected by Copyscape Plagiarism Software

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s