Tristan Lecomte : Perdagangan Yang Adil (Fair Trade) Di Dunia

Illustration by Joe Ciardiello for TIME

Mungkin bagi sebagian besar orang,  Tristan Lecomte adalah nama yang asing.  Tapi bagi yang mengetahui sepak terjangnya dalam memperkenalkan  konsep Fair Trade di dunia maka banyak orang yang akan mengaguminya. Baru baru ini Tristan Lecomte termasuk dalam ” 100 Orang Berpengaruh Di Dunia Tahun 2010  ” versi Time.com.

Pria berusia 36 tahun dan berkebangsaan Perancis ini telah memberikan inspirasi bagi dunia mengenai Perdagangan Yang Adil (Fair Trade) bagi negara berkembang dan miskin di dunia. Lecomte mengatakan sebenarnya hidup di dunia ini saling bergantung. Konsep ketergantungan inilah dianggap masuk akal dalam menjalankan bisnis.

Sebagai visioner di bidang perubahan sosial, Lecomte telah mengabdikan hidupnya untuk mempromosikan sistem perdagangan global yang menginspirasi perubahan positif dalam kehidupan baik produsen dan konsumen. Seorang pelopor dalam etika, Lemcote memperkenalkan bisnis yang saling menguntungkan secara sosial. Perusahaan yang diakui secara internasional seharusnya berdasarkan visi Perdagangan Yang Adil (Fair Trade)  dan pembangunan sosial-ekonomi.

Pada tahun 1998 Lemcote  mendirikan Alter Eco (merek makanan tradisional), yang terkenal dengan Fair Trade, Organik, dan Karbon Netral di Perancis.  Lecomte  bergerak  untuk membantu produsen dan konsumen pada tingkat yang paling fundamental yaitu  petani, kebebasan untuk mendapatkan upah yang wajar dan memulihkan kebanggaan mereka terhadap pekerjaan dan kehidupannya. Dan bagi konsumen, memungkinkan mereka mendapatkan kebebasan untuk mengetahui asal barang yang mereka  beli dan dapat memilih produk secara otentik, transparan, sehat, dan  lezat. Pada tahun 2005, bisnis Lemcote ini  berhasil melebarkan sayapnya  ke Amerika Serikat yang beroperasi dari  San Francisco, California. Bersama  teman dan rekan pendiri Alter Eco, Mathieu Edouard Rollet Senard (COO dan CEO Alter Eco Amerika Serikat), keduanya sangat bangga dengan keberhasilan tersebut dan senang untuk memainkan peran integral dalam bisnis yang berkelanjutan, etis, dan bervisi Fair Trade.

Tristan Lecomte, Founder Pure Planet (www.mypureplanet.org)

Pada tahun 2008, Lecomte muncul sebagai Pendiri dan CEO Pure Project/Pure Planet, sebuah konsultan  kolektif  proyek penghijauan berkelanjutan, evaluasi tapak karbon, dan keseimbangan karbon . Dalam kemitraan dengan 60 koperasi perdagangan yang adil di 30 negara di seluruh dunia, konsultan kolektif terdiri dari lebih dari setengah lusin mitra, bekerja sama dengan petani untuk mengembangkan proyek-proyek agro-forestry yang selanjutnya dijual sebagai kredit karbon, menciptakan pendapatan tambahan bagi masyarakat setempat sekaligus  memerangi perubahan iklim (global warming). Pure Project/Pure Planet telah menanam 2.000.000 pohon dan memiliki tujuan untuk  menanam total 12 juta pohon pada akhir tahun 2012.

“Penghargaan ini benar-benar pengakuan sistem  secara keseluruhan, bukan individu. Tanpa ribuan petani fair trade yang luar biasa, kegairahan dan dedikasi konsumen, atau mitra kolaboratif  jenius saya maka kami tidak akan ada disini pada hari ini. Ini adalah pekerjaan saya. Dengan  dipilihnya saya sebagai ” 100 Orang Bepengaruh Di Dunia” versi Time maka saya ingin mengatakan bahwa jalan yang kita pilih adalah dengan membuat tanda pada dunia. Saya sangat berterima kasih. ”

Protected by Copyscape Duplicate Content Check

3 thoughts on “Tristan Lecomte : Perdagangan Yang Adil (Fair Trade) Di Dunia

  1. Ternyata di alam yang terkenal dengan hukum rimbanya ini masih ada sistem yg memberlakukan prinsip fair trade yang bisa diterapkan secara nyata ya
    Selama ini saya mengira kalau orang2 lurus dan bersih itu akhirnya selalu bakal tersingkir, dikalahkan oleh para ‘pedagang’ yang pandai bermain strategi dan manipulasi…ternyata saya keliru ya

    1. ternya Allah telah membuka mata kita kalau kita ini adalah warga dunia dan tidak dibatasi oleh sekat2, Ternyata benar apa yang dikatakan oleh Rasuk, carilah ilmu sampai kenegeri Cina yang sebetulnya bermakna dunia milik Allah itu luas dan kita bisa berkreasi dimana kita suka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s