Efek Kupu-kupu Dan Pemalsuan Uang Kertas

Para ilmuwan telah melakukan reproduksi secara brilian efek optik terhadap  sayap kupu-kupu tropis. Penemuan ini bisa menurunkan penipuan bank dengan meningkatkan keamanan dalam pencetakan uang kertas. Efek kupu-kupu dapat digunakan untuk mengenkripsi informasi tentang uang atau barang berharga lainnya dan mengurangi pemalsuan. Penemuan ini dirilis oleh Jurnal Nature Nanotechnology edisi bulan Juni 2010.

Peneliti Mathias Kolle dari Universitas Cambridge, mengatakan potongan  hijau mengkilap pada skala sayap kupu-kupu tropis ini adalah contoh yang menakjubkan dari kecerdikan alam dalam desain optik.  Terlihat dengan peralatan optik yang tepat ini muncul berwarna biru terang, tetapi dengan mata telanjang tampak berwarna  hijau. Replikasi ilmuwan sangatlah jelas bahwa perubahan warna  pada kupu-kupu dan serangga lainnya terjadi bukan karena pengaruh pigmen, tetapi lebih sebagai akibat pantulan cahaya dari struktur mikroskopis pada sayap serangga.

The bright green wings of the butterfly (P. blumei) result from the mixing of the different colors of light that are reflected from different regions of the scales found on the wings of these butterflies. Credit: Mathias Kolle, University of Cambridge

Untuk mengetahui kemampuan visual, Kolle dan koleganya mempelajari kupu-kupu merak Indonesia atau  Swallowtail (Papilio blumei) dimana sayapnya dibuat dalam skala kecil (sebuah struktur rumit yang menyerupai bagian dalam karton telur). Bentuk struktur,  lapisan kutikula dan struktur  mantel udara memungkinkan berbagai daerah itu untuk melakukan refleksi dan mencampur warna cahaya.

Dengan menggunakan bahan buatan dan teknik nano khusus, tim menciptakan permukaan yang identik dengan sayap Swallowtail dan melihat kemiripannya untuk  menghasilkan warna hidup yang sama. Kemiripan ini membuka “salah satu rahasia alam” yaitu kemampuan untuk menunjukkan sebagai dua warna sekaligus dapat menjadi ciri penting bagi kupu-kupu berevolusi.

Kolle mengatakan jika mata seekor kupu-kupu melihat sesamanya maja yang terlihat warna biru terang tetapi predator jupu-kupu hanya melihat bercak hijau di lingkungan tropis hijau sehingga kupu-kupu dapat bersembunyi dari serangan predator pada saat yang sama.

Sekarang para ilmuwan  dapat mengambil efek enkripsi diri ini melalui permainan warna pada permukaan uang kertas bank. Struktur buatan ini dapat digunakan untuk mengenkripsi informasi dalam tanda tangan optik pada uang kertas atau barang berharga lainnya untuk melindungi mereka dari kasus pemalsuan. Para ilmuwan  masih perlu memperbaiki sistem yang ada. Di masa depan para ilmuwan dapat  melihat struktur berdasarkan terangnya sayap kupu-kupu  dari uang kertas  £ 10 atau paspor.

Protected by Copyscape Duplicate Content Detector

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s