Mengapa Harus Merah ?

meetabied.wordpress.com/2009/11/

Warna merah sering diidentikkan sebagai  tanda kekuasaan dan gairah. Jadi beberapa perempuan tanpa pikir panjang mengenakan pakaian warna merah biar dikatakan lebih menarik oleh para laki-laki. Tapi menurut penelitian terbaru  yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology: General edisi Agustus 2010 menyarankan, bagaimanapun warna merah tidak hanya diperuntukkan bagi perempuan. Ternyata banyak  perempuan  di Amerika Serikat, Jerman dan Cina menyatakan bahwa   pria yang mengenakan warna merah atau dibingkai merah  lebih menarik dan diinginkan  dibandingkan dengan warna lain.

Peneliti studi  Andrew Elliot dari University of Rochester dan Universitas Munich, mengatakan biasanya merah  dianggap sebagai warna yang seksi untuk perempuan saja tapi  temuan tersebut menunjukkan bahwa hubungan antara merah dan seks  berlaku juga  untuk laki-laki. Dalam pengkajian serupa yang diterbitkan Journal of Personality and Social Psychology tahun 2008, Elliot juga menemukan  warna merah yang dikenakan perempuan dapat memberikan imajinasi liar bagi laki-laki.

Tiger Woods bisa berhasil menggaet banyak perempuan tiap Minggunya, berdasarkan ilmiah kemungkinan disebabkan oleh kebiasaannya selalu memakai baju merah pada setiap pertandingan golf.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science pada tahun 2008 menemukan banyak wasit yang bias  penglihatannya dan  kerap mendukung kepada atlet yang memakai merah. Penelitian ini juga menyatakan bahwa dalam pertandingan tae kwon do, atlet yang mengenakan pakaian warna merah cenderung  didukung oleh para penonton  sehingga  mengumpulkan lebih banyak nilai dibandingkan dengan atlet yang mengenakan pakaian warna biru.

Antropolog Russell Hill dan Robert Barton dari Universitas Durham di Inggris juga menemukan bahwa atlet yang memakai warna merah memiliki  probabilitas yang lebih tinggi untuk memenangkan pertandingan  di berbagai cabang olahraga. Para ilmuwan memeriksa satu per satu cabang  olahraga di Olimpiade  Musim Panas Athena, Yunani tahun 2004, termasuk tinju, tae kwon do, gulat Yunani-Romawi dan gulat gaya bebas. Secara acak penelitian dilakukan terhadap atlet yang mengenakan pakaian dan pelindung gigi baik yang berwarna merah atau biru. Dalam 16 dari 21 putaran, para atlet berpakaian merah menang.

Para peneliti mengatakan adanya  persepsi kita terhadap merah memiliki dasar evolusi. Penelitian terakhir telah menunjukkan merah  mempunyai korelasi  dengan dominasi laki-laki dan tingkat testosteron pada hewan. Pada manusia, “kemarahan dikaitkan dengan kemerahan pada kulit karena aliran darah meningkat, sedangkan rasa takut dikaitkan dengan peningkatan warna pucat pada  situasi yang mengancam.  Dengan demikian reaksi bawah sadar atlet  menempatkan mereka pada posisi yang kurang menguntungkan ketika melihat lawan mengenakan merah.

Namun warna  merah dapat berdampak negatif terhadap hasil tes  orang-orang yang melakukan tes penting  seperti tes IQ atau ujian. Mereka mengaitkan  warna merah  dengan kesalahan dan kegagalan. Seharusnya mereka menyadarinya sehingga hasil tes yang diperoleh tidak buruk.

Protected by Copyscape Duplicate Content Check

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s