The Ghost and the Darkness : Legenda Singa Tsavo

Kemarin tanpa disengaja saya melihat sebuah iklan film di stasiun televisi. Terus terang saya merasa terkejut dengan akan ditayangkannya film tersebut karena sudah lama saya memperhatikan belum ada stasiun televisi nasional  yang pernah menayangkannya. Film yang berjudul The Ghost and The Darkness ini merupakan salah satu film favorit saya selain Band of Brothers, Saving Private Ryan, Patton, dan lain-lain. Film ini dirilis pada tahun 1996.

Film-film  bergenre kisah nyata (true story) adalah jenis film yang paling saya sukai. Apapun temanya pasti saya akan menontonnya. Film The Ghost and The Darkness berkisah tentang perjuangan seorang Insinyur militer asal Irlandia bernama Kolonel John Henry Patterson dalam menghadapi singa-singa buas dan ganas di daerah Tsavo, Kenya yang telah memakan banyak korban pekerja kontrak proyek pembangunan jalur rel kereta api  African Uganda-Mombasa pada tahun 1898.

Kolonel Patterson sengaja dipilih oleh Sir Robert Beaumont, pemodal utama dari proyek kereta api di Tsavo, Afrika karena keahlian dalam hal proyek pembangunan apapun. Terakhir Patterson berhasil menyelesaikan pekerjaan proyek pemerintah Kerajaan Inggris  di India. Selain itu Patterson pernah berhasil membunuh seekor singa India yang buas dan meresahkan masyarakat di sekitar proyeknya.

Atas dasar prestasi Patterson yang gemilang itulah maka Sir Raobert Beaumont memintanya untuk menyelesaikan pembangunan jalur kereta api yang sempat  terhenti  gara-gara adanya gangguan  singa Tsavo sehingga merugikan secara finansial dan menghambat jadwal pembangunan tersebut.

Patterson memulai perjalanan dengan kereta api menuju Tsavo, di mana ia bertemu supervisor projek, Angus Starling dan Samuel, seorang Afrika asli (dan narator film ini), dan seorang dokter, David Hawthorne. Hawthorne mengatakan Patterson tentang adanya serangan singa baru-baru ini. Maka malam itu, Patterson berhasil membunuh singa yang mendekat dengan satu tembakan, dan ia mendapatkan rasa hormat dari para pekerja.

Proyek ini akhirnya akan kembali sesuai jadwal. Namun, tidak lama kemudian Mahina, mandor konstruksi, ini diseret dari kemahnya di tengah malam dan tubuhnya setengah dimakan ditemukan keesokan harinya. Patterson kemudian mencoba berburu singa pada waktu malam, tapi keesokan paginya pekerja lain ditemukan tewas di ujung perkemahan Patterson.

Tak lama kemudian, dua ekor singa menyerang kamp di tengah hari dan membunuh Starling. Patterson mencoba untuk membunuh mereka, tetapi kedua singa tersebut berhasil  melarikan diri. Samuel menjelaskan bahwa belum pernah ada sepasang singa menyerang secara bersamaan karena  sebelumnya singa selalu bekerja  sendirian.

Para pekerja yang dipimpin oleh Abdullah balik menuduh Patterson sebagai penyebab serangan kedua singa tersebut. Para pekerja menjuluki kedua singa tersebut dengan nama  “Roh dan Kegelapan” karena terkenal dengan metode penyerangannya. Akibatnya pekerjaan berhenti di jembatan untuk melawan singa. Beaumont mengatakan kepada Patterson kalau reputasinya akan rusak apabila pembangunan  jembatan tidak diselesaikan tepat waktu. Beaumont juga mengatakan akan menghubungi Remington, seorang  pemburu terkenal untuk membantu tugas Patterson.

Kemudian, Remington tiba dengan prajurit suku Maasai yang terkenal terampil dalam  membunuh singa. Upaya awal mereka gagal ketika pistol Patterson dipinjam dari Dr Hawthorne tidak mengenai sasaran. Akhirnya para prajurit suku Maasai memutuskan untuk pergi, tapi Remington menawarkan diri  tetap  tinggal di kamp untuk membantu Patterson.

Selanjutnya Remington membangun sebuah rumah sakit baru bagi semua korban singa. Sedangkan rumah sakit lama dijadikan sebagai tempat  umpan  untuk menarik singa. Namun dengan pintarnya kedua ekor singa tersebut berhasil mengakali Remington  dan menyerang rumah sakit baru dimana semua pasiennya dan Dr Hawthorne ikut terbunuh. Akibat dari penyerangan kedua singa tersebut adalah Abdullah dan seluruh pekerjanya segera pergi dan meninggalkan Patterson, Remingtion, dan Samuel.

Pada malam harinya, Remington berhasil membunuh salah satu singa dengan menggunakan Patterson dan babon sebagai umpan. Tetapi keesokan paginya, Patterson menemukan sisa tubuh Remington  setelah  seekor singa  menyeret Reminton dari kemahnya dan membunuhnya. Patterson  sangat berduka   dengan kematian Remington.

Dalam kondisi putus asa, Patterson memutuskan untuk segera mengakhiri  pertumpahan darah ini.  Kemudian  Patterson membakar rumput tinggi sekitar kamp untuk  memancing singa menuju kamp di mana ia berharap untuk menyergap itu.

Setelah berjuang lama, Patterson berhasil membunuh singa di luar perkemahannya. Keberhasilan Patterson tersebut  memberikan dampak yang baik yaitu kembali bekerja  Abdullah dan  orang-orangnya   ke kamp sehingga  pembangunan  jembatan  dapat selesai tepat waktu. Film ini diakhiri dengan narasi oleh Samuel yang mengatakan saat ini singa yang berhasil dibunuh oleh Patterson tersebut  dipamerkan di Museum Field di Chicago, Illinois.

” Jika Anda berani bertatapan dengan singa-singa tersebut, maka Anda akan merasa ketakutan.”

The Ghost and The Darkness : Legenda Singa Tsavo (www.airliners.net)

Film ini disutradarai oleh Stephen Hopkins dan  dibintangi oleh Val Kilmer, Michael Douglas, John Kani, Brian McCardie, Emily Mortimer. Anda dapat menikmati film ini di Trans TV pada pukul 22.00 WIB (7/8/2010)

Protected by Copyscape Plagiarism Checker

9 thoughts on “The Ghost and the Darkness : Legenda Singa Tsavo

  1. Kalo saya baru aja nonton di trans tv juga,,film lama yg baru pertama kali saya tonton,,,,film nya bagus,,,trus langsung searching tentang film ini,,,next maw searching tentang legenda singa tsavo….hehee

    Makasih artikel nya,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s