Makanan Hewan Peliharaan Dan Wabah Salmonella Di AS

Untuk menghindari penyakit yang bertalian dengan makanan, jangan sekali-kali  memberi makan hewan peliharaan  anda di dapur. Demikianlah saran para peneliti dari Centers for Disease Control and Prevention yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics edisi minggu ini bahwa 79 orang yang terkena wabah Salmonella  antara tahun 2006- 2008 disebabkan oleh terkontaminasinya makanan kering hewan peliharaan. Setengahnya, infeksi ini menyerang  anak-anak. Kasus salmonella ini adalah yang  pertama kali  dikenal manusia terkait dengan makanan kering untuk anjing dan kucing.  Casey Barton Behraveshah,   CDC epidemiologi veteriner mengatakan wabah ini ini benar menimbulkan keprihatinan bagi manusia terutama untuk anak-anak bahwa makanan kering hewan peliharaan  menjadi sumber penyakit yang tidak dikenal sebelumnya.

http://www.cdc.gov/mmwr/preview

Menurut CDC,  Salmonella adalah bakteri yang menyebabkan demam, diare dan kram perut. Bakteri ini disebarkan melalui kontak dengan kotoran hewan atau konsumsi makanan yang terkontaminasi dengan kotoran. Kebanyakan orang bisa sembuh dari infeksi salmonella tanpa pengobatan, , tetapi penyakit ini dapat fatal bagi anak-anak dan lanjut usia.

Sekelompok kasus salmonella pertama kali datang dan menjadi perhatian  Departemen Kesehatan Pennsylvania pada tahun 2006. Semua infeksi adalah strain tertentu dari bakteri yang dikenal sebagai Salmonella Schwarzengrund, tapi penyelidikan awal tidak menemukan kesamaan lain di antara mereka yang terinfeksi.

Kemudian pada tahun 2007 muncul lebih banyak lagi kasus Salmonella tersebut. Kali ini pejabat Departemen Kesehatan Pennsylvania menghubungi CDC. Bersama dengan Departemen Kesehatan Pennsylvania dan Ohia, FDA,  peneliti CDC mulai mewawancarai  keluarga yang terkena  wabah Salmonella dan keluarga  yang tidak sakit dalam satu lingkungan terdekat. Akhirnya para peneliti segera menemukan  sebuah benang merah yaitu adanya hubungan yang erat antara kepemilikan hewan peliharaan di sebuah keluarga dengan kasus Salmonella.

Karena makanan hewan biasanya mengandung daging dan daging dapat membawa salmonella maka  para peneliti mengalihkan perhatiannya kepada makanan anjing dan  kucing sebagai petunjuk. Mereka menemukan berbagai merek, tapi banyak nomor yang tertera pada kantong makanan ditelusuri kembali ke fasilitas manufaktur umum di Pennsylvania milik Mars Petcare AS

Para peneliti menemukan kontaminasi salmonella di ruang bumbu dari pabrik, tempat dimana makanan kering disemprot dengan penambah  rasa sebelum dikemas. Perusahaan secara sukarela melakukan penarikan kembali  makanan hewan peliharaan lebih dari 23.000 ton pada tahun 2007.  Ketika wabah berlanjut di tahun 2008, Mars Petcare AS menarik semua produknya  dan akhirnya pabrik ditutup.

Barton Behravesh mengatakan Salmonella bisa melompat dari makanan hewan ke manusia dalam beberapa cara.  Hewan peliharaan  dapat menumpahkan salmonella dalam kotoran mereka dalam waktu  12 minggu setelah infeksi. Bahkan anjing sendiri tidak menunjukkan gejala sakit.  Mungkin anak-anak bermain dengan makanan hewan, meletakkan tangan mereka atau memakan makan hewan tersebut ke dalam mulut mereka. Tetapi berdasarkan wawancara, para peneliti mengungkapkan laporan yang sama yaitu anak-anak yang  bermain dengan atau mencicipi makanan hewan di kedua rumah tangga yang terinfeksi dan tidak terinfeksi menunjukkan sesuatu kejadian yang berbeda.

Apakah memberikan makan hewan peliharaan di dapur menjadi salah satu prediktor dalam kasus wabah Salmonella ini ? Ternyata  untuk anak di bawah usia 2 tahun, makan hewan peliharaan di dapur meningkatkan risiko infeksi sekitar empat kali lipat. Kemungkinan besar bakteri salmonella terjadi peningkatan jumlah pada mangkuk kotor  hewan peliharaan, membuat kontaminasi silang dan infeksi lebih mungkin.

Meskipun jumlah kasus wabah   kecil tetap diperlukan  kehati-hatian.  Para peneliti merekomendasikan untuk mencuci tangan setelah kontak langsung dengan hewan peliharaan atau makanan hewan. Mangkuk makan hewan dan lokasi makan secara teratur dilakukan desinfeksi dan mangkuk makanan  harus dicuci di luar

Mars Petcare pabrik AS telah  ditutup tapi kemungkinan kontaminasi salmonella dalam makanan hewan dapat terus  berlangsung. Pada tanggal 30 Juli 2010 Proctor & Gamble mengeluarkan pengumuman untuk menarik produk IAMS  dan  makanan anjing Eukanuba karena adanya  kekhawatiran terhadap kontaminasi salmonella  di salah satu pabrik mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s