Deep Brain Stimulator Dapat Meningkatkan Memori Penderita Alzheimer

Alzheimer's Disease (buckeyepsych.wordpress.com/2009)

Penyisipan sebuah alat  Deep Brain Stimulator (DBS)  dapat meningkatkan memori dan fungsi untuk pasien dengan penyakit Alzheimer. Deep Brain Simulator adalah sebuah perangkat serupa dengan alat pacu jantung untuk otak. Penelitian terbaru yang dirilis oleh jurnal  Annals of Neurology edisi bulan Agustus 2010 menunjukkan bahwa setelah menanamkan DBS terhadap enam pasien pengidap penyakit Alzheimer maka  setengah dari pasien mulai  membaik memorinya atau mengalami tingkat penurunan lebih lambat.

Menurut Dr Andres Lozano dan rekan-rekannya (Rumah Sakit Toronto Barat) yang melakukan penelitian, dari waktu ke waktu  adanya manfaat berupa  peningkatan  kualitas hidup dan kualitas waktu bagi  seseorang penderita  Alzheimer. Menurut Alzheimer’s Organization (AO), penyakit Alzheimer (AD) adalah bentuk paling umum dari demensia diantara orang berusia lanjut dan mempengaruhi lebih dari lima juta orang Amerika.

Deep Brain Stimulation (www.webmd.com)

Lozano juga mengatakan bahwa penyakit Alzheimer (AD) ditandai oleh penurunan fungsional dalam elemen-elemen dasar sirkuit saraf dan fungsi kognitif dan memori.  Pada awalnya orang terkena masalah memori ringan dan seiring dengan perjalanan waktu sampai orang tersebut  membutuhkan perawatan total. Gejala berikutnya  mencakup kecemasan, pengembaraan, dan agresif. Tidak ada yang bisa menghentikan pengobatan penyakit tersebut. Namun  beberapa obat  bisa menunda perkembangan penyakit  termasuk antipsikotik yang  dapat membantu mengobati gejala tertentu untuk waktu yang terbatas.

Lozano dan timnya meneliti teori bahwa struktur stimulasi listrik dalam  otak termasuk hipotalamus mungkin dapat  memperbaiki gejala terhadap   enam peserta  yang mempunya gejala  awal Alzheimer. Setiap pasien meninggalkan rumah sakit dalam waktu tiga hari  setelah  dilakukan penelitian  dan melanjutkan terapi standar medis mereka untuk penyakit Alzheimer serta stimulasi terus-menerus dari perangkat yang ditanam dalam otak mereka selama satu tahun.

Selama waktu itu, para peserta  dinilai dalam beberapa cara termasuk tes kognitif, pemetaan otak, dan pencitraan. Fungsi kognitif mereka dievaluasi dengan berbagai jenis skala pengukuran. Positive Emission Tomography (PET) scan, tipe scan otak yang mengukur aktivitas metabolik yang digunakan untuk menilai cara kerja perangkat DBS merubah metabolisme glukosa dalam otak. (Penyakit Alzheimer dapat mengubah bagaimana glukosa digunakan di dalam otak.)

Dalam waktu 6-12 bulan, setengah dari pasien  mengalami peningkatan  fungsi kognitif  atau penurunan  pada tingkat kelambatan  dari yang diharapkan. Evaluasi Alzheimer’s Disease Assessment Scale Penilaian subskala  kognitif dan Mini Mental State Examination menduga adanya peningkatan atau perlambatan dalam tingkat penurunan kognitif selama 6-12 bulan pada beberapa pasien. Selain itu PET Scan menunjukkan bahwa metabolisme glukosa abnormal biasanya terlihat pada pasien dengan penyakit Alzheimer yang mulai membaik  setelah penyisipan perangkat DPS dan perbaikan terus berlanjut sepanjang tahun. Tidak ditemukan adanya efek samping yang serius pada pasien yang ditanam otaknya dengan alat tersebut selama setahun.

Walaupun studi Lozano adalah kecil tapi hasilnya menggembirakan. Pada masa yang akan datang, penelitian yang lebih besar dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang terapi potensial efektif untuk mengobati penyakit Alzheimer atau memperlambat penurunan yang bisa melengkapi terapi tambahan.

One thought on “Deep Brain Stimulator Dapat Meningkatkan Memori Penderita Alzheimer

  1. I do agree with all the concepts you’ve introduced on your post. They are really convincing and will certainly work. Nonetheless, the posts are very quick for starters. May you please prolong them a bit from subsequent time? Thanks for the post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s