13 Peristiwa Yang Terjadi Pada Tanggal 13 Hari Jumat (Friday the 13th)

jcsdesignz.com

Hari Jumat tanggal 13 atau bagi orang bule dikenal dengan Friday the 13th ini identik dengan nasib buruk dan takhyul. Begitu banyak kejadian yang berkaitan dengan hal tersebut  sehingga beberapa orang  menolak untuk terbang, membuat kesepakatan bisnis atau menikah pada hari itu.

Menurut Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville North Carolina, sebanyak 21 juta orang di Amerika Serikat takut hari Jumat tanggal 13 dan  memperkirakan jumlah uang  yang hilang dalam bisnis sekitar  $ 800.000.000 – $ 900.000.000 setiap  hari Jumat  tanggal 13 karena ketakutan pada hari terkutuk tersebut.

Para ilmuwan mengatakan apakah  memang ada alasan untuk begitu khawatir dari hari  tersebut secara teknis dibandingkan dengan hari yang lain ? Jawabannya adalah tentu saja tidak. Kita  dapat memilih tanggal yang ada di kalender atau hari dalam sejarah dan menemukan beberapa hal aneh yang terjadi. Untuk sekedar iseng, para ilmuwan  telah mengumpulkan 13 peristiwa yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13:

1. 13 Oktober 1307 – Pengawal Raja Philip IV dari Perancis menggerebek rumah Ksatria Templar (seorang pendeta selama Perang Salib), memenjarakan beberapa ribu orang atas tuduhan kegiatan ilegal. Tidak ada tuduhan yang benar-benar terbukti, tapi ratusan orang mengalami penyiksaan dan dipaksa mengakui perbuatannya.  Menurut “Tales of the Knights Templar” (Warner Books, 1995), lebih dari seratus orang  meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

2. 13 Agustus 1521 – Conquistador Hernán Cortés  menangkap Cuauhtémoc (penguasa Tenochtitlan),  mengklaim kota untuk Spanyol dan menandai berakhirnya Kekaisaran Aztek. Cortés mengangkat dirinya sebagai  penguasa baru dan menamai kota tersebut dengan nama  Mexico City ( Smithsonian National Museum of American History)

3. 13 November 1789 – Menurut dokumen pemerintah Amerika  Serikat, Benjamin Franklin menulis “Segala sesuatu yang tampaknya menjanjikan ternya  akan berakhir, tetapi di dunia ini tidak ada yang pasti selain kematian dan pajak,” .

4. 13 September 1940 – Menurut laporan dari surat kabar Inggris  The Guardian, Lima bom Jerman mengenai  Istana Buckingham dan menghancurkan Chapel Palace  sebagai bagian dari  strategis Hitler yaitu kampanye pemboman “Blitz”.

5. 13 Juni 1952 – Gubernur Massachusetts  Kyle McArthur melarang semua transportasi otomotif swasta pada hari sial. ini  Tapi menurut laporan terlah terjadai tabrakan sembilan bus kota penuh sesak di pusat kota Boston.

6. 13 Juli 1956 – Menurut The New York Times, Amerika Serikat dan Britania menolak permintaan India dan Yugoslavia untuk menghentikan pengujian atmosfer dari senjata nuklir .

7. 13 November 1970 – Sebuah badai besar di Asia Selatan,  diperkirakan menewaskan sekitar 300.000 orang  di Chittagong, Bangladesh  dan menciptakan banjir yang menewaskan sebanyak 1 juta orang  di delta Sungai Gangga.

8. 13 Juni 1986 – Si kembar Olsen, Mary-Kate dan Ashley lahir.

9. 13 Januari 1989 – The “Friday the 13th virus ” menyerang  ratusan komputer IBM di seluruh Britania Raya, menghapus file program dan menimbulkan kecemasan luar biasa  pada saat virus komputer berskala besar ini menjadi  ancaman yang relatif baru.

10. 13 Oktober 1989 – The Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan terbesar kedua yang pernah dialami pada saat itu. Dijuluki mini crash the Friday-the-13th, Pada hari itu Dow turun 190,58 poin. Saat ini penurunan tidak akan membuat  daftar  top 10 turun drastis.

11. 13 Maret 2009 – “SAW – The Ride” diputar perdana di taman hiburan Thorpe Park di Inggris. Hanya saja pemutarannya dihentikan sementara waktu  karena “minor teething problems” menurut laporan berita Inggris.

12. 13 Agustus 1999 – Hari ulang tahun Alfred Hitchcock ke 100 tahun.

13. 13 September 2013 – Rencana pembuatan   film horor the Friday the 13th Series musim ke-13 yang berkisah tentang Jason Voorhees mengenakan topeng hoki .

5 thoughts on “13 Peristiwa Yang Terjadi Pada Tanggal 13 Hari Jumat (Friday the 13th)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s