Mentega Sebagai Bahan Baku Produk Biodiesel Ramah Lingkungan

Butter could be used as an eco-friendly feedstock, or raw material, for making diesel fuel, researchers say. (Credit: iStockphoto/Torbjorn Lagerwall)

Pencarian bahan baku baru untuk pembuatan bahan bakar biodiesel telah menyebabkan para ilmuwan mulai memalingkan wajahnya kepada produk non pertanian seperti mentega. Dalam sebuah studi baru yang dirilis oleh Jurnal dwi-mingguan Journal of Agricultural and Food Chemistry, para ilmuwan melaporkan bahwa mentega dapat digunakan sebagai bahan baku ramah lingkungan untuk pembuatan  bahan bakar solar.

Michael J. Haas dan rekan
mengatakan bahwa meningkatnya permintaan biodiesel secara global dan adanya  keinginan untuk memperluas basis bahan baku sebagai faktor pendorong untuk penelitian mereka. Amerika Serikat saja telah berkomitmen untuk memproduksi 36 milyar galon biofuel pada tahun 2022.  Produksi sebesar itu merupakan suatu peningkatan yang besar dari tingkat produksi tahunan saat ini yaitu sekitar 11 milyar galon (sebagian besar adalah etanol). Sekarang ini produksi biodiesel telah mendekati 1 milyar galon per tahun di Amerika Serikat dan dijadwalkan untuk ditingkatkan.

Para ilmuwan mulai berpaling pada mentega sebagai  bahan baku tambahan dan terjangkau untuk produksi biodiesel dimana bisa menghasilkan  sekitar  satu miliar pon setiap tahunnya. Pertanyaannya adalah apakah kelebihan  produksi mentega sebagai jenis produk non pangan bisa digunakan untuk membuat biodiesel dengan harga kompetitif ?

Dalam upaya untuk mencari tahu tersebut, para ilmuwan merubah kembali lemak dari satu seperempat ton mentega dan dikonversi menjadi asam lemak ester yang merupakan bahan awal  pembuatan biodiesel. Mereka menemukan bahwa bahan yang dihasilkan telah memenuhi salah satu standar tes resmi untuk biodiesel. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan pemurnian lanjutan  atau melalui pencampuran dengan biodiesel dari bahan baku biodiesel lainnya maka  mentega bisa menambah pasokan bahan bakar bio based untuk mesin diesel.

biobased logo (alycas.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s