Beras Hitam : Kandungan Antioksidan Yang Tinggi Dan Murah

Semakin tingginya kesadaran konsumen terhadap kesehatannya membuat para ilmuwan mulai mencari alternatif sumber makanan terbaru yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Selama ini konsumen hanya mengenal buah segar blueberry dan blackberry yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi tetapi mahal harganya.  Pada 240th National Meeting of the American Chemical Society (ACS), para ilmu melaporkan bahwa beras hitam (black rice) merupakan sumber makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi dan murah harganya.

Black or "forbidden" rice. (Credit: iStockphoto/Suzannah Skelton)

Menurut sejarah, orang Cina kuno telah mengenal beras hitam sebagai beras terlarang (forbidden rice), tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi. Menurut penelitian di sana, beras hitam memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Beras hitam di Cina sekarang berfungsi sebagai obat dan bahan pangan.

Zhimin Xu, Associate Professor di Departemen Ilmu Pangan  Louisiana State University Agricultural Center di Baton Rouge, La., mengatakan satu sendok dedak beras hitam mengandung lebih banyak zat antioksidan anthocyanin dibandingkan dengan satu sendok blueberry tetapi dengan sedikit gula dan lebih banyak serat serta zat antioksidan lain (vitamin E). Hal ini berarti beras hitam dapat menjadi materi yang unik dan ekonomis untuk meningkatkan konsumsi antioksidan yang berguna bagi kesehatan.

Anthocyanin yang terkandung pada beras hitam dapat dimanfaatkan  untuk  melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Produsen makanan  berpotensi menggunakan bekatul, dedak,  atau ekstrak beras hitam untuk meningkatkan nilai kesehatan pada makanan  sereal buat sarapan pagi, minuman, kue, biskuit, dan makanan lainnya.

Xu mencatat bahwa banyak konsumen telah mendengar kalau  beras cokelat  (Brown Rice) lebih bergizi daripada nasi putih. Alasannya adalah  dedak beras coklat memiliki banyak kandungan zat antioksidan  gamma-tocotrienol (salah satu senyawa vitamin E) dan  gamma-oryzanol, yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang dikenal dengan kolesterol “jahat” dan dapat membantu melawan penyakit jantung.

Xu dan kawan-kawan  menganalisis sampel bekatul dari beras hitam yang ditanam di bagian selatan Amerika Serikat. Ternyata  zat antioksidan anthocyanin dedak beras hitam mempunyai tingkat kelarutan dalam  air  yang lebih tinggi. Jadi kemungkinan dedak beras hitam lebih sehat daripada  dedak beras merah.

Para ilmuwan juga menunjukkan bahwa dalam ekstrak pigmen dedak beras hitam dapat menghasilkan berbagai warna berbeda (mulai dari pink ke hitam) dan bisa dijadikan  alternatif  pewarna makanan buatan yang sehat. Beberapa studi menunjukkan bahwa  pemakaian beberapa pewarna  buatan berkaitan erat dengan penyakit kanker, masalah perilaku pada anak-anak dan masalah kesehatan lainnya.

Di Asia beras hitam digunakan untuk hiasan makanan, mie, sushi, dan puding. Bagaimana dengan di Indonesia ? Beras hitam memiliki nama yang berbeda-beda tergantung di mana beras hitam tersebut berada. Beras hitam yang ada di Solo dikenal dengan nama ”beras wulung”. Menurut sejarahnya, dulunya beras wulung merupakan beras pilihan yang dulu hanya ditanam dan dipergunakan dalam keraton kasunanan Surakarta, khusus dikonsumsi di lingkungan para raja dan digunakan untuk jenis ritual tertentu. Di kawasan Cibeusi, Subang, Jawa Barat, beras hitam disebut dengan nama ”beras gadog”. Di Sleman, beras hitam dikenal dengan nama cempo ireng dan ada juga yang menyebut ”beras jlitheng”. Sedangkan di Bantul dikenal dengan ”beras melik”.

beras hitam (mahkotadewa.co.id)

Sekarang ini beras hitam hampir punah dan sangat langka keberadaannya, karena tidak adanya upaya pelestarian dari petani pada zaman dahulu yang konon hanya ditunjuk sebagai petani istimewa yang menanam beras wulung khusus untuk keraton, ada mitos bahwa beras wulung hanya boleh dipergunakan oleh kalangan istana dan apabila melanggar, maka akan ”kuwalat”. Selain itu, mengapa petani enggan untuk menanam beras hitam tersebut? Diduga disebabkan oleh umur yang relatif panjang dibanding padi pada umumnya, juga rendahnya produksi dan sangat disukai oleh burung.

2 thoughts on “Beras Hitam : Kandungan Antioksidan Yang Tinggi Dan Murah

  1. tradisi yang gak masuk akal n obviously penuh intrik politik, masak cm keluarga raja saja yg boleh makan beras hitam ini. betul2 tradisi penuh intrik politik n ciri kerakusan manusia. klu mmg gak rakus n tiada intrik politik tentu mereka malah mensosialisasikan agar semua petani bisa menanam jenis padi beras hitam ini. basi, pake embel2 kualat segala!
    orang2 yg mengaku darah biru itu harusnya baca sejarah, nenek moyang mereka dulu untuk mendapatkan gelar darah biru adalah dengan merampok dan menumpahkan darah orang lain yang justru lebih mulia dan terhormat, dengan kata lain orang2 darah biru itu keturunan perampok n pembunuh, so gak usah belagu deh sok-sok nakutin rakyat kecil dengan mitos “kualat” nya, basi bok! :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s