Transplantasi Tangan Ganda Berhasil Menggerakkan Jarinya

hand transplant (virginmedia.com)

Pada tanggal 2 September 2010 Associated Press merilis sebuah berita tentang keberhasilan operasi transplantasi tangan ganda terhadap warga Oklahoma berusia  55 tahun bernama Dr Richard Edwards. Pada tanggal 24-25 Agustus 2010, para ahli bedar dari  Jewish Hospital Hand Care Center melakukan transplantasi tangan ganda selama 17 ½ jam.

Dr Richard Edwards adalah penerima transplanstasi tangan ganda ketiga di Amerika Serikat.  Edwards mengatakan apa yang dialaminya adalah suatu hal yang fantastis.

Rumah sakit mengumumkan bahwa  Edwards dapat menggerakkan pergelangan tangan dan kelima  jarinya.  Dia  hampir penuh bisa mengepalkan kepalan tangan kiri dan sebuah tinju parsial tangan  kanannya. Memang tangan kanannya membutuhkan pencangkokan  kulit dan penyembuhan jaringan lunak agar dapat bekerja dengan baik.

Dr Warren C. Breidenbach dari Kleinert Kutz & Associates, ketua tim yang terdiri dari 20  ahli bedah untuk melakukan transplantasi tangan bilateral mengatakan gerakan tangan Edwards adalah gerakan yang terbaik dari setiap pasien cangkok tangan yang pernah dilakukan dan di harapkan selama enam bulan.

Transpalasi tangan ganda ini adalah transplantasi terobosan bagi dunia kedokteran.  Untuk  pertama kalinya transplantasi dapat  dilakukan di mana memungkinkan jaringan pasien untuk tetap hidup pada tangan yang baru. Ahli bedah  menghubungkan tendon dari tangan donor ke tangan penerima karena tidak rusak. Dengan menggunakan jaringan penerima maka ahli bedah  telah membuka peluang baru.

Selama ini Edwards bekerja sebagai  chiropractor sebelum kehilangan kedua tangan ketika truknya terbakar pada tanggal 11 Februari 2006.  Edwards tidak dapat melarikan diri dari kendaraannya yang terbakar.  Wajah, punggung, lengan dan tangannya mengalami luka bakar yang serius dan hanya meninggalkan sangat sedikit sisa  jaringan  di kedua tangannya.

Sejak cedera, beberapa kali Edwards telah melakukan  operasi rekonstruktif dan pencangkokan kulit, tapi tetap saja tangannya tidak berfungsi dengan  baik. Setiap hari semua aktivitas hidupnya tergantung pada bantuan istri dan orang lain. Semuanya berubah setelah ada keluarga pendonor yang mau mendonorkan kedua tangan anggota keluarganya yang telah meninggal sehingga diharapkan kehidupan Edwards kembali normal seperti dulu.

Foto-foto tentang Dr Richard Edwars dapat dilihat DISINI

2 thoughts on “Transplantasi Tangan Ganda Berhasil Menggerakkan Jarinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s