Persaingan Tanaman Karnivora Dengan Laba-laba Dalam Memperebutkan Makanan

Sebuah studi baru menemukan bahwa laba-laba Wolf dan tanaman karnivora Sundew saling  bersaing untuk mendapatkan makanan di alam liar. Jurnal Proceedings of the Royal Society B. edisi 7 Oktober 2010 akan mempublikasikan hasil penelitian tersebut dengan melihat perilaku kedua organisme tersebut. Perilaku masing-masing organisme diteliti  pada saat melihat serangga kecil sebagai mangsanya di dalam laboratorium dan percobaan lapangan.

Persaingan memperebutkan makanan antara Sundew dengan Laba-laba Wolf Credit: Christopher V. Anderson, University of South Florida.

Sebuah fenomena yang menarik untuk dipelajari karena adanya persaingan diantara keduanya dalam memperebutkan sumber makanan. Layaknya zebra dan rusa yang  bersaing memperebutkan  rumput di Serengeti.  Rumput Dandelion dan Bermuda yang bersaing memperebutkan matahari dan nutrisi di halaman depan. Tapi kebanyakan studi difokuskan pada persaingan antara spesies yang berkaitan erat . Tak ada yang pernah menyelidiki persaingan antara tanaman dan hewan sebelumnya.

Penulis studi ini, David Jennings, kandidat Ph.D.  di Departemen Biologi Integratif University of South Florida di Tampa mengatakan bahwa ada hal yang menarik untuk dilihat bagaimana spesies dari kerajaan yang berbeda memiliki interaksi ini sangat dekat satu sama lain.

Untuk mengetahuinya, para peneliti mengumpulkan Sundew, tanaman karnivora kecil merah muda yang ditemukan di tenggara Amerika Serikat. Sundew dilindungi dengan duri lengket seperti bulu pada sikat gigi. Serangga akan mudah terpikat dan terjebak  dengan duri yang berbau manis  tersebut. Kemudian serangga tersebut akan dimakan dan dicernanya.

Para peneliti menanam Sundews pada  terrariums di laboratorium dan memberi umpan jangkrik untuk dimakan. Kemudian para peneliti  memperkenalkan laba-laba Wolf ke beberapa terrariums. Pembuatan jaringan tersebut membagi   habitat dan pola  makan dengan Sundew di alam liar.

Sundew yang berbagi tempat dan pasokan makanan  dengan laba-laba Wolf menghasilkan  lebih sedikit biji, batang dan bunga dibandingkan dengan  Sundew yang tidak  berbagi tempat dan pasokan makanan berupa jangkrik tersebut. Sundew tanpa persaingan memproduksi rata-rata 1,5 bunga. Sedangkan Sundew yang bersaing dengan laba-laba menghasilkan  0,75 bunga.

Temuan menunjukkan bahwa laba-laba Wolf dapat mempengaruhi kesehatan dan kebugaran reproduksi tanaman. Tetapi para peneliti tidak yakin jika  tanaman tersebut dapat mempengaruhi laba-laba Wolf . Akhirnya  para peneliti  melakukan  percobaan di luar laboratorium atau lapangan. Caranya dengan melakukan sensus terhadap  laba-laba Wolf dan Sundew di dua wilayah penelitian ekologi di Florida. Lebih dari tiga bulan, para peneliti mengamati Sundew dan laba-laba Wolf, menghitung jumlah daun tiap  Sundew, jumlah jaring laba-laba Wolf, ukuran dan penempatan jaring.

Mereka menemukan bahwa laba-laba Wolf dan Sundew memakan jenis mangsa yang sama di alam liar.  Tampaknya  laba-laba Wolf juga menyadari kalau  Sundew mempunyai kemampuan  memikat mangsa  mereka yaitu araknida sehingga laba-laba Wolf membangun jaringnya  jauh dari Sundew tanpa meninggalkan daerah kaya mangsa. Laba-laba Wolf juga membangun jaring yang  lebih besar ketika Sundew ada dekat di sekitarnya.

Thomas Miller, seorang ahli lingkungan hidup dari Florida State University, yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan  para peneliti tidak dapat memastikan apakah kedua spesies tersebut  dapat  mempengaruhi kelangsungan hidup atau  kebugaran reproduksi masing-masing  yang diperlukan bagi  suatu hubungan kompetitif. Miller juga mengatakan  para peneliti perlu menutup area di alam  liar,  memindahkan  sundew dan laba-laba dari beberapa daerah. Kemudian para peneliti mencatat  efek jangka panjang pada setiap spesies.

Sekarang ini para peneliti  bekerja di  percobaan lapangan untuk mengetahui apakah sundew mempengaruhi kebugaran laba-laba ‘di alam liar. Mereka juga menyelidiki bagaimana pemakan serangga lainnya, seperti kodok, dapat mempengaruhi hubungan kompetitif.

Tetapi Jennings merasa yakin kalau laba-laba lebih mampu bersaing daripada Sundew karena kemampuan laba-laba untuk bergerak bebas. Berbeda dengan Sundew yang diam di tempat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s