Alfafa : Sumber Pakan Sapi Dan Pengobatan Manusia

Perkenalan dengan tanaman Alfafa ini terjadi pada saat saya diperkenalkan kepada pengusaha dari Semarang oleh kakak. Pengusaha ini bernama Hengky Tandiono. Selain eksportir, beliau juga memproduksi pakan ternak dan budi daya tanaman Alfafa di berbagai daerah di Jawa.

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang tanaman ini. Tanaman Alfafa dengan nama latin Medicago sativa L. adalah spesien tanaman yang dimanfaatkan sebagai makanan ternak (pakan) untuk sapi perah, kuda, sapi potong, domba, dan kambing. Alfalfa juga digunakan dalam sistem rotasi tanaman pangan karena dapat mengikat nitrogen, memperbaiki struktur tanah, dan mengontrol gulma untuk tanaman berikutnya yang akan dibudidayakan. Disamping itu tanaman Alfafa mengandung beberapa komposisi kimia (daun segar)

  • 52kalori per 100 gram
  • Air : 82.7%
  • Protein: 6 g; Lemak : 0.4g; Karbohidrat: 9.5g; Serat : 3.1g; Abu: 1.4g;
  • Minerals – Calcium: 12mg; Phosphorus: 51mg; Besi: 5.4mg; Magnesium: 0mg; Sodium: 0mg; Potassium: 0mg; Zinc: 0mg;
  • Vitamins – A: 3410mg; Thiamine (B1): 0.13mg; Riboflavin (B2): 0.14mg; Niacin: 0.5mg; B6: 0mg; C: 162mg;
Alfafa atau Medicago Sativa L. (cbaforbussiness.blogspot.com)

Perlu diketahui Alfafa ini termasuk jenis tanaman daerah Sub-Tropis dengan ketinggian daerah sampai 1500 m dpa. Tetapi Pak Hengky berhasil membudidayakannya di Indonesia setelah mengalami beberapa kali kegagalan. Menariknya adalah tanaman ini berhasil dengan baik di daerah Indramayu dimana terkenal dengan suhu udara yang panas. Pak Tandiono beserta timnya berhasil melakukan beberapa perlakuan yang berakibat tanaman Alfafa yang membutuhkan udara sejuk dan terkena sinar matahari sepanjang hari dapat tumbuh dengan baik. Selain di Indramayu, Pak Tandiono juga melakukan budidaya Alfafa di Boyolali dan Semarang.

Tanaman Alfafa ini oleh Pak Tandiono diolah menjadi salah satu komponen pakan ternak produksinya. Menurut beliau, tanaman Alfafa ini mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu kandungan kimia dalam tanaman tersebut dapat membangkitkan selera makan sapi potong sehingga mempercepat proses penggemukkan berbeda dengan sapi potong tanpa menggunakan pakan ternak yang mengandung Alfafa. Kebetulan produk pakannya ini banyak digunakan oleh para peternak sapi di Okinawa Jepang. Menurut beliau, sapi Okinawa ini paling disukai oleh masyarakat dunia terutama Amerika, Eropa, Jepang dan lain-lain. Maka itu tidaklah mengherankan harga daging sapi Okinawa sangat mahal. Selain itu daging sapi Okinawa terkenal lembut dan sedikit kandungan seratnya sehingga mudah dicerna oleh usus manusia.

Cow Alfafa (animalwelfareapproved.org)

Sekarang ini pakan ternak produksi beliau telah diekspor ke sebagian negara Eropa dan Amerika Serikat. Ada satu yang unik dari Alfafa ini yaitu bisa dijadikan minuman sejenis teh. Terus terang saya pernah mencoba minuman seduhan daun Alfafa kering. Rasanya hampir sama dengan teh seduh. Namun khasiatnya yang dirasakan berbeda yaitu setelah minum seduhan Alfafa badan terasa segar dan nafsu makan bertambah.

Daun alfalfa, baik segar atau kering, secara tradisional telah digunakan sebagai nutrisi tonik untuk merangsang nafsu makan dan meningkatkan berat badan. Tanaman ini memiliki aksi estrogen dan terbukti bermanfaat dalam mengobati masalah-masalah yang berhubungan dengan menstruasi dan menopause. Tanaman ini dipakai juga dalam pemulihan anemia, perdarahan, keluhan menopause, ketegangan pre-menstruasi, fibroid.

Sebuah tapal dari daun yang dipanaskan telah diterapkan ke telinga dalam pengobatan sakit telinga . Daun yang kaya akan vitamin K secara medis digunakan untuk mendorong pembekuan darah. Ini sangat berguna dalam pengobatan penyakit kuning. Tanaman ini tumbuh secara komersial sebagai sumber klorofil dan karoten, yang keduanya telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu daunnya juga mengandung anti-oksidan tricin. Akar Alfafa bisa dipakai sebagai obat penurun panas. Ekstrak tanaman Alfafa juga dimanfaatkan untuk antibakteri.

Namun ada beberapa saran yang menyatakan untuk hati-hati dalam penggunaan tanaman ini. Tidak disarankan bagi orang yang mempunyai penyakit auto-imun seperti rheumatoid arthritis. Tanaman ini antiscorbutic, pencahar, diuretik, oxytocic, haemostatic, nutrisi, stimulan dan tonik.

10 thoughts on “Alfafa : Sumber Pakan Sapi Dan Pengobatan Manusia

      1. Apakah bisa saya mengembangan rumput alfalfa ini di daerah saya (kediri-jatim), mohon info dan alamat e-mail. Trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s