Analisa Gallup: Keberadaan Agama Dan Kemiskinan Sebuah Negara

Gallup Organzation baru-baru ini merilis sebuah studi berdasarkan survei di 114 negara pada tahun 2009. Hasil survei tersebut secara global menunjukkan bahwa  84 persen penduduk dunia  mengatakan agama adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari.

Menurut analis Gallup,  ada hal  yang sangat menarik dari penelitian ini yaitu negara-negara  yang paling religius adalah negara-negara relatif miskin dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) per kapita di bawah $ 5.000. Hal ini mencerminkan adanya hubungan yang kuat antara status sosial ekonomi suatu negara dan religiusitas penduduknya. Di negara-negara termiskin di dunia yang rata-rata pendapatan per kapita sebesar $ 2.000 atau kurang ternyata 95 persen penduduknya mengatakan agama adalah penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya negara-negara terkaya yang rata-rata pendapatan per kapita lebih dari $ 25.000, ternyata hanya 47 persen penduduknya mengatakan agama penting bagi kehidupan sehari-hari.

Para analis Gallup  mengatakan bahwa ada satu teori tentang mengapa hal ini bisa terjadi. Ternyata  agama memainkan peran lebih fungsional di negara-negara termiskin di dunia, membantu banyak penduduk mengatasi kehidupan sehari-hari dalam menyediakan kebutuhan bagi mereka dan keluarga. Dan analisis Gallup sebelumnya mendukung teori  ini yaitu menemukan adanya hubungan emosional  yang kuat  antara religiusitas dan kesejahteraan di antara negara-negara miskin.

Tetapi yang lebih menarik lagi adalah Amerika Serikat sebagai salah satu negara kaya tetapi 2/3 penduduknya (65 persen) mengatakan agama pentiong dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu  negara-negara kaya lain, persentase penduduk yang menganggap agama penting bagi kehidupan sehari-harinya lebih rendah sebagaimana data dibawah ini :

* Swedia: 17 persen
* Denmark: 19 persen
* Inggris: 27 persen
* Perancis: 30 persen

Artis Infographic dan komentator The New York Times, Charles Blow   menuangkan hasil survei  ini ke dalam perspektif grafis menarik.

2 thoughts on “Analisa Gallup: Keberadaan Agama Dan Kemiskinan Sebuah Negara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s