Bagaimana Menghitung Kerumunan Orang Secara Akurat ?

Telah dilaporkan bahwa jum lah orang yang hadir pada acara Glenn Beck  Rally pada tanggl 28 Agustus 2010 berkisar  antara  78.000  sampai 800.000 orang. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya menghitung banyaknya orang tersebut dan siapakah yang melakukan perhitungan ?

Untuk acara outdoor besar-besaran seperti pertemuan politik,  maraton,  kembang api,  dan parade maka dibutuhkan sebuah perusahaan swasta yang disewa untuk menghitung jumlah peserta.

Para peneliti menerapkan berbagai metode untuk mendeteksi, melacak dan memantau kerumunan orang dengan menggunakan teknologi yang meliputi laser, satelit, foto udara, sistem grid 3-D, rekaman video dan balon pengawas. Biasanya peralatan tersebut diletakkan di beberapa blok  sekitar lokasi kejadian atau melakukan penerbangan sekitar   400-800 kaki (120-240 meter).

Stephen Doig, seorang ahli sensus dari Arizona State University mengatakan bahwa cara yang paling akurat untuk memperkirakan jumlah orang dalam kerumunan yang besar  adalah  mendapatkan citra udara yang baik, memecahnya menjadi daerah densitas sejenis, mengukur rekaman persegi masing-masing daerah, menerapkan nilai wajar untuk kepadatan di masing-masing daerah, dan menambahkan jumlah banyaknya orang di masing-masing daerah  sehingga diperoleh  total perkiraan. Tetapi cara yang lebih baik adalah dengan menghitung jumlah orang yang membeli tiket atau yang masuk melalui pintu masuk tetapi hal ini sayangnya jarang dilakukan.

Kerumunan Orang yang hadir pada Acara Pelantikan Presiden Obama di Washington DC (ddis.smugmug.com)

Dengan pengalaman dan teknik  perhitungan yang dimilikinya  maka Doig sempat dimintai bantuan oleh perusahaan AirPhotosLive.com untuk menghitung jumlah orang yang hadir pada Upacara Pelantikan Presiden Obama tahun 2009 dan acara Glenn Beck Rally di Washington, DC baru-baru ini).

Menurut Curt Westergard,  Presiden  AirPhotosLive.com, untuk mendapatkan jumlah orang yang hadir  pada  setiap acara maka perusahaan  AirPhotosLive.com menggunakan kamera 360 derajat, panorama bola yang dapat menangkap gambar orang banyak dari setiap arah dan selama waktu “puncak” suatu acara, atau  pada saat jumlah penonton paling banyak.

Dari beberapa pengambilan gambar, seorang analis memperkirakan ukuran gambar kerumunan orang. Serangkaian 3-D grid super dapat dikenakan atas beberapa gambar, memecah belah, dan gambar besar orang banyak yang kompleks menjadi lebih mudah untuk mengelola sistem.

This picture shows how a grid is used to estimate the population density of an area during Glenn Beck’s Aug. 28 rally at the National Mall, an open-area national park in downtown Washington, D.C. Credit: http://www.Airphotoslive.com

Contoh bagian dari grid mencakup ukuran 100×100 kaki atau 500×500 meter persegi yang  diukur  dengan menghitung setiap orang yang berada di dalamnya. Beberapa Headcount diselaraskan  ke dalam rumus matematika (dikenal dengan distribusi spasial kerumunan orang) yang menghitung banyaknya orang dalam setiap bagian jaringan yang seukuran berdasarkan kepadatan penduduk  di setiap bagian.

Yang terpenting, perkiraan angka orang yang hadir  dapat  membantu dan menjaga banyak orang yang menhadiri  pertemuan-pertemuan besar  secara aman. Koordinator even  dan pihak berwenang  dapat merencanakan bagaimana mengatur lalu lintas di suatu daerah, berapa banyak personil penanggulangan medis yang akan diperlukan dalam keadaan darurat, dan berapa banyak personil keamanan yang akan disewa.  Ukuran kerumunan orang  juga diperlukan bagi media untuk melaporkan berita dan merekam peristiwa sejarah yang bisa saja rumit.

Menurut Boston University Center for Remote Sensing, pada tahun 1995 panitia “Million Man March” mengancam akan menggugat US National Park Service (NPS) setelah  NPS  memberikan laporan  bahwa jumlah orang yang hadir pada acara tersebut hanya sekitar  400.000 orang . Sejak itu  NPS berhenti merilis angka proyeksi kerumunan orang  kepada publik.

Westergard mengatakan bahwa menghitung kerumunan orang adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Sebagai contoh semakin luasnya kerumunan orang yang tersebar maka  semakin menantang untuk mendapatkan perkiraan yang akurat dari orang yang hadir. Hal ini bisa menjadi sulit untuk menentukan jumlah orang yang hadir apakah orang yang berada di perimeter acara memang benar-benar menghadiri acara tersebut  atau berada di daerah tersebut  karena alasan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s