Oregano Dan Pengurangan Gas Metan Yang Dihasilkan Oleh Sapi

Cow belches, a major source of greenhouse gases, could be decreased by an unusual feed supplement developed by a Penn State dairy scientist. (Credit: iStockphoto/Fabian Rothe)

Ilmuwan Alexander Hristov, Profesor Nutrisi Susu dari Penn State University mengembangkan suplemen pakan yang tidak biasa  untuk mengurangi sendawa sapi yang merupakan sumber utama gas rumah kaca. Dalam serangkaian percobaan laboratorium dan tes hewan hidup, suplemen dasar oregano tidak hanya menurunkan  emisi metana pada sapi perah sebesar 40 persen, tetapi juga meningkatkan produksi susu. Metana alami hasil pengurangan suplemen tersebut  dapat menyebabkan lingkungan yang lebih bersih dan produksi susu lebih banyak.

Hristov mengatakan sebenarnya sapi merupakan produsen utama gas metan (gas rumah kaca) yang signifikan. Bahkan di seluruh dunia, ternak menghasilkan  37 persen metana antropogenik (metana yang dihasilkan oleh aktivitas manusia seperti pertanian). Dibandingkan dengan karbondioksida, metan memiliki potensi 23 kali  untuk menciptakan pemanasan global.

Environmental Protection Agency mengatakan metana berpotensi terjadinya pemanasan global  pada penyerapan gas  radiasi inframerah, lokasi spektrum penyerapan panjang gelombang dan lamanya  waktu metana tetap berada di atmosfer.

Produksi metana  adalah bagian alami dari proses pencernaan sapi dan ruminansia lainnya, seperti banteng, domba dan kambing. Ketika sapi mencerna makanan, bakteri pada rumen (terbesar dari empat bilik perut) menghancurkan nutrisi pakan dengan proses fermentasi. Dua produk sampingan dari fermentasi tersebut adalah karbon dioksida dan metana.

Percobaan ini menunjukkan manfaat  suplemen pengurangan gas ini yaitu meningkatkan produksi susu setiap hari sekitar tiga pon per sapi  selama percobaan. Peneliti melakukan antisipasi peningkatan produktivitas susu dari kumpulan sapi tersebut. Penurunan gas metan yang dihasilkan pada sapi mengakibatkan sapi dapat menggunakan energinya untuk proses produksi susunya.

Hristov mengatakan penemuan solusi  pengurangan metan secara alami pada sapi  ini berlangsung selama enam tahun. Pengurangan metana alami bisa juga dimanfaatkan  untuk pengobatan seperti antibiotik pakan.

Pada mulanya Hristov melakukan penyaringan ratusan minyak atsiri, tanaman dan berbagai senyawa di laboratorium sebelum menemukan  oregano sebagai sebuah  solusi. Selama eksperimen, ternyata  oregano secara konsisten mengurangi metana tanpa menunjukkan efek negatif. Beberapa senyawa yang ditemukan dalam oregano seperti carvacrol, geraniol dan thymol tampaknya memainkan peranan  yang lebih signifikan dalam penekanan metana. Senyawa-senyawa murni tersebut  lebih mudah untuk memproduksi susu secara komersial dan lebih ekonomis bagi petani.

Tulisan ini hasil terjemahan dari Unusual feed supplement could ease greenhouse gassy cows

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s