Metode “Teaching The Controversy” Menyanggah Teori Evolusi Darwin

misterhobbes.net

Kebon Binatang Noah’s Ark Farm di Inggris telah melakukan presentasi 30 alasan mengapa manusia tidak berasal dari kera. Dalam rangka membangun kepercayaan terhadap proses penciptaan, presentasi tersebut tidaklah mengherankan. Beberapa pendidik merasa cemas dengan beberapa teori penciptaan manusia yang menyesatkan sehingga mengajak beberapa siswa sekolahnya untuk hadir di kebon Binatang tersebut. Kebon Binatang dekat Bristol tersebut baru-baru ini dianugerahi lencana quality badge oleh Council for Learning Outside the Classroom.


Guardian melaporkan bahwa Wakil Kepala Eksekutif
Council for Learning Outside the Classroom membela keputusan tersebut. Tujuan utama belajar di luar kelas adalah memungkinkan anak-anak dan generasi muda mendapatkan akses pendidikan yang menantang asumsi dan memperoleh pengalaman yang berharga dari berbagai sudut pandang. Metode pengajaran ini dikenal dengan “teaching the controversy” yaitu sebuah kontroversi ilmuwan yang mengatakan tidak ada keterkaitan erat mengenai asal usul manusia dan kera.

Selama di Noah’s Ark Farm, para ilmuwan menggunakan keyakinannya untuk menjelaskan evolusi Darwin tetapi semua itu hanyalah bohong-bohongan. Para ilmuwan menggunakan bukti dari catatan fosil, perbandingan DNA, dan penelitian dalam berbagai bidang yang berbeda untuk menyimpulkan evolusi yang sedang bekerja bahwa manusia dan kera mempunyai nenek moyang yang sama. Dari data-data yang terpercaya menunjukkan bahwa ada kesenjangan dalam catatan fosil dan memerlukan lompatan keyakinan untuk mengikat evolusi Darwin bersama-sama.


Noah’s Ark Farm juga memperkenalkan pandangan bahwa umur bumi bukanlah 4,5 miliar tahun seperti yang dikatakan oleh para ilmuwan selama ini. Penjelasan ini menjadi bantahan terhadap keyakinan para kreasionis yang mengatakan bahwa bumi berumur hanya beberapa ribu tahun dan manusia pernah hidup bersama-sama dengan dinosaurus. Noah’s Ark Farm percaya umur bumi jauh lebih tua dari 6.000 tahun, tetapi jauh lebih muda dari 4,5 miliar tahun.

Kreasionisme telah menjadi momok dalam ruang kelas di sekolah-sekolah Amerika Serikat pada beberapa tahun terakhir. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa 12 persen guru biologi SMA menjadi presentasi dari kreasionisme di dalam kelas, meskipun pengadilan federal telah mengeluarkan larangan bagi kreasionisme.

Paulus Sims, seorang editor majalah New Humanist membuat laporan singkat tentang kesalahan metode pengajaran penganut kreasionisme sebaga alternatif dalam menerang teori evolusi. Para pendukung ‘teaching the controversy‘ menginginkan masyarakat untuk mempercayai metodenya yaitu membolehkan anak-anak untuk berpikir maka perlu mengajari mereka tentang hal-hal tidak benar yang ada di lingkungan sekitar. Tapi jika pada saat anak-anak meninggalkan sekolah dan berpikir bahwa manusia tidak memiliki nenek moyang yang sama dengan kera, apakah sistem pendidikan ini salah ?

Menurut Noah’s Ark Zoo Farm berdasarkan artikel Paul Sims, manusia dan kera tidak dapat berbagi nenek moyang yang sama karena manusia percaya kepada Tuhan yang akan memberikan kekuatan untuk mencintai dan Maha Besar kekuasaanNya. Tidak ada lagi bagi ilmu pengetahuan untuk memberikan ruang kepada Teori Darwin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s