Peningkatan Kesadaran Masyarakat Amerika Terhadap Kebersihan Tangan

texasvipers.securespsites.com

Apakah setiap orang menginginkan kedua tangannya selalu bersih (higienis) dimanapun berada ? Sebagai indikatornya adalah toilet umum. Sebuah studi yang baru dirilis menemukan bahwa lebih dari tiga perempat (75 %)  orang mencuci tangannya di depan umum pada tahun 2010. Ini berarti ada peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2007 yang diperoleh hasil hanya  66 %.

Hasil studi tersebut  diumumkan pada Interscience Conference on Antimicrobial Agents and Chemotherapy, sebuah pertemuan penyakit menular yang disponsori oleh American Society for Microbiology (ASM).

Studi yang dilakukan oleh Harris Interactive atas nama ASM dan ACI, melakukan pengamatan dan survei terhadap orang-orang yang mencuci  kedua tangannya sebelum meninggalkan toilet umum di enam lokasi (4 kota)  yaitu  Atlanta (Turner Field), Chicago (Museum of Science and Industry, Shedd Aquarium), New York City (Grand Central Station, Penn Station) dan San Francisco (Ferry Terminal Farmers Market). Secara diam-diam  dilakukan pengamatan perilaku dan  penghitungan jumlah orang  (6.028 orang dewasa)  di toilet umum pada bulan Agustus 2010.

Secara keseluruhan sekitar 85 % orang dewasa mencuci tangannya di toilet umum dibandingkan dengan 77 % pada tahun 2007. Ini berarti ada perolehan persentase yang tinggi sejak studi ini dimulai pada tahun 1996.

Dalam survei telepon terpisah, 96 persen orang dewasa mengatakan mereka selalu mencuci tangan mereka di toilet umum, persentase yang relatif konstan selama bertahun-tahun, tetapi tingkat yang tinggi tidak didukung oleh bukti kuat baru tentang apa yang sebenarnya terjadi. Dan hanya 39  % orang Amerika Serikat mengatakan mereka selalu mencuci tangan setelah batuk atau bersin.

Dr Judy Daly,  Direktur Klinik Mikrobiologi di Children’s Primary Medical Center, Salt Lake City dan juru bicara American Cleaning Institute (ACI) mengatakan dalam konteks ini cuci tangan sangatlah penting. Seperti kita ketahui  bahwa penyakit pernapasan dan pencernaan banyak ditularkan oleh kontak  kedua tangan yang terkontaminasi  ketika menyentuh selaput lendir mata, hidung, atau mulut.

Sementara itu pada tempat olahraga seperti Turner Field, menunjukkan bahwa hampir dua pertiga (65 %) dari laki-laki  dan  98  % wanita mencuci kedua tangannya di toilet umum  Turner Field.

Secara keseluruhan, tingkat perempuan yang  mencuci kedua tangannya  di toilet umum meningkat dari 88 % (tahun 2007) menjadi 93 % (2010). Chicago dan San Francisco memiliki jumlah suara terbaik dalam hal  higienis  tangan yaitu 89 % orang dewasa membersihkan tangannya di toilet umum. Berikutnya adalah Atlanta (82 %), diikuti oleh  New York City (79 %).

good handwashing (leics.gov.uk)

Dalam survei via telepon,  sebagian besar dari 1.006 orang dewasa Amerika mengatakan bahwa mereka selalu mencuci kedua tangannya  setelah menggunakan kamar mandi di rumah (89 %). Selain itu dilaporkan bahwa orang Amerika Serikat selalu mencuci kedua tangan mereka setelah mengganti popok (82 %) dan terdapat peningkatan bila dibandingkan dengan  tahun 2007 (73 %). Dalam hal menjaga kebersihan tangan, perempuan lebih baik daripada pria yaitu  88 % dari wanita  selalu mencuci kedua tangannya setelah menggantikan popok bayi, dibandingkan dengan pria (80 %).

Menurut Nancy Bock dari ACI, menjaga kebersihan tangan sangatlah penting pada situasi apapun dan dimanapun berada. Mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau lebih adalah cara sederhana untuk tetap sehat. Dan jika kita keluar rumah, tisu pembersih tangan adalah alternatif yang baik untuk menjaga kebersihan  tangan.

Sumber bacaan :

2010 Handwashing Resources

Survey of Handwashing Behavior( .pdf .ppt )

Get a Grip Handwashing Brochure ( .pdf)

2010 Press Release ( .pdf)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s