Wanita Lebih Menyukai Pria Berwajah “Dingin”

Secara umum para wanita  berusaha menemukan ketenangan dan mengumpulkan para pria yang menarik. Sekarang ini para ilmuwan telah menemukan faktor biologi yang mempengaruhinya.

Berdasarkan investigasi, para pria yang diinginkan oleh wanita berkaitan erat dengan faktor testosteron. Hormon ini terhubung dengan ciri-ciri wajah maskulin seperti rahang yang lebih besar dan alis lebih berat, dan biasanya berhubungan dengan kesehatan jangka panjang yang lebih baik. Dengan demikian, mungkin sekilas masuk akal dari sudut pandang evolusi jika wanita tertarik dengan pria sarat testosteron.

Namun studi terakhir telah mengungkapkan bahwa pria dengan kadar testosteron tinggi tidak secara otomatis menarik bagi wanita yang melihat pria sarat testosteron memiliki kelemahan jangka panjang. Contohnya adalah pria-pria  macho cenderung bergaya hidup “main-main” atau mungkin juga menjadi orang tua yang buruk. Hasil studi ini secara detail  dapat dilihat  secara online pada jurnal  Proceedings of the Royal Society B edisi 15 September 2010.

Fhionna Moore, ahli ekologi perilaku manusia  di University of Abertay Dundee di Skotlandia dan rekan-rekannya fokus terhadap hubungan antara stres dengan hormon kortisol. Tingkat kortisol yang tinggi secara terus menerus  dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan fungsi reproduksi. Jadi  masuk akal jika wanita lebih menyukai  pria dengan tingkat kortisol rendah yaitu pria yang tidak stres.

Composite male faces constructed to differ in levels of testosterone and cortisol. From left to right: low-testosterone, high-cortisol; low-testosterone, low-cortisol. Credit: Proceedings of the Royal Society B.

Langkah pertama para peneliti merekrut  39 mahasiswa  muda dan sehat  dari universitas yang sama dan diukur kadar kortisol dan testosteron yang diambil dari sampel air liur mereka. Selanjutnya para peneliti  merekrut  42 mahasiswi dari universitas yang  berbeda untuk  menilai  daya tarik, maskulinitas dan kesehatan dengan melihat langsung foto-foto para mahasiswa responden.

Pria dengan tingkat kortisol rendah sering dinilai lebih menarik daripada pria dengan tingkat cortisol tinggi. Tingkat testosteron  tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan daya tarik, maskulinitas dan kesehatan.

Untuk studi lebih kompleks, para ilmuwan mengambil foto 39  mahasiswa pada langkah pertama dan membaginya menjadi empat kelompok  yaitu tinggi testosteron dan kortisol tinggi; tinggi testosteron dan kortisol rendah; rendah testosteron dan kortisol tinggi; rendah testosteron dan kortisol rendah. Dalam setiap kelompok, semua wajah dicampur bersama untuk membantu membuat satu gambar komposit. Dengan cara ini, Moore dan rekan-rekannya berharap dapat melihat  efek kombinasi kadar hormon yang berbeda yang mungkin memiliki daya tarik.

Para peneliti juga merekrut 43 mahasiswi heteroseksual dari universitas yang sama untuk  melihat gambar komposit baik pada saat di dalam atau di luar fase subur siklus haid mereka. Hal ini memungkinkan para peneliti  melihat apakah efek hormon perempuan dan kesuburan dapat mempengaruhi  persepsi keinginan kepada pria.

Wanita dalam masa subur dari siklus menstruasi mereka (mungkin sedang  hamil) menyatakan pria dengan tingkat kortisol rendah  dilihat lebih menarik daripada pria dengan tingkat Kortisol tinggi. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa wanita yang paling subur cenderung menilai pria yang paling mungkin  meberikan manfaat yang baik (potensi keturunan)   dalam jangka panjang dan para peneliti  mencatat bahwa umumnya tingkat kortisol seseorang  dapat  diwariskan.

Moore mengatakan bahwa pria dengan kortisol rendah memiliki sesuatu yang diinginkan wanita dan memberikan rasa  aman bagi anak-anaknya. Tingkat kortisol rendah menunjukkan  kesehatan yang baik atau respon yang sehat terhadap stres.

Hasilnya jauh lebih rumit bila wanita tidak dalam masa subur dari siklus menstruasi. Wajah laki-laki yang mempunyai tingkat kortisol dan testosteron tinggi atau rendahnya tingkat kedua hormon itu dinilai lebih menarik daripada wajah pria  dengan  tingkat kortisol rendah dan tingkat testosteron tinggi atau sebaliknya.

2 thoughts on “Wanita Lebih Menyukai Pria Berwajah “Dingin”

  1. Momen ULANG TAHUN Merupakan Hal yang Terindah Bagi Buah Hati atau Pasangan Anda Wujudlan Momen dan Kenangan TerindahDalam Merayakan ULANG TAHUN Buah Hati atau Pasangan Anda Bersama Kalika Cake Shop.
    Kue / Cake ulang tahun kami desain sesuai permintaan pelanggan, seperti model cup cake, photo cake, 3 dimensi. Kalika melayani pesan antar untuk wilayah Bandung dan Jakarta.
    Siap Antar Kue Ulang Tahun, Halal, Model Unik & Menarik spt Foto Cake. http://www.KueUltahKalika.com atau http://www.KalikaCakeShop.com , telp (022)70553660

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s