Resesi Menyebabkan Perubahan Mendalam Dan Aneh Bagi Masyarakat Amerika

recession fading (timdyson.wordpress.com)

Pada hari Senin, 20 September 2010 National Bureau of Economic Research secara resmi mengumumkan bahwa resesi  telah  berakhir sejak  Juni 2009.  Namun dampak resesi keuangan masih terasa  bagi banyak orang dan ada kecenderungan terjadinya perubahan besar dalam kehidupan masyarakat mulai  dari kebiasaan konsumen sampai tingkat kelahiran. Bukan itu saja ada hal-hal yang lebih aneh akibat dari dampak resesi finansial di Amerika Serikat, diantaranya :

Menurunnya Kasus  Serangan Ikan Hiu

Pada tahun 2008, serangan ikan hiu terhadap manusia  di seluruh dunia  mengalami penurunan yang tajam  ke level terendah dalam lima tahun terakhir. Menurut ahli ikan George Burgess dari University of Florida, hal ini menandakan bahwa rakyat Amerika Serikat mulai mengurangi  perjalanan liburan ke pantai. Jumlah serangan hiu menurun dari 71 kasus  (2007) menjadi 59 kasus (2008, terendah  sejak tahun 2003 dimana terdapat 57 kasus.

Penurunan Konsumsi Energi

Masyarakat Amerika Serikat secara signifikat mengurangi pemakaian batu bara dan  minyak bumi pada tahun 2009 bila dibandingkan dengan tahun 2008, dan penurunan yang lebih signifikan terjadi pada pemakaian energi angin, berdasarkan Diagram Aliran Energi yang dikeluarkan  oleh Lawrence Livermore National Laboratory (LLNL) di Livermore, California.  Para peneliti juga mengatakan adanya penurunan pemakaian  gas alam dan peningkatan penggunaan sumber-sumber energi alternatif, termasuk surya, dan tenaga panas bumi hidrotermal.

Penurunan Tingkat Kelahiran

Pew Research Center (analysis of state fertility and economic data) menyatakan bahwa Tingkat Kelahiran di Amerika Serikat  mulai menurun di tahun 2008, setelah naik ke tingkat tertinggi dalam dua dekade. Tampakanya penurunan ini terkait dengan krisis ekonomi. Analisis ini menemukan adanya hubungan yang kuat antara besarnya perubahan rate kelahiran tahun 2007-2008 dan tingkat penyitaan perumahan di tahun 2007. Selama dekade terakhir, tingkat kelahiran kasar mencerminkan tren naik dan menurunnya  ekonomi nasional.

Penurunan Tingkat Kejahatan Dengan Kekerasan

Menurut laporan awal FBI yang di dirilis pada bulan Mei 2010, telah terjadi penurunan kejahatan dengan kekerasan sebesar 4,4 persen di tahun 2009 dibandingkan dengan 2008. The Uniform Crime Reporting Program, yang mengumpulkan data dan laporan kejahatan untuk FBI, mendefinisikan kejahatan kekerasan sebagai kejahatan yang melibatkan kekerasan atau ancaman kekerasan.

Perempuan Dengan Bobot Lebih Berat Lebih Disukai (Lebih Indah)

Dua studi yaitu  pertama  menggunakan aktris film Amerika dan kedua  Playboy Playmates of The Year, menemukan bahwa di masa ekonomi yang tidak pasti, ikon keindahan  cenderung mencari perempuan sedikit lebih “dewasa”,  lebih tinggi, lebih berat dan ukuran  pinggang yang lebih besar serta raut wajah kurang kekanak-kanakan. Kondisi sosial dan  ekonomi, seperti pengangguran dan tingkat pembunuhan, berpengaruh terhadap  apa yang dilihat sebagai sifat-sifat yang menarik, menurut para peneliti Coastal Carolina University.

Mayat Menumpuk

Kesulitan ekonomi menyebabkan banyak anggota keluarga tidak mampu untuk melakukan penguburan yang tepat bagi saudaranya yang meninggal dunia. Sebagai contoh, kamar mayat Wayne County di tengah kota Detroit telah melaporkan adanya  67 mayat yang tidak diklaim oleh keluarganya  pada bulan Oktober 2009. Sepertinya  baik keluarga  almarhum maupun pemerintah daerah tidak  mampu menguburkan orang mati, dimana mayat masih ditumpuk di lemari es kamar mayat. Pada bulan Juli 2009, kremasi meningkat menjadi 36 persen di Los Angeles, California karena banyaknya  mayat yang tubuh tidak diklaim oleh siapapun.

Penundaan Usia Dewasa

Menurut Richard Settersten, seorang profesor ilmu pembangunan manusia dan keluarga di Oregon State University dan Barbara Ray, presiden Hired Pen, Inc., banyak anak muda di Amerika Serikat menunda usia dewasanya yang ditandai dengan meninggalkan rumah dan menjadi dewasa penuh. Banyak anak muda mulai merasakan kondisi tidak aman secara finansial dan hanya membawa pulang upah rendah sehingga  mereka  lebih berat mengandalkan kepada orang tua mereka untuk bantuan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s