1 Dari 5 Jenis Tanaman Di Dunia Terancam Kepunahan

Sebuah analisis global tentang  resiko kepunahan tanaman di dunia yang dilakukan oleh Royal Botanic Gardens Kew , Natural History Museum, London dan International Union for the Conservation of Nature (IUCN) mengungkapkan bahwa tanaman di dunia sedang  terancam kepunahan seperti yang terjadi pada mamalia. Satu dari lima spesies tumbuhan dunia terancam punah.

A snapshot of Earth's plant productivity in 2003 shows regions of increased productivity (green) and decreased productivity (red). Tracking productivity between 2000 and 2009, researchers found a global net decrease due to regional drought. Credit: NASA Goddard Space Flight Center Scientific Visualization Studio
Plant At Risk (kew.org)

Penelitian ini merupakan dasar utama bagi konservasi tanaman dan pertama kalinya. Diketahui sekitar 380.000 jenis tumbuhan di dunia terancam kepunahannya. Beberapa negara akan menlakukan pertemuan di Nagoya, Jepang pada pertengahan Oktober 2010 untuk menetapkan target baru pada KTT  Keanekaragaman Hayati PBB.

Para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens Kew, National History Museum dan IUCN Specialist Groups melakukan penilaian Sampled Red List Index pada sampel yang representatif tanaman di dunia dalam rangka menyambut  Tahun Keanekaragaman Hayati Internasional PBB  (United Nations International Year of Biodiversity) dan Target Keanekaragaman Hayati 2010 (2010 Biodiversity Target).

Pekerjaan ini sangat bergantung pada repositori informasi botani yang diadakan di Herbarium,   Perpustakaan, Seni dan Arsip milik Kew yang meliputi delapan juta tanaman  yang diawetkan dan spesimen jamur. Pada spesimen yang diadakan di herbarium Natural History Museum terdapat enam juta spesimen. Semua data spesimen tersebut disimpan dalam bentuk digital data dan melakukan kolaborasi dengan jaringan Kew di seluruh dunia. Hasil Sampled Red List Index untuk Tanaman diluncurkan di Royal Botanic Gardens, Kew pada tanggal  28 September 2010.

All Plants (kew.org)
Endangered Plant (kew.org)
biggest threat to plant life (kew.org)

Stephen Hopper, direktur Royal Botanical Gardens Kew di Inggris menyatakan bahwa penelitian ini memberikan konfirmasi tentang beberapa  jenis  tanaman yang  berada di bawah ancaman kepunahan dengan rusaknya habitat mereka dan penyebab utamanya adalah manusia. Untuk pertama kalinya, para peneliti memiliki gambaran yang jelas tentang resiko  global kepunahan tumbuhan yang dikenal di dunia. Laporan ini menunjukkan ancaman yang paling mendesak dan daerah yang paling terancam.

Namun, sekitar sepertiga dari spesies yang diteliti itu kurang dikenal untuk dilaksanakan penilaian konservasi. Hal ini menunjukkan skala tugas masih  harus dihadapi oleh para  ilmuwan.

Gymnosperma, kelompok tanaman yang meliputi tumbuhan runjung dan sikas adalah tanaman yang paling terancam di Bumi. Secara keseluruhan, laporan ini mengungkapkan bahwa tanaman lebih terancam dibandingkan dengan burung dan beberapa mamalia di planet bumi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hilangnya habitat akibat konversi lahan pertanian  atau peternakan dapat  menimbulkan ancaman terbesar bagi kehidupan tumbuhan dan hutan hujan tropis (ekosistem tanaman yang paling terancam).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s