Monyet Sadar Dirinya Monyet Ketika Bercermin

monkey mirror (turntoislam.com)

Pernahkah kita membayangkan seekor monyet dapat mengenali dirinya saat bercermin ? Untuk pertama kalinya, para ilmuwan telah menemukan bahwa monyet bisa mengenali diri di cermin. Hal ini yang mengisyaratkan bahwa monyet sadar diri. Penemuan ini menunjukkan kesenjangan mental antara manusia dan kerabat jauhnya tidak begitu besar. Penelitian para ilmuwan ini secara rinci diulas secara online dalam Jurnal PLoS ONE edisi 29 September 2010.

Biasanya, monyet tidak mengenali dirinya pada saat bercermin dan sering mengabaikan cermin atau memperlakukan refleksi cermin sebagai penyusup. Beberapa hewan seperti  gajah dan lumba-lumba, ternyata  memiliki bentuk kesadaran diri.

Simpanse dapat mengenali refleksi mereka sendiri. Dengan menggunakan cermin yang disediakan oleh para peneliti, simpanse dapat memeriksa tanda  yang ada  di wajahnya. Namun, hampir semua primata lain gagal dalam  “uji tanda” ini. Hal ini menyebabkan para ilmuwan menarik kesimpulan tentang adanya “cognitive divide” antara manusia dan hewan primata.

Namun dalam sebuah penelitian baru, kera rhesus (satu spesies monyet) yang  ditemukan di seluruh Asia Selatan, ternyata bisa mengenali diri mereka di cermin sehingga  bertentangan dengan hasil tes tanda standar. Dan apa yang diperiksa oleh  monyet  dengan cermin? Jawabannya adalah alat kelamin mereka sendiri hahahaha

Luis Populin, Ahli Saraf di University of Wisconsin dan rekan-rekannya menempatkan implan elektroda di kepala monyet rhesus untuk merekam aktivitas otak mereka. Kemudian Teknisi Hewan  Abigail Rajala menyadari bahwa salah satu kera sepertinya mengenali dirinya dalam cermin kecil.

Bagi hewan dengan menatap cermin untuk memeriksa tanda diri tidaklah  berbahaya. Hal ini  berarti  hewan menyadari bahwa cermin menunjukkan refleksi sendiri dan bukan binatang lain. Banyak juga monyet yang  gagal dalam  tes tanda standar ini. Namun tampaknya dugaan Rajala (sekarang seorang mahasiswa tingkat doktoral) benar. Hampir semua monyet yang telah menerima implan akan menatap cermin ketika  diperiksa dan dipersiapkan dahinya dekat implan. Mereka juga  memeriksa bagian tubuh yang belum pernah dilihat sebelumnya, seperti alat kelamin  dan cermin disesuaikan untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik dari diri mereka.

Populin mengatakan biasanya kera  menafsirkan refleksi mereka sebagai penyusup dan mengadopsinya dalam bentuk agresifitas atau pose malu. Tetapi monyet-monyet yang ditanamkan implan akan  melakukannya jauh lebih sering dan menunjukkan kesadaran diri.  Ketika para peneliti menutupi cermin dengan plastik hitam, monyet mengabaikan cermin.

Populin mengatakan juga bahwa  tanda yang digunakan dalam uji standar tanda tidak cukup relevan untuk menunjukkan minat monyet. Implan di kepala merupakan suatu perubahan yang signifikan sebagai  suatu “tanda-super” yang memotivasi monyet untuk melihat ke cermin.

Populin mencatat bahwa salah satu monyet dengan implan tidak menggunakan cermin. Hal ini mengindikasikan adanya  variasi individu. Tidak semua simpanse lulus uji tanda. Lebih jauh penemuan ini dapat  membantu para ilmuwan  mengeksplorasi fenomena yang disebut kesadaran diri.

2 thoughts on “Monyet Sadar Dirinya Monyet Ketika Bercermin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s