Hukuman Mati Yang Terbaik Bagi Terpidana ?

The Huffington Post melaporkan bahwa pelaksanaan hukuman suntikan mati terhadap  terdakwa pembunuhan Albert Greenwood Brown dibatalkan hari  Rabu kemarin.  Hal ini disebabkan oleh masih dilanjutkannya perdebatan hukum yang  seru atas hukuman injeksi (suntikan) mematikan  di California. Akhirnya Brown tidak akan menghadapi hukuman mati minggu ini bahkan tahun ini karena faktor lain yang lebih yaitu semua pasokan obat yang digunakan dalam suntikan mematikan berakhir hari ini (1 Oktober).

Obat Natrium Thiopental telah mengalami kesulitan pasokan selama berbulan-bulan di banyak negara bagian termasuk negara bagian California. Produsen obat asal Illinois,  Hospira Pharmaceuticals mengatakan masalah pasokan  bahan aktif obatlah yang menjadi penyebab atas kekurangan tersebut. Juru bicara perusahaan, Daniel Rosenberg mengatakan obat  Natrium Thiopental biasanya digunakan  untuk anestesi (pembiusan) selama prosedur pembedahan dan perawatan lainnya. Dalam suntikan mematikan tersebut digunakan tiga jenis obat  yaitu obat  pertama  adalah  sodium pentathol yang digunakan untuk membuat tahanan tenang. Obat kedua adalah pankuronium bromida (pancuronium bromide), untuk melumpuhkan otot-otot dan menghambat pernapasan. Obat ketiga adalah kalium klorida (potassium chloride), menghentikan jantung.

Hukuman mati dengan cara suntik mati ini menjadi perdebatan seru dengan alasan moralitas dan konstitusionalitas tetapi cara ini masih digunakan di 35 negara bagian. Walaupun demikian beberapa negara bagian  mengijinkan tahanan untuk memilih metode lain. Ada lima metode pelaksanaan hukuman  mati yang  masih diterapkan di beberapa negara bagian :

1. Hukuman Gantung

deathrow-artwork-thornton.com

Hukuman gantung masih berlaku di negara bagian  New Hampshire dan  Washington. Di New Hampshire, narapidana hanya bisa digantung jika suntikan mematikan tidak dapat diberikan karena alasan tertentu. Di Washington, narapidana dapat meminta tiang gantungan.

Jika dilakukan dengan benar, hukuman gantung seharusnya dilakukan  dengan cepat. Berat tubuh membantu  menekan leher dan orang meninggal seketika.

Berdasarkan sejarah sayangnya dalam berbagai pelaksanaan hukuman gantung, tali gantung mudah sekali rusak. Sebaiknya hukuman gantung harus menyebabkan hilangnya kesadaran akibat kekurangan darah ke otak dengan  cepat dan mematikan. Menurut kantor jaksa Clark County, Indiana hal itu tidak selalu terjadi dan secara mengerikan banyak terdakwa tercekik lehernya  selama 30-menit d pada  awal tahun 1900-an.

Sejak tahun 1977, tiga tahanan telah dihukum gantung di Amerika Serikat yaitu dua di negara bagian Washington dan satu di Delaware. Semua tahanan  memilih metode  suntik mati.

2. Hukuman dengan kursi  listrik

detnovel.com

Hukuman dengan kursi listrik ini dipilih dengan pertimbangan rasa kemanusiaan. Pertama kali hukuman dengan  kursi listrik  dikenakan kepada  William Kemmler (pembunuhan  dengan kapak) pada tahun 1890. Idenya adalah mengalirkan  arus listrik tegangan tinggi kepada terhukum sehingga  akan menyebabkan kematian dengan cepat, tapi eksekusi Kemmler ini  bukanlah awal yang baik dalam menerapkan metode baru ini. Butuh waktu dua goncangan listrik  untuk menghentikan hatinya. Surat kabar pada saat itu melaporkan bahwa daging si terhukum  hangus dan berasap pada saat dinyatakan meninggal.

Negara bagian terakhir yang menggunakan kursi listrik sebagai satu-satunya metode eksekusi adalah Nebraska. Secara konstitusional pada tahun 2008, pelaksanaan hukuman mati dengan kursi listrik dapat dilaksanakan apabila terhukum memang memilih metode ini.  Tahanan yang paling baru untuk memilih hukuman mati dengan kursi listrik adalah   Paul Warner Powell (pembunuh dan pemerkosa) yang dilaksanakan di Virginia pada tahun 2010.

3. Kamar Gas

scrapetv.com

Di negara bagian Arizona, California, Maryland dan Missouri, tahanan dapat memilih hukuman mati di kamar gas. Negara bagian Wyoming mempunyai hak menggunakan kamar gas jika ditemukan suntikan mematikan tidak konstitusional.

Dalam pelaksanaan, narapidana diikat di sebuah ruang kedap udara yang dilengkapi dengan sebuah monitor jantung. Selanjutnya, cairan potasium sianida jatuh ke dalam ember asam sulfat. Reaksi kimia yang dihasilkan menciptakan awan gas hidrogen sianida yang mematikan dan  membunuh tawanan.

Seperti kursi listrik, kamar gas tidak selalu tampak sebagai hukuman yang manusiawi sebagaimana yang diharapkan ketika dikembangkan pada tahun 1921. Hukuman mati di kamar gas membutuhkan waktu untuk membunuh. Menurut Los Angeles Times, pada tahun 1960 para saksi melaporkan bahwa terhukum Caryl Chessman (perampok, pembunuh dan pemerkosa)  hampir sembilan menit terengah-engah dan batuk sebelum akhirnya meninggal dunia . Dan dalam satu insiden pada tahun 1983, pembunuh dan pemerkosa Jimmy Lee Gray tersentak dan memukul-mukul tangan selama eksekusi sehingga memaksa  sipir penjara  mengusir para  saksi dari ruang observasi.

Sejak tahun 1976, baru  11 kali dilakukan hukuman di kamar gas di seluruh Amerika Serikat. Ruang eksekusi gas terakhir di Amerika Serikat terjadi di negara bagian Arizona pada tahun 1999.

4. Tembak Mati (The Squad Firing)

schlissellaw.wordpress.com

Narapidana di negara bagian Utah dapat memilih hukuman mati dihadapan regu tembak sebelum tahun 2004. Negara bagian Oklahoma menjadikan hukuman tembak mati sebagai opsi apabila hukuman suntik mati dan kursi listrik dinyatakan inkonstitusional.

Dalam pelaksanaannya di Amerika Serikat, eksekusi tembak mati  dilakukan oleh lima orang bersenjata. Salah satu  senapan dimuat dengan sebuah peluru lilin “dummy”, sehingga para penembak  tidak ada yang tahu mana yang  peluru mematikan (fatal shot). Terhukum diikat ke kursi dan dikelilingi oleh karung pasir untuk mencegah terjadinya peluru yang memantul.

Target para penembak adalah  jantung dan harus tepat mengenai sasaran sehingga menyebabkan kematian dengan cepat. Menurut buku karangan Alex Boese berjudul “Elephants on Acid: And Other Bizarre Experiments” (Mariner Books, 2007), pada tahun 1938 terpidana kasus pembunuhan John Deering menjadi orang pertama yang  dihukum mati dengan tembakan dihadapan regu tembak. Waktu yang diperlukan antara tembakan ke dada dan menghentikan detak jantung adalah 15 detik.

Sejak tahun 1976, baru ada 3 kali pelaksanaan hukuman tembak mati di  Amerika Serikat dan semuanya terjadi  di negara bagian Utah. Pada bulan Juni 2010, terpidana kasus pembunuhan berganda  Ronnie Lee Gardner menjadi berita utama dan menimbulkan kontroversi karena memilih hukuman mati di hadapan  regu tembak.

5. Suntik Mati (Lethal Injection)

forum.detik.com

33 negara bagian  menggunakan tiga jenis obat koktail natrium thiopental untuk sedasi, bromida pankuronium untuk kelumpuhan, dan kalium klorida untuk menghentikan jantung. Dua negara bagian  (Ohio dan Washington) menggunakan obat penenang  overdosis tunggal yang dapat menyebabkan  kematian.

Metode tiga jenis obat tersebut  dikritik, karena obat penenang tersebut dapat membuat narapidana terjaga  dari sinyal rasa sakit jika obat penenang mereda selama proses tersebut. Pada tahun 2005  sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal kedokteran The Lancet menemukan bahwa toksikologi yang digunakan  pada 21 dari 49 tahanan yang dieksekusi menunjukkan tingkat anestesi yang konsisten dengan kesadaran.

Kritikus hukuman mati juga berpendapat bahwa pelaksanaan hukuman  suntikan mematikan kejam dan tidak biasa. Dalam  berbagai  kesempatan, tim eksekusi  kesulitan menemukan pembuluh darah vena tahanan, sehingga eksekusi berlangsung berlarut-larut. Pada tahun 2009 sebuah  eksekusi terhadap pemerkosa  dan pembunuh Romell Broom dinyatakan gagal karena tim eksekusi menyerah mencari pembuluh darah  venanya setelah dua jam mencoba. Selanjutnya Broom mengajukan banding atas kasus hukumnya.

Menurut Death Penalty Information Center telah dilakukan 1054 kali hukuman suntik mati sejak tahun 1976.

Rosenberg, juru bicara Hospira, mengatakan perusahaan tidak mendukung penggunaan natrium thiopental (lebih dikenal dengan Sodium Pentothal) untuk hukuman mati. Hospira mengeluarkan  pernyataan  bahwa setiap penyedia layanan kesehatan berlisensi dapat membeli obat dari pedagang grosir atau sumber lain dan tidak perlu pergi melalui Hospira.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s