Sejarah Pernikahan Presiden Amerika Serikat

Meskipun kasus perselingkuhan banyak terjadi di  tengah masyarakat Amerika Serikat tetapi sepanjang  sejaranya pernikahan presiden-presiden Amerika Serikat tetap stabil. Amerika hanya mempunyai satu orang  presiden yang menceraikan istrinya, tapi ada dua orang presiden berstatus duda dan menikah kembali dengan istri kedua pada saat menjabat. Uniknya ada   satu presiden yang belum pernah menikah sama sekali.

bookbyte.com

Michael Nelson, Profesor Ilmu Politik dari  Rhodes College dan penulis buku  “The American Presidency: Origins and Development, 1776–2007” (CQ Press, 2007) mengatakan bahwa Ronald Reagan adalah satu-satunya presiden  yang pernah menceraikan istrinya. Selanjutnya ia menikah kembali dengan Nancy Reagan sebagai pernikahannya kedua dan perjalanan pernikahannya stabil dan normal.  Tetapi masyarakat pemilihnya tidak peduli dengan itu semua. Beberapa presiden, seperti Franklin Roosevelt sempat menghadapi kemungkinan terjadinya perceraian   setelah istri mereka menemukan adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh suaminya, tapi pernikahannya tetap bertahan dan langgeng  demi karir politik mereka.

Seorang presiden, atau siapapun  yang ingin menjadi presiden melakukan apa pun untuk mempertahankan mahligai rumah tangganya. Harga politik sebuah perceraian bagi seorang presiden sangat mahal karena tidak mau dianggap sebagai pihak yang bersalah dan mempunyai implikasi luas dan signifikan bagi karir politiknya.

Salah satu contoh adalah kasus Presiden Bill Clinton. Bagaimana kekuatan politik bekerja keras dengan berbagai macam cara agar tidak terjadi perceraian ? Apabila  Hillary Clinton tidak setia mendampingi  suaminya setelah publik mengetahui perselingkuhan dengan Monica Lewinsky maka ada kemungkinan  Presiden Clinton akan menghadapi pemakzulan (impeachment) dari lawan-lawan politiknya atau terpaksa mengundurkan diri. Kembali lagi, politik pencitraan bermain.

Namun tidak semua presiden mempunyai pernikahan yang langgeng  sepanjang hidup mereka. John Tyler dan Woodrow Wilson adalah contoh presiden yang kehilangan  istri mereka karena meninggal dunia  dan menikah kembali  selama masa jabatannya.

James Buchanan adalah satu-satunya presiden Amerika Serikat yang  tetap membujang sepanjang hidupnya. Tapi Buchanan mempunyai alasan khusus untuk tidak menikah selama masa jabatannya karena dirinya seorang gay. Pada masa itu belum mengenal istilah gay.

2 thoughts on “Sejarah Pernikahan Presiden Amerika Serikat

    1. selain Bung Karno yang memang terbuka dalam urusan pernikahannya. sepertinya presiden yang lain berusaha menutupi hal2 pribadi seperti ini demi menjaga citranya. Jadi sulit untuk mencari informasinya kecuali rumor aja. terima kasih mau berkunjung ke tempat saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s