Uang Dapat Membeli Teman Tetapi Tidak Untuk Cinta

Sebuah penelitian baru menunjukkan orang akan menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk menjalin persahabatan dan ikatan dengan orang tertentu. Penelitian ini bisa membuktikan manfaat bagi pengiklan dan pemasar dalam mencari cara  meningkatkan keuntungan usaha mereka.

outmanned.com

Penulis penelitian ini,  Nicole Mead dari Universitas Tilburg, Belanda mengatakan beberapa perusahaan besar seperti Apple sangat sukses dalam sebagian bisnisnya  karena mereka membuat pelanggan merasa memiliki perusahaan tersebut.

Jurnal Consumer of Research meyimpulkan orang-orang  yang merasa secara sosial dibedakan akan mengorbankan pribadi  dan keuangan mereka  agar dapat diterima oleh lingkungannya.  Selain itu ditemukan juga mereka mengkonsumsi  makanan yang tidak pernah dimakan atau  obat-obatan terlarang dan melakukan sesukanya.

Dalam empat percobaan, para peneliti memasangkan  para peserta secara  bersama dan mendorong mereka untuk merasa diterima  atau dikucilkan secara sosial. Kemudian para peneliti  menilai bagaimana pengeluaran peserta  dan perubahan pola konsumsi.

Para peneliti mengatakan secara keseluruhan para peserta  lebih cenderung membeli produk simbolis keanggotaan kelompok dan menyesuaikan preferensi belanja mereka  ke preferensi kenalannya.

Seorang konsumen dan konsultan komputer, Joan Krammer memberitahukan adanya kesamaan  perilaku di masyarakat Kanada. Di  kota besar dan lingkungan tempat tinggalnya terjadi  permintaan yang tinggi terhadap barang-barang mewah. Para warga banyak  menghabiskan uangnya untuk membeli rumah  dan alat-alat dapur mewah padahal bila melihat pendapatannya maka  mereka tidak mungkin mampu membelinya.

Peneliti Kathleen Vohs, Profesor Pemasaran Universitas Minnesota mengatakan bahwa salah satu pesan moral dari penelitian ini adalah banyak iklan ditujukan untuk orang-orang yang kesepian secara kronis atau sementara sehingga ingin membawa gagasan bahwa produk atau layanan mereka bisa mendapatkan  teman-teman baru. Iklan akan lebih persuasif penyampaiannya bila dilakukan oleh setiap orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s