Neural Diagram Dan Visi Warna

neural diagram (neuro.neusc.bcm.tmc.edu)

Warna dapat dikategorikan sebagai kemerahan atau kehijauan, tapi jarang pernah keduanya. Hal yang sama juga berlaku pada kuning dan biru.  Sekarang sebuah peta mata baru menunjukkan bagaimana warna seperti minyak dan air dalam otak kita. Hubungan ini adalah karakteristik dasar kemampuan mata  dalam membedakan warna.

Proses penglihatan  dimulai ketika cahaya dari  luar masuk  ke retina (bagian belakang mata) di mana sel-sel reseptor menanggapi. Reseptor berupa batang  menangkap cahaya redup dan kerucut, yang merespon panjang gelombang cahaya panjang, menengah dan pendek. Atau menganggap  panjang gelombang sebagai warna merah, hijau dan biru.

Sinyal-sinyal dari kerucut bergerak  ke neuron yang disebut sel ganglion retina. Sel-sel ini membandingkan kegiatan antara panjang gelombang- kerucut sensitif panjang dan menengah  untuk membedakan  merah / hijau Dan panjang gelombang- kerucut sensitif  pendek dan kombinasi menengah/panjang untuk membedakan  biru/kuning. Hasilnya adalah sebuah sinyal warna yang bergerak  kembali ke otak.

EJ Chichilnisky, seorang neurobiologi di Salk Institute for Biological Studies di California melakukan penelitian ini dengan menggunakan sel-sel dari primata yang bisa melihat warna sama seperti manusia pada diagram hubungan antara kerucut dan sel-sel ganglion retina. Diagram menunjukkan pola yang berbeda pada saat membandingan merah atau hijau dan kuning atau  biru serta  menyediakan informasi baru tentang peran  sel ganglion retina.

A squirrel monkey named Dalton takes a color vision test in which he has to touch the area on the screen showing a patch of colored dots. Credit: Neitz Laboratory.

Menurut Chichilnisky, jenis sel ganglion mini menerima masukan yang kuat dari  panjang gelombang-kerucut sensitif pendek  dan bertanggung jawab  atas warna biru. Hal ini sangat kejutan mengingat sel-sel ini memainkan peran dalam penglihatan warna merah atau hijau. Selain itu kedua jenis sel ganglion cebol menerima masukan dalam mode khusus untuk meningkatkan sinyal  warna merah atau hijau yang  dikirim ke otak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s