Produk Sampingan Ikan Dijadikan Sumber Pakan Baru Ikan

Produk sampingan ikan dapat dijadikan sumber pakan baru bagi  ikan. Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pertanian AS (USDA) dan didanai oleh beberapa  ilmuwan di Hawaii.

Peneliti  Dong-Fang Deng dan rekan-rekannya bekerjasama dengan Oceanic Institute in Waimanalo, Hawaii dan Peter Bechtel,   Ahli Makanan Agricultural Research Service (ARS) Subarctic Agricultural Research Unit USDA  di Kodiak, Alaska untuk mengembangkan pakan ikan  baru. Rincian tentang penelitian ini pakan telah dipublikasikan dalam Jurnal Aquatic Food Product Technology.

Para ilmuwan mengambil bagian ikan yang biasa dibuang seperti kepala, ekor, tulang, kulit dan organ internal dan meramunya menjadi pakan bagi  udang dan ikan. Saat ini para ilmuwan melakukan pengujian terhadap   ikan Threadfin Pasifik (Polydactylus sexfilis) (orang Hawaii menyebutnya  “moi” ) dan Udang Putih Pasifik  (Litopenaeus vannamei).

Polydactylus sexfilis Credit: Wikipedia

 

Selanjutnya para peneliti mencirikan  komposisi gizi sumber pakan, mengevaluasi kemampuan pakan untuk menarik udang dan moi, estimasi pencernaan makanan dan menilai pertumbuhan hewan. Hasil penel;itian tersebut menunjukkan banyak bagian ikan Alaska bekerja dengan baik sebagai stimulan pakan yang menarik udang untuk  memakan pakan pabrik yang mengandung protein berbasis produk samping ikan yang telah ditambahkan.

Dalam sebuah penelitian yang didanai ARS sebelumnya dengan moi, mantan ilmuwan Oceanic Institute, Ian Forster menemukan adanya kesetaraan  kualitas gizi pakan yang dibuat dari bahan buangan ikan Pollock Alaska dan Cod dengan  tepung ikan Norwegia (standar tertinggi dalam industri pakan akuakultur). Forster dan koleganya menemukan hasil yang sama ketika feed diujikan terhadap udang.

Menurut Deng, para ilmuwan sedang meneliti cara terbaik untuk menggunakan produk sampingan ikan dalam mengembangkan pakan yang bergizi seimbang, biaya efektif dan aman bagi lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s