Pemerintah AS Menggunakan Kenarcisan FB Dalam Mengungkap Pemalsuan Pernikahan

shrink4men.wordpress.com

 

Pada saat ini Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (U.S. Department of Homeland Security) menggunakan situs jaringan sosial seperti Facebook untuk melakukan pengintaian terhadap orang-orang yang diduga terlibat dalam pemalsuan pernikahan untuk memperoleh kewarganegaraan.

Pada tanggal 13  Oktober 2010 Electronic Frontier Foundation membuat laporan yang  berisi link dalam bentuk  memo yang ditulis oleh U.S. Citizenship and Immigration Services (CIS). Dalam memo tersebut CIS merinci bagaimana cara mendeteksi penipuan dan agen Keamanan Nasional membuat profil online untuk “melihat kehidupan sehari-hari  pemohon yang diduga melakukan aktivitas penipuan. ” CIS adalah sebuah institusi kepanjangan tangan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Laporan ini menjelaskan bahwa pada umumnya, orang-orang di beberapa situs berbicara dengan jujur dalam jaringan mereka karena semua teman dan keluarga mereka berinteraksi  melalui (Instant Messages) IM’s, Blog (Weblog jurnal) dan lain-lain. Jejaring sosial memberikan kesempatan Fraud Detection and National Security (FDNS) untuk   mengungkapkan penipuan dengan melakukan browsing situs-situs tersebut dan melihat apakah pemohon dan penerima berada dalam hubungan yang valid atau mencoba menipu CIS tentang hubungan mereka. Laporan ini tidak memberitahu petugas imigrasi untuk mengungkapkan identitas mereka atau afiliasi pemerintah ketika bergabung dengan jaringan sosial seseorang.

Memo berisi enam langkah untuk membimbing agen tentang cara membuat profil dan bergabung ke dalam jaringan sosial seseorang serta memanfaatkan  link Wikipedia untuk melihat daftar lengkap dari situs- situs tersebut.

Langkah-langkah tersebut  menunjukkan kepada agen bagaimana cara untuk mendaftar dan membuat profil, jaringan-jaringan mana saja yang memperbolehkan agen bisa bergabung seperti  jaringan  perguruan tinggi, pekerjaan, kampung halaman dan bagaimana secara efektif “mengumpulkan daftar besar dari teman” dengan bergabung  pada jaringan lebih banyak serta mengirimkan berbagai permintaan teman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s