Apakah Manusia Bisa Bertahan Hidup Dengan Hanya Mengkonsumsi 20 Kentang Per Hari ?

Chris Voigt sangat  mencintai pekerjaannya. Sebagai Direktur Eksekutif Washington State Potato Commission, Voigt telah berjanji untuk tidak  makan apa-apa kecuali kentang selama dua bulan (1 Oktober-29 November 2010). Hal ini dilakukan sebagai bentuk kecintaannya kepada kentang. Di situsnya voight ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kentang begitu menyehatkan dan mampu bertahan hidup walau hanya mengkonsumsi kentang dan tidak ada dampak negatif bagi kesehatan.

Penelitian tentang kentang telah banyak  dilakukan  dan kesimpulan yang ditarik oleh setiap dokter dan ahli gizi di planet bumi  adalah manusia bisa gila bila hidup tanpa kentang. Apa yang dilakukan oleh Voight setidaknya memberikan sebuah pelajaran  dan mendidik masyarakat tentang banyak aspek kesehatan dari komoditi  kentang yaitu  sumber yang tersedia,  murah, mengandung  vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium dan serat makanan. Pendukung karbohidrat rendah  lebih keras menyuarakan pentingnya kentang daripada ilmu pengetahuan. Beberapa varietas kentang disiapkan dengan benar sehingga dapat menjadi kentang sebagai umbi-umbian yang sehat dan menyehatkan.

Voight mengkonsumsi 20 biji kentang per hari selama 2 bulan (www.20potatoesaday.com)

Voigt tidak melakukan diet kentang ini secara membabi buta. Voight  berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi untuk mengkonfirmasi apakah ia masih dapat bertahan hidup  60 hari walau hanya mengkonsumsi kentang saja. Manusia memerlukan  ginjal sehat untuk memproses kelebihan kalium yang terdapat pada  20 buah kentang sehari. Selain itu manusia juga perlu menyimpan nutrisi yang terdapat pada kentang seperti  vitamin A  yang bermanfaat bagi  indra penglihatan manusia.

Walaupun pesona kentang tampak biasa-biasa saja. Tetapi kentang bisa menjadi sumber pangan yang layak untuk mengatasi kelaparan karena memiliki banyak  kandungan nutisi.  PBB juga telah mempromosikan kentang sebagai sumber pangan  untuk menghapuskan  kelaparan dunia.

Masalahnya adalah  kentang memiliki indeks glisemik tinggi (sebuah matra untuk mengetahui  seberapa  cepat karbohidrat dapat diserap ke dalam aliran darah). Contoh makanan yang memiliki  indeks glikemik yang lebih tinggi adalah  makanan olahan  yang  berhubungan  erat dengan penambahan berat badan, resistensi insulin dan diabetes. Kualitas nutrisi kentang bertambah buruk pada saat  persiapan seperti  dihaluskan dan disajikan dengan mentega,  saus, goreng dan asin.

dietsinfocus.com

 

Barry Swanson, Profesor dan Direktur Interim School of Food Science di Washington State University dan University of Idaho mengatakan bahwa kentang dapat menjadi bagian yang sangat baik dari diet yang sehat, tetapi bukan sumber tunggal diet yang sehat.  Produksi  glukosa dalam tubuh cukup besar untuk produk kentang sejak pati mudah dicerna.

Ini berarti pada awalnya kentang dapat memenuhi kebutuhan energi tapi kalau kentang hanya satu-satunya  sumber makanan utama seseorang maka dalam beberapa jam kemudian dapat membuat lapar dan lelah  Seperti semua pati, kentang paling sehat bila dikonsumsi bersama  dengan sayuran lainnya.

Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, sebuah  Russet panggang  memiliki indeks glisemik sekitar 76. Sebagian besar pati yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah yaitu beras putih (64), beras merah (55), lentil dan kacang (di bawah 30) dan jelai (25). Cuka dan cold storage menurunkan indeks glikemik. Sebuah kentang merah rebus  memiliki indeks glisemik 55.

Sebagai catatan, Voigt mengatakan bahwa kadar gula nya di pertengahan 90-an sedikit tinggi tetapi masih  dalam batas normal dan sebenarnya  lebih rendah dari pengukuran pra-pola makannya.

Apakah manusia dapat bertahan hidup dengan hanya mengkonsumsi sumber  makanan tunggal ? Seekor  ikan paus atau mamalia laut lain dapat  bertahan hidup lama karena memiliki banyak daging,  vitamin C dalam muktuk, kulit dan lemak.

Anehnya  kentang menawarkan protein lengkap jika manusia  makan lebih dari 10 biji per hari. Tapi  akhirnya manusia  akan menemukan kekurangan vitamin A, B12 dan E, dan kalsium dan selenium jika terus menerus  mengkonsumsi kentang saja. Kentang sedikit beracun  terutama pada  batang dan daun dan  jumlahnya terlihat  pada titik-titik kehijauan kentang  dan dapat menyebabkan penyakit serius.

Klik disini untuk melihat kondisi kesehatan Chris Voight sebelum melakukan diet kentang

2 thoughts on “Apakah Manusia Bisa Bertahan Hidup Dengan Hanya Mengkonsumsi 20 Kentang Per Hari ?

  1. ha….

    yang diatas sehari makan 20 kentang yah..

    saya udah setahun lebih ini sehari makan kurang lbih 6 kentang rata2nya..

    sehari makan 3 x, sarapan pagi oatmeal+ teh/susu
    makan siang = 3 kentang+2 wortel kecil+labu siam(yg kecil2)+jagung+ daging kalo lagi ada/ikan..

    makan malam= kurang lebih sama dgn makan siang..

    saya juga masih idup mas ampe sekarang… heheheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s