Bagaimana Menciptakan Nama Merek Yang Menarik ?

coolcanucks.ca

 

Permen Rasa Kit Kat, minuman Coca-Cola  dan permen Jelly Belly dikenal mampu merangsang nafsu dan mempengaruhi kebiasaan belanja konsumen, tapi sekarang para peneliti menyarankan untuk memberikan nama merek yang bila diucapkan terdengar  sederhana  dan struktur yang berulang-ulang dapat menimbulkan rangsangan yang sama.

Baru-baru ini sebuah studi yang diterbitkan oleh  Journal of Marketing mengungkapkan pada  beberapa kategori produk, pengulangan bunyi nama merek yang  baik mempengaruhi  konsumen untuk  melihat,  memilih item dan memutuskan item mana yang akan dibelinya. Para peneliti mengatakan penemuan mereka memberikan bukti pertama  yang bisa  bermanfaat bagi pemasar, pengiklan dan manajer toko.

Jennifer Argo, Profesor Pemasaran University of Alberta mengatakan bahwa banyak perusahaan telah menghabiskan jutaan dolar dalam memilih  nama merek dengan tujuan agar konsumen terpengaruh membeli produk mereka. Selain itu penelitian tersebut dapat meningkatkan afektif konsumen.

Dalam satu percobaan, peneliti menggunakan dua sampel  es krim  dengan nama yang berbeda. Merek pertama  berisi pengulangan dan yang lain  tanpa pengulangan. Hasilnya adalah para peserta penelitian lebih sering memilih es krim dengan nama yang terdengar berulang.

Peneliti memperingatkan terlalu banyak pengulangan  atau nama yang  berulang-ulang tanpa mengikuti suara linguistik alam  dapat memberikan  hasil negatif. Misalnya restoran yang disebut “ranthfanth”. Argo mengingatkan bahwa penggunaan bahasa yang tidak lazim dapar menjadi bumerang bagi produsen. Penelitian ini erat hubungannya dengan subjek langsung agar merek bisa menjadi perhatian lebih dari konsumen yang membacanya. Para peneliti menyebutkan beberapa merek yang menggunakan pengulangan dan menjadi perhatian konsumen  seperti  Hubba Bubba, Tutti Frutti, Bits & Bites, Lululemon dan Tostitos.

Argo mencatat  konsumen harus disadarkan  bahwa  kekuatan sebuah  merek dapat memberikan suasana hati yang nyaman  dan menjadi pilihan bagi mereka. Para pengecer  dapat memutuskan untuk mengambil keuntungan dari iklan TV, radio atau karyawan mereka yang turut  membantu menyebarkan nama-nama merek yang  berulang.

Mengingat pentingnya peningkatan penjualan maka pemasaran  lewat  mulut ke mulut dapat menentukan keberhasilan sebuah merek. Manajer Pemasaran akan mendapatkan  manfaat  dengan cara mendorong penjual dan konsumen untuk  selalu menyebutkan nama merek  yang berisi pengulangan suara fonetik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s