Apakah Hewan Juga Melakukan Masturbasi ?

Ternyata tidak hanya manusia saja yang melakukan masturbasi dalam hidupnya. Hewanpun melakukan hal yang sama. Hanya saja ada perbedaan cara melakukannya. Berikut adalah rangkuman  Clara Moskowitz, Penulis Senior LiveScience yang telah saya sadur dan terjemahkan secara bebas tentang perbedaan  hewan dan manusia dalam melakukan masturbasi.

Monyet

livescience.com

Mungkin tidaklah mengejutkan kalau  hewan kerabat terdekat manusia atau primata ini melakukan masturbasi dengan  menggunakan tangannya sendiri. Gareth Jones, Ahli Biologi dari University of Bristol di Inggris mengatakan bahwa semua primata melakukan cara masturbasi yang sama dan ini pernah dipublikasikan secara online di International Journal of Primatology pada primata  uacaris punggung emas liar. Sekarang ini para ilmuwan sedang melakukan eksplorasi  alasan potensial evolusi kejadiannya.

Selain uacaris, perilaku masturbasi telah dipelajari pada monyet rhesus,  monyet mangabey pipi abu-abu, monyet Colobus, kera Jepang dan hewan lainnya.

Gajah

Female Elephant Credit: Charles Foley, Wildlife Conservation Society

Gajah melakukan masturbasi dengan menggesekkan kelaminnya  ke  batu. Namun untuk mengumpulkan semen dari gajah   untuk  tujuan inseminasi buatan, petugas kebun binatang  harus secara manual merangsang rektum untuk memijat prostatnya. Ini berarti beberapa pekerja kebun binatang yang  mengenakan sarung tangan seringkali mengalami kesulitan untuk  mencapainya.

Fakta uniknya adalah  Gajah memiliki penis melengkung seperti S dan panjangnya dapat mencapai 3-5 kaki (1 sampai 1,5 meter)  dengan 6-inci (16-cm) ketebalan. Sementara itu, klitoris gajah bisa mencapai lebih dari panjang kaki (40 cm).

Landak

Baby porcupine (livescience.com)

Dengan bentuk tubuhnya yang berduri mungkin kita berpikir bagaimana seekor landak melakukan masturbasi. Pada tahun 1946 peneliti Albert R. Shadle mengungkapkan bahwa saat musim kawin mendekat, landak betina sering menggosokkan  alat kelaminnya pada makanan, piring, tongkat, dan kawat kandang. Shadle juga menemukan bahwa landak betina  terbiasa merebut,  mengangkangi, dan menaiki tongkat yang ada di kandang.

Tupai

These ground squirrels may get off in the name of STD protection. Credit: Hans Hillewaert / CC-BY-SA-3.0

Sebuah studi baru pada tupai tanah Afrika mencoba untuk menyelidiki manfaat adaptif kemungkinan masturbasi.  Dalam makalah di jurnal PLoS ONE bulan September 2010,  Jane M. Waterman dari University of Central Florida menemukan bahwa  20 ekor tupai jantan mengamati cara  masturbasi untuk mencapai eaculasi  dan  mengkonsumsi ejakulasi. Para peneliti mengamati 105 sesi masturbasi tupai secara total.

Hasil analisis  menunjukkan masturbasi tupai jantan  bisa berfungsi sebagai bentuk perawatan kelamin karena air liur memiliki sifat anti-bakteri dan dapat mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual. Ejakulasi juga dapat berfungsi sebagai “buang air kecil postcopulatory, sebagai mekanisme yang lebih menyeluruh untuk membersihkan saluran reproduksi penting setelah kawin dari perawatan kelamin  eksternal. Mengkonsumsi ejakulasi dapat mencegah hilangnya kelembaban.

Kura-kura

Dark Turtle Credit: John Rowe

Stimulasi diri  tidak berlaku hanya  untuk mamalia saja. Sebuah video YouTube membuktikan  penyu juga melakukan masturbasi.

Kura-kura jantan akan sering menggosokkan dirinya ke batu atau dinding dan berulang kali mendorong penisnya keluar dari sarungnya. Reptil juga memancarkan derit tanda kenikmatan.

Walrus

Walrus (livescience.com)

Walrus jantan adalah  binatang fleksibel yang menikmati  masturbasi tidak hanya dengan  stimulasi diri, tapi juga dengan oral. Mamalia laut ini  dikenal dengan menggunakan sirip mereka dalam melakukan masturbasi  dan mulutnya  untuk   self-fellation.

Burung

Greylag Geese Credit: Dreamstime.

Dr. Marge Wissman, Penangkar hewan peliharaan dalam   BirdChannel.com menjelaskan  bahwa kebanyakan burung memiliki  kloaka yang digunakan untuk  tujuan seks  dan ekskresi kotoran.  Burung jantan melakukan  masturbasi dengan menekuk ekor mereka di bawah obyek seperti bertengger, mainan, atau tangan manusia. Kemudian menggosok kloaka  mereka di atasnya. Seekor burung betina akan mengangkat ekornya ke satu sisi dan kembali ke objek untuk menggosok kloaka nya di atasnya.

Kuda

Wild Horse Credit: Patricia Moehlman/IUCN

Autoeroticism bagi  kuda jantan dan betina adalah hal yang biasa dilakukan. Kuda jantan  suka menjulurkan penisnya ke bagian bawah perut mereka. Sedangkan kuda betina  diketahui suka mengosokkan alat kelaminnya pada sebuah objek atau  benda lainnya dan terlihat  mengeluarkan sejenis lendir ejakulasi wanita.

Setidaknya  praktek-praktek masturbasi pada kuda jantan  tidak akan  mengurangi jumlah sperma atau menghambat kemampuannya  untuk menghamili kuda betina.

Anjing

Credit: Caroline Kjall/stock.xchng

Banyak  pemilik hewan peliharaan peliharaan sangat mengetahui bagaimana anjing   dan kucing melakukan masturbasi. Menurut American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), sikap siaga,  menjulurkan lidah, membongkokkan badan dan masturbasi adalah perilaku normal yang biasa  ditunjukkan oleh anjing besar.

Dalam melakukan masturbasi, anjing suka mendorong dan menggosokkan badannya pada benda, orang dan hewan serta menikmatinya dengan  menjilati diri sendiri. Kucing juga menikmati masturbasi dengan self-fellation.

Manusia

Credit: dreamstime.

Para ilmuwan mengatakan ada beberapa perbedaan dalam melakukan masturbasi antara manusia dan hewan. Banyak hewan yang melakukan masturbasi tidak melanjutkankannya sampai orgasme. Kalau manusia melakukannya sampai orgasme.

Banyak  studi telah menemukan bahwa masturbasi bisa meningkatkan jumlah sperma laki-laki dengan menyingkirkan semen tua yang kehilangan vitalitas sehingga sperma tetap  hidup dan akan terus  mengalami ejakulasi selama hubungan seksual.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s