Ternyata Puncak Reaksi Seorang Pria Pada Umur 39 Tahun

Setelah membaca informasi berikut ini maka  langsung saya teringat dengan tulisan lama saya yang berjudul  Life Begins At Fourty, Kenapa Bukan 39 ?. Apakah ini ada hubungannya ?

17seconds.co.uk

 

Para peneliti  memberikan pertanyaan terhadap  72 laki-laki mulai  dari usia 23-80 tahun. Kemudian mereka diperintahkan untuk  melakukan tepuk tangan sebanyak  dan secepat mungkin  selama 10 detik.  Para peneliti juga melakukan scan otak  untuk mengukur  jumlah myelin dalam setiap subyek.  Myelin adalah   sarung lemak isolasi yang melapisi saraf akson dan  memberikan  sinyal ledakan dalam otak kita. Ternyata baik kecepatan menepuk  dan jumlah myelin mengalami  penurunan   setelah usia 39 tahun. Secara rinci hasil penelitian ini dapat dilihat dalam Jurnal Neurobiology of Aging .

Kepala penelitian George Bartzokis, Profesor Psikiatri di UCLA mengatakan bahwa hasil penelitian ini cukup mengejutkan dan mungkin itulah mengapa  selain sakit dan radang sendi, para pensiunan atlet  dan orang tua mulai  bergerak lebih lambat  dibandingankan ketika mereka masih muda dulu. Myelinasi dari sirkuit otak dikenal memuncak pada usia pertengahan. Bartzokis dan kawan-kawan  telah lama berpendapat bahwa penuaan otak  terkait dengan kerusakan myelin. Dengan lebih banyak mempelajari  tentang  adanya penurunan keterampilan  dan kecepatan motorik maka  memberikan  beberapa harapan untuk mengobati penuaan otak.

Bartzokis juga menjelaskan bahwa dengan  mulai diketahuinya kerusakan mielin otak sehat di usia pertengahan maka  dalam jangka panjang  intervensi terapeutik bisa mengubah jalannya penuaan otak dan  penundaan usia dimana mulai terjadinya  gangguan otak degeneratif seperti Alzheimer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s