Penelitian versus Pemasaran: Pertempuran Untuk Investasi

plrinternetmarketing.com

 

Investasi dalam penelitian dan pengembangan termasuk pengembangan produk baru merupakan strategi pertumbuhan yang penting dalam industri makanan. Tetapi bagaimana investasi untuk penelitian dan pengembangan  bila dibandingkan dengan investasi untuk  iklan produk pada saat ini.

Pada bulan September 2010, Nestle mengumumkan telah membuka  sebuah pusat penelitian dan pengembangan di India yang akan menggunakan bahan-bahan lokal dan rempah-rempah dan  berfokus pada peningkatan gizi makanan bagi orang-orang dengan pendapatan rendah. Sementara awal bulan ini  perusahaan-perusahaan seperti Nestle, Kellog, Danone, Chr. Hansen, dan Fromageries Bel akan bekerja dalam kemitraan untuk melaksanakan penelitian dasar pra-kompetitif dalam kesehatan pencernaan.

Tapi dari tahun ke tahun  pemasaran terus menghabiskan  dana  melebihi pengeluaran R & D di industri makanan.  Menurut sebuah laporan dari Nutrition Business Journal pada tahun 2006,  produsen makanan dan produk perawatan pribadi  telah mengeluarkan investasi untuk  pemasaran dan periklanan sebesar 9,4 persen dari pendapatan mereka  dibandingkan dengan  penelitian dan pengembangan yang  hanya sebesar 4,4 persen.

Pada tahun 2009  laporan tahunan Nestle, Kraft, General Mills, dan Unilever, menunjukkan investasi  lebih dari € 157.500.000.000 untuk penjualan,  lebih dari € 33000000000 (lebih dari 21 persen) untuk  pemasaran dan periklanan produk saat ini.  Dibandingkan dengan 2,9 € miliar  yang diinvestasikan dalam penelitian dan pengembangan (hanya mewakili  1,8 persen dari total pendapatan).

Inovasi dan pengembangan produk baru merupakan pendorong utama pertumbuhan industri makanan. Namun European Confederation of Food and Drink Industries (CIAA) mengklaim bahwa investasi untuk R & D dalam industri makanan  dan minuman di Uni Eropa tertinggal dengan negara-negara dunia lainnya karena terjadinya stagnasi investasi  sejak tahun 2006.

CIAA mengatakan perusahaan-perusahaan swasta dan masyarakat perlu meningkatkan pengeluaran pada R & D, mendukung strategi koheren Uni Eropa dan mempertahankan tingkat investasi yang dibutuhkan untuk mencapai 3 persen per tahun seperti  yang diusulkan oleh Strategi Uni Eropa 2020.

Penelitian dan pengembangan  berkaitan dengan karakteristik ilmiah dan teknis dari produk-produk seperti komposisi, kualitas, stabilitas, dan hambatan peraturan.  Berbeda secara kontras dengan  fungsi pemasaran yang umumnya berkaitan dengan aspek komersial dan identitas pasar produk seperti harga, profitabilitas, dan positioning. Jadi mana yang paling penting?

Hal yang harus dicermati  adalah pemasaran ditujukan untuk  menghasilkan pendapatan lebih lanjut dalam jangka pendek, berbeda dengan R & D yang dipandang sebagai investasi jangka panjang.

Sebuah paper penelitian, melihat isu-isu yang sama di industri farmasi (Nature Reviews Drug Discovery – DOI: 10.1038/nrd2923), yaitu membahas persoalan tentang sebaiknya uang digunakan untuk apa ?  Apakah  investasi jangka panjang dalam R & D atau promosi jangka pendek dari produk yang sudah ada ? Pada umumnya  penelitian jangka panjang investasi memiliki hasil yang jauh lebih positif dari peningkatan investasi jangka pendek dalam iklan dan promosi.

Namun pada tahun 2009 saja Unilever menginvestasikan lebih banyak di bidang pemasaran (€ 5,3 miliar) daripada di bidang penelitian dan pengembangan. Tetapi Unilever bukanlah pemboros terbesar pada pemasaran. Justru Nestle yang menginvestasikan  33,7 persen penjualan (lebih dari € 26000000000) ke pemasaran dan periklanan atau  hampir 18 kali lipat dari investasi mereka dalam R & D (1,9 persen dari penjualan).

2 thoughts on “Penelitian versus Pemasaran: Pertempuran Untuk Investasi

  1. Peternakan sapi dan kambing
    Utama jaya
    Jangan kuatir hewan kami memenuhi syarat hewan qurban, sehat, jantan, tidak cacat, dan cukup umur.
    Spesial Harga idul adha 1431 H
    Kami beri harga murah untuk anda
    Sapi
    Khusus JABOTABEK Harga mulai
    Rp. 7.500.000,-

    Kambing Harga mulai
    Rp. 990.000,-
    Hubungi
    Dindon…..
    021-3675-0703, 021-6032-1945, email cariqurban@yahoo.com
    KANDANG
    Alamat : Jl. Pesantren Rt.08/ Rw.05. Ceger Bintaro, Pondok Aren. Tangerang Selatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s