Penemuan Terbaru: Transformasi Kulit Manusia Menjadi Darah

The right cocktail of chemicals converts human skin cells directly into blood. (www.ingrampublishing.com)

 

Ingin mendapatkan  darah? Pada masa yang akan datang pasien yang membutuhkan transfusi  untuk  operasi dan perawatan kanker bisa mendapatkannya dari kulit mereka sendiri. Para peneliti Kanada telah melakukan  langkah besar  dengan melakukan transforasi  kulit orang  dewasa menjadi darah secara langsung.  Hasil penelitian ini secara  rinci dapat dilihat pada jurnal Nature edisi November 7. Dengan adanya sumber baru yang sangat dibutuhkan darah ini tidak hanya diperuntukkan  bagi  pasien  bedah dan kanker, tetapi juga untuk pasien yang menderita gangguan darah seperti anemia.

Metode baru ini terlihat jauh lebih menjanjikan daripada mencoba untuk mengubah sel induk embrio ke dalam darah. Pendekatan itu sangat mengecewakan karena  tidak efisien dalam mengubah sel induk menjadi sel matang untuk transplantasi. Selain itu, metode yang menghasilkan sel darah embrio  tidak bisa dipindahkan ke orang dewasa.

Cynthia Dunbar, Kepala Bagian Hematopoiesis Molekul dari U.S. National Heart, Lung and Blood Institute dari  National Institutes of Health  mengatakan bahwa sebaliknya, jalan pintas  baru yang dipelopori oleh peneliti Kanada memiliki manfaat utama memproduksi sel dewasa yaitu satu jenis darah bukan sel-sel darah janin Sebagai seorang ahli,  Dunbar menggambarkan penelitian terbaru ini sebagai  perubah  paradigma dalam membuat sel darah.

Para peneliti juga  mencoba untuk memprogram ulang  sel induk dari kulit orang  dewasa untuk membuat darah, karena mereka menghindari masalah etis tentang sel induk embrionik dan komplikasi sistem kekebalan tubuh yang mungkin menolak bahan biologis asing. Tetapi sel induk dewasa ini memiliki  jumlah yang terbatas. Sel induk dewasa juga memproduksi sel darah embrio karena mereka  mengatur ulang secara internal  ke wilayah embrionik menjadi sel induk. Jadi sel induk dewasa tidak dapat digunakan untuk transplantasi untuk orang  dewasa.

Para peneliti  Kanada melewati  semua masalah dengan mencari faktor pertumbuhan (zat yang mengatur pembelahan sel dan kelangsungan hidup) yang secara langsung dapat memprogram ulang sel-sel kulit menjadi sel darah yang  tidak hanya melewati tahap sel induk dengan semua masalah, tetapi  menciptakan sel darah dewasa yang dapat digunakan untuk transplantasi pada orang dewasa.

Dengan menghindari tahap sel induk juga berarti  sekarang para peneliti  dapat membuat sel-sel darah dalam  jumlah jauh lebih besar, karena mereka menghindari inefisiensi konversi untuk pergi ke dan dari tahap sel induk.

Mick Bhatia, seorang Penulis dan Kepala  Studi Ilmiah Stem Cell and Cancer Research Institute di McMaster University,Kanada mengatakan pada saat ini para peneliti   akan terus bekerja mengembangkan jenis-jenis tipe sel pada  kulit manusia, seperti yang sudah dibuktikan dari penelitian sebelumnya.

Tim Bhatia telah melakukan penelitian untuk mengubah kulit menjadi sel  darah ini selama lebih dari dua tahun. Mereka juga menggunakan kulit manusia baik muda maupun tua untuk membuktikan bahwa kulit manusia dapat bekerja untuk setiap manusia tanpa mengenal umur.

Uji klinis  mulai segera dilakukan pada tahun 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s